Mohon tunggu...
Yenni Alviani
Yenni Alviani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Sultan Agung Semarang

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Evaluasi dalam Proses Pembelajaran

12 Januari 2023   13:51 Diperbarui: 12 Januari 2023   14:36 129
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Proses pembelajaran adalah hal  yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Dengan pembelajaran manusia bisa menambah ilmu yang bermanfaat dimasa mendatang. Kesuksesan dalam proses pembelajaran tidak lepas dari peran seorang pendidik. Ketersinambungan antara pendidik dengan peserta didik akan menentukan keberhasilan pembelajaran yang berpengaruh dalam pencapaian pendidikan.

Evaluasi merupakan proses pembelajaran yang secara keseluruhan dan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan mengajar, karena evaluasi merupakan alat ukur atau proses untuk mengetahui pencapaian keberhasilan yang telah dicapai peserta didik atas bahan ajar yang telah disampaikan, sehingga dengan adanya evaluasi maka tujuan dari pembelajaran akan terlihat secara akurat. Seorang pendidik yang merasa bertanggung jawab atas penyempurnaan pengajarannya, maka ia harus mengevaluasi pengajarannya itu, agar mengetahui perubahan apa yang seharusnya diadakan. Peserta didik juga harus dievaluasi. Evaluasi harus dilaksanakan secara sistematis dan kontinue agar dapat menggambarkan kemampuan para peserta didik yang dievaluasi.

Mengadakan evaluasi meliputi dua langkah yaitu mengukur dan menilai. Mengukur adalah membandingkan sesuatu dengan satu ukuran. Menilai adalah mengambil suatu keputusan terhadap sesuatu dengan ukuran baik dan buruk. Seorang pendidik sebelum melakukan evaluasi hendaknya juga harus melakukan mengukuran dan penilaian terlebih dahulu terhadap para peserta didik. Pencapaian perkembangan peserta didik perlu diukur, baik posisi peserta didik dalam proses belajar individu maupun posisinnya dalam kegiatan kelompok. Hal ini perlu disadari oleh setiap pendidik, karena pada umumnya peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada peserta didik yang dengan cepat menangkap materi, tetapi ada juga yang tergolong memiliki kecepatan biasa da nada pula yang tergolong lambat. Pendidik dapat mengevaluasi pertumbuhan kemampuan peserta didik tersebut dengan mengetahui apa yang mereka kerjakan pada awal sampai akhir belajar.

Manfaat dilaksanakannya evaluasi dalam proses pembelajaran diantaranya yaitu, 1). Memperoleh pemahaman pelaksanaan dan hasil pembelajaran yang telah berlangsung, 2). Membuat keputusan berkenaan dengan pelaksanaan dan hasil pembelajaran, dan 3). Meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dalam upaya meningkatkan kualitas keluaran.

Oleh: Yenni Alviani

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun