Mohon tunggu...
yenni darsiah
yenni darsiah Mohon Tunggu... Guru - Ibu 2 anak 1 laptop

Buku adalah jendela dunia

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Kicau Mania Pemula, dari Lovebird parblue pajangan sampai naik podium dengan OPTIMAXX RED

21 Agustus 2021   13:13 Diperbarui: 21 Agustus 2021   13:19 894
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Apa kabar bos?? Semoga pada sehat semua di rumah, tetap jaga prokes kesehatan. Saya mau menceritakan pengalaman saya yang secara tidak sengaja terjun ke dunia kontes burung kicauan, atau biasa disebut gantangan. Sebenarya kisah ini bermula ketika saya yang kebetulan pecinta hewan ini membeli 1 ekor lovebird jenis parblue atau partial blue ( Pb ). Dengan niatan pelepas stress karena saya suka dengan warna nya yang cantik. Perawatan yang selama ini saya lakukan hanya sekedar membersihkan kandang memberi makan dan memandikan burung saja, karena memang tujuannya hanya untuk panjangan saja melepas lelah selepas kerja sambil ngopi santai di teras rumah. Sampai suatu ketika seorang teman lama datang kerumah untuk bersilaturahmi.

Dia kaget karena saya yang dulu sangat tidak tertarik dengan segala jenis burung sekarang memelihara salah satu jenis lovebird. "waduh dari fisiknya lumayan bagus ini, kenapa Cuma di pajang doang? Coba ikutan kontes deh" , dari perkataan teman saya ini saya mulai tertarik dan bertanya lebih banyak hal tentang burung kicauan dan segala hal tentang kontes kicauan. Dari obrolan kami berdua saya mendapatkan kiat-kiat dalam perawatan lovebird agar menjadi gacor yang  dan bermental fighter. Pola perawatan lovebird ini sudah saya lakukan selama 3 bulan dan sudah memberikan hasil yaitu dan memberikan saya beberapa piala dari kontes gantangan lokal. Yah bagi para senior mungkin biasa saja, tetapi bagi kicau mania pemula seperti saya ini merupakan kebanggaan tersendir.hehe

Nah,tips perawatan yang saya lakukan ini mungkin juga bisa dipraktekna buat teman-teman yang pemula seperti saya atau mungkin para senior juga bisa memberi saran tentang pola perawatan ini.

Kunci dari pola perawatan ini adalah konsisten dan fokus. Dan satu hal lagi yang sedikit enggan saya ceritakan ( hehehe ) adalah pemberian multi vitamin tambahan yaitu OPTIMAXX RED. Optimaxx red sendiri merupakan vitamin tambahan yang di butuhkan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral burung yang tidak di dapat ketika burung dipelihara di rumah. Karena beberapa sumber vitamin dan mineral yang dibutuhkan burung ada dialam bebas di habitatnya masing-masing.

Kicau mania tidak perlu khawatir karena optimaxx red merupakan vitamin yang terbuat dari bahan alami dan sudah memiliki izin serta terverifikasi oleh kementrian peternakan. Dengan kandungan Multivitamin, zinc, mIneral, Vitamin A, D3, E, K, B1, B2, B3, B6, B12, C, PP, H,Folic Acid, Choline, Lysine, Methionine, Copper (Cu), dan Manganese (Mn).

Sebelum kita membahas ke pola pewaratan ada baiknya mengenal karakter burung parblue ini. Burung ini sangat menyukai suhu panas, dan akan lebih mudah birahi ketika terkena suhu atau cuasa dingin, jadi usahakan terutama saat menjelelang lomba dan hari H sebisa mungkin parblue terkena suhu panas(hangat). Untuk masteran, dilakukan mulai lovebird masih paud atau anakan.namun jika sudah dewasa usahakan tidak berada dekat dengan lovebird paud agar tidak ngeriwik. Usahakan masteran yang dipilih memiliki suara yang keras, masteran dilakukan secara rutin dan konsisten setiap hari. Masteran juga baik dilakukan saat mabung karena burung cenderung diam dan tidak berkicau sehingga lebih berkonsentrasi mendenngar suara masterang burung.

Untuk Pola rawatannya sehari -- hari :

  • Mandikan burung pada sekitar jam 7 pagi kemudian jemur selama 2 jam dan beri pakan seperti biasa.
  • Setelah dijemur lovebird di krodong dan ambil pakannya agar burung tidak telalu banyak makan dan usahakan di tempatkan pada tempat yang bersuhu hangat.
  • Jam 12 siang kembali beri pakan,anda bisa menambahkan FE dan ambil lagi pakan setelah kira-kira jam 1 siang.
  • Untuk vitamin rekomendasi OPTIMAXX RED, di teteskan 3-4 tetes pada air minum burung dan di ganti secara rutin tiap hari, atau bisa juga di campurkan ke FE.
  • Pada sore hari masukan kembali pakan lovebird dan ambil ketika menjelang malam ,sebelum tidur, dan kerodongkan kembali burung dan usahakan suhu selalu hangat.

Dengan menerapkan pola perawatan di atas  secara konsisten bukan tidak mungkin lovebird kesayangngan anda akan gacor dan bawa pulang piala.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun