Mohon tunggu...
Yenni Grace
Yenni Grace Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya seorang yang mudah bergaul dengan orang- orang, bersosialisi dengan baik, mempunyai hobi memasak, menonton film, dan tertarik dengan media sosial.

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Manajemen Waktu?

30 September 2023   17:55 Diperbarui: 30 September 2023   22:44 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Apasih yang dimaksud dengan manajemen waktu?

Manajemen waktu ialah proses perencanaan/ pengendalian waktu yang digunakan untuk melakukan aktivitas tertentu.

Praktek manajemen waktu mungkin dapat ditemukan mulai abad ke-18, ketika Benjamin Franklin, salah seorang pendiri Amerika Serikat,  yang mengembangkan kebiasaan untuk menjadwalkan aktivitas sehari-harinya. Benjamin dikenal sebagai seoorang yang sangat produktif terkait profesinya sebagai negarawan, politisi, maupun ilmuwan.

Sejarah manajemen waktu dapat disebut sebagai sebuah proses pencapaian tujuan utama kehidupan sebagai hasil dari penyampingkan kegiatan yang tidak penting. Manajemen waktu juga memiliki peran penting di dunia, karena kemampuan manajemen waktu sangat diperlukan oleh manajer-manajer, karyawan-karyawan, hingga orang-orang yang bekerja dengan waktu.

Berikut adalah beberapa tips dan cara untuk melakukan manajemen waktu yang baik:

  • Membuat daftar tugas (to-do list): Buatlah daftar tugas yang harus dikerjakan dan urutkan berdasarkan prioritasnya. Hal ini akan membantu Anda untuk fokus pada tugas yang paling penting juga  mendesak.
  • Menetapkan batas waktu untuk setiap tugas: Tetapkan batas waktu yang realistis untuk menyelesaikan setiap tugas. Hal ini sangat membantu Anda untuk menghindari penundaan dan menyelesaikan tugas tepat waktu.
  • Menghindari gangguan: Gangguan seperti ponsel, media sosial, atau email selama bekerja. Hal ini akan membantu Anda untuk fokus pada tugas yang sedang dikerjakan.
  • Istirahat secara teratur: Istirahat secara teratur dapat membantu Anda untuk mengurangi stres dan meningkatkan produktivitas. Cobalah untuk mengambil jeda istirahat setiap 15-30 menit untuk menghindari kelelahan.
  • Kuasai manajemen stres: Manajemen stres dapat membantu Anda untuk mengatasi tekanan dan meningkatkan kinerja. Maka Anda dapat mengelola stres dengan cara yang sehat seperti olahraga, meditasi, atau hobi yang menyenangkan.
  • Menyusun skala prioritas: Menentukan prioritas tugas yang harus dikerjakan, hal ini dapat membantu Anda untuk menghindari tugas yang tidak penting dan fokus pada tugas yang lebih penting/ mendesak.
  • Pelatihan manajemen waktu: Pelatihan manajemen waktu dapat meningkatkan kemampuan manajemen waktu dan meningkatkan produktivitas. Anda dapat mencari pelatihan manajemen waktu yang tersedia di tempat Anda tinggal atau tempat kerja.

Manajemen waktu yang baik dapat membantu kita untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Dengan menerapkan tips dan cara di atas, kita dapat mengelola waktu dengan lebih baik dan mencapai tujuan dengan lebih efektif. Yuk teman-teman mulai hidup produktif dengan memulai manajeman waktu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun