- Bagaimana perwujudan 'menuntun' yang saya lihat dalam konteks sosial budaya di daerah saya? Perubahan konkret apa yang dapat saya lakukan untuk mewujudkannya?   Â
Salah satu prinsip pendidikan Ki Hajar Dewantara adalah menuntun, yang berarti mengarahkan dan membimbing siswa untuk berkembang sesuai dengan kodrat alam dan kodrat zaman. Menuntun juga berarti menjadi teladan dan panutan bagi siswa dalam berperilaku dan bersikap. Dalam konteks sosial budaya di wilayah saya, yaitu Jawa Barat , saya menemukan beberapa manifestasi menunjukkan diri Atau Hasrat dan keinginan saya sebagai seorang Guru menuntun dan mengarahkan siswa ke arah yang lebih baik .menuntun tumbuhnyaÂ
Mengajak siswa untuk menghargai dan melestarikan kebudayaan lokal, termasuk bahasa Sunda, kesenian tradisional, adat istiadat, dan nilai-nilai luhur, dapat dicapai. Ini dapat dicapai dengan mengajari mereka bahasa Sunda (bahasa ibu), mengenal dan menghargai kesenian tradisional seperti Wayang Golek, Jaipongan , tari-tarian, dll., mengikuti adat istiadat seperti  selamatan,Rebo kasan,Pawai obar menyambut 1 Hijriah , slametan tumpeng , bersih desa, dll., dan menanamkan nilai-nilai luhur seperti gotong ,kerjasama saling hormat menghormati menghargai dan saling berbagi antar sesama
   2. Mengapa Pendidikan perlu mempertimbangkan kodrat alam dan kodrat zaman?
karena pendidikan itu bersifat dinamis tidak statis dan bergerak sesuai dengan kodrat Zaman ,oleh karena itu Pendidikan adalah suatu landasan untuk pembentukan peradaban bangsa dan kebudayaan bangsa itu sendiri,pendidikan perlu mempertimbangkan kodrat alam karena asal mula kebudayaan itu berasal dari alam,pendidikan adalah suatu persemaian benih benih  kebudayaan , maka KHD mengkoneksikan bahwa pendidikan dan kebudayaan adalah satu kesatuan,karena pendidikan dan kebudayaan itu harus terus bergerak dan terus berubah mengikuti kodrat pada Zamannya.Â
3. Apa relevansi pemikiran KHD "Pendidikan yang berhamba pada anak" dengan peran saya sebagai pendidik?
anak memegang kendali dalam pembelajaran ,guru adalah among yang mengarahkan ,memotipasi dan menpasilitasi anak ,agar anak mampu mengexplor dan  menginovasi minat juga bakat yang anak miliki .
 guru memberikan ruang dan waktu untuk anak untuk bebas menuangkan bakatnya dengan menuntun dan mengarahkan anak agar anak tidak kehilangan arah
4, Bagaimana gambaran proses pembelajaran yang merefleksikan (mencerminkan) pemikiran Ki Hadjar Dewantara (KHD)?
- menyepakati bersama anak tentang metode pembelajaran yang akan di laksanakanÂ
- menggali atau melihat minat dan bakat yang anak miliki
- mengembangkan dan mengarahkan anak dengan keunikan yang masing masing individu miliki
- memberikan dukungan di sekolah di saat belajar
- memberikan stimulus
- dan berkomunikasi bersama Rekan kerja untuk perkembangan anak
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H