Setelah mempelajari paparan materi dalam tahap eksplorasi konsep ini, diharapkan Bapak/Ibu secara individu dapat menguatkan pemahaman dan mempersiapkan diri untuk berkolaborasi dalam kelompok dengan menjawab pertanyaan:
Apa yang dapat saya ceritakan mengenai salah SATU dari nilai-nilai Guru Penggerak (berpihak pada murid, inovatif, kolaboratif, reflektif, dan mandiri) yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik?. Tuliskan dalam bentuk narasi singkat untuk berbagi dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
Salah satu dari nilai-nilai Guru Penggerak yang telah membantu saya dalam melayani murid saya dengan lebih baik adalah berpihak pada murid. Saya berusaha memberikan pelayanan pendidikan yang mengutamakan kepentingan murid, mendekati mereka dengan cara mendengarkan permasalahan yang mereka hadapi, membantu mencari solusi, dan memberikan motivasi atau dukungan.Â
Menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, dan menyenangkan, memberikan kesempatan kepada murid untuk berpendapat, melibatkan semua murid untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran, dan tentunya membuat semua perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran yang berpusat pada murid.
Apa saja 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini (pemimpin pembelajaran, pendorong kolaborasi, penggerak komunitas praktisi, mewujudkan kepemimpinan murid, menjadi coach bagi rekan guru)?. Buatlah daftarnya untuk digunakan saat berbagi ide dalam kelompok dalam tahap Ruang Kolaborasi.
 10 kegiatan di sekolah yang saya anggap masuk sebagai contoh penerapan dari peran GP yang saya pahami saat ini adalah:
1. Pembiasaan 5 S (senyum sapa salam sopan santun)
2. Kegiatan membaca asmaul husna, doa harian,sholat dhuha/dhuhur berjamaah
3. Kegiatan jalan gembira
4. Menyanyikan lagu-lagu nasional dan lagu daerah sebelum pembelajaran
5. Kegiatan jumat bersih