Mohon tunggu...
Grace M
Grace M Mohon Tunggu... Mahasiswa - On going bachelor

terus berkarya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sharing Kisah Waktu Zaman Kecil

10 November 2023   16:00 Diperbarui: 10 November 2023   16:07 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

haloo kakak salam kenal dari aku greis......

jadi aku ingin sharing sedikitlah yaaa.... 

 

aku berasal dari SUMATERA UTARA taulah pasti dari mana?????yap dari Medan  suku Batak Toba..  NAH tempat tinggal kami itu dekat Sipinsuer menjadi wisata yang banyak didatangi turis mancanegara. saat ini banyak perubahan tempat yang lama sekarang bisa dikatakan sangat bagus... kembali lagi .... jadi orangtuaku menikah terus lalu mereka memutuskan merantau dari Medan ke Lampung  kalau naik kendaraan bisa mobil atau bisa tapi kalau mau lebih cepat pesawat dong pastinya. kemudian, kami menempati rumah geribik waktu itu aku masih bayi itu hampir 3 tahun terus kampi pindah dengan jangka waktu cukup jauh ke kontrakan yang lebih layak disitu aku udah TK SD  karena waktu kontrakan habis kan sebelum jauh hari pun kedua orangtuaku sudah berniat membangun rumah sendiri  biar lebih besar dri sebelumnya... dan ketika aku masih SMP mau lulus itu rumah kami pun jadi aku pun lihat-lihat rasanya senang banget dan bersyukur kepada Tuhan atas kebaikannya ke keluarga kami. setelah itu, kami menggelar acara syukuran dengan tradisi masuk rumah oleh adat batak dan banyak saudara dari Medan, jakarta dan Bandung  datang mulai dari opung, nanguda, uda, bapatua mamatua, tulang dan nantulang. sehabis itu menikmati berkat berupa makanan dan minuman. lalu, rumah kami ini juga ada toko jadi tidak perlu lagi menyewa. puji TUHAN udh punya rumah sendiri.. kehidupan berjalan seperti biasanya... dan puji TUHAN lancar rezeki dan sehat sehat keluarga.

berikut kehidupan ku disekolah... jadi ges aku itu sekolah TK LITTLE EAGLE PESAWARAN dan SD RAJAWALI nah keduanya swasta tapi rata-rata kristen tapi ada islam juga. ..  sekolah TK  dan SD ku ini murid-muridnya hanya beberapa ada yang 8, 9  ataupun 10. tapi aku sangat senang dengan pilihan orangtua sebab guru-gurunya baik dan teman-teman juga seru. bagiku sekolah TK dan SD dengan beberapa orang aku bisa belajar dan bertanya dengan guru dengan leluasa. tapi mungkin nasrani kami ada ibadah nyanyian sebelum masuk kelas... berjalannya waktu   bunyi bel waktu istirahat kami makan ke warung dan pesennya rata rata mie goreng terus lanjut  bermain gobak sodor dan main bola sampai keringat... dan banyak kegiatan sekolah baik TK dan SD yang setiap hari raya bisa laksanakan.... satu yang menjadi perhatiian temen temen ku dikelas ketika ada salah satu anak yang ultah apa coba yang dilakukan ....disuruh tunggu diluar karena ada sesuatu didalam... habis itu masuk kekelas teryata mereka menyiapkan kue kecil kecilan dan lilin bilang happy birthday menurutku sosweet. karena aku udah menganggap mereka saudara sendiri. setelah sekolah TK lulus dan SD udah mau lulus kami banyak melakukan foto kenang-kenangan yang dibuat nanti dalam buku kenangan selama di SD. sebenarnya banyak keceriaan, jahil, kocak yang pasti dirindukan.........selama di SD aku suka dulu hapalan dan pernah dites hapalan sama bu gur dan bisa menjawab.. ada lagi jadi ketika sekolah SD kelas 1-6 kan ada pembagian raport dan rata rata dapat rangking lah dan aku kedapatan rangking 3 dari kelas 1 sampai 5 teru kelas 6 dapat rangking 2. jadi temen temenku yang lain nganggap pintar padahal sebenarnya semua anak bisa tapi kan sd zaman masih bermain jadi belajar ngerjain pr itupun cuma sebentar tapi aku kalau dirumah aku baca dan terus hapalin gtu deh entah apa aja. terus juga kalian tahu setiap ke sekolah aku  selalu diantar dengan ayahku jadi setiap aku berangkat disuapin sama mama aku karena biar cepat... terus salam lalu berangkat dalam perjalanan itu aku berdoa teruss dan sampai sekarang aku masih berdoa kenapa agar kita selalu dilindungi TUHAN. banyak banget aku bersyukur selama sekolah hingga lulus masuklah SMP... jaadi pas pendaftran aku masuk SMP favorit dekat rumah eh tapi ga lolos terus aku keterima sekolah yang agak jauh dari rumah ya sudahlah aku terima yang penting bisa masuk SMP waktu itu... habis itu setelah mulai belajar kelas 1SMP aku beradaptasi dengan suasana dengan guru dan teman -teman... dan bersyukur bisa mengikuti dengan baik.... pada saat itu aku bepikir mau pindah pas kenaikan kelas sebab jauh sekali dari rumah sehingga aku pilih SMP agak dekat dengan rumahku... setelah itu tanyakan ke guru gur TU untuk syarat gimana biar pindah sekolah dan jawabannya harus biisa rangking 1 terus aku pun berpkir bisa ga ya untuk rangking nanti.. dan aku bilang sama orangtua tentang syarat pindah mereka bilang belajar dengan rajin ya supaya biar bisa pindah aku katakan iya terus aku langsung bergegas untuk belajar dari buku lks dan kerjain tugas terus biar nilaiku aman... setelah berjalannya waktu... tibalah ujian semester sempat aku agak ragu tapi dengan yakindan berdoa semua akan lancar setelah seminggu ujian beres ada classmeeting banyak lomba antar kelas mengikutinya hingga menunggu kapan nih pembagian raport kenaikan kelas..... sungguh deg degan sekali... habis itu.... aku lupa hari pokoknya tiba waktunya pengambilan raport oleh murid bukan orangtua. setelah itu, semua murid duduk dan wali kelas datang  treng treng.. kemudian ibu wali kelas memberikan sepatah kata sebelum raport dibagikan katanya nilai nilai murid kelas 7 bagus bagus aku pun sempat senang tapi rangkingnya belum tau setelah itu tak bertele-tele wali kelas memanggil dimulai dari rangking 1 dan...............................................jawabannya adalah dengan nama...... YENI apa???aku rangki ng 1 ya Tuhan  TERIMAKASIH semua bertepuk tangan .. lalu aku maju dan salam terus mengambil raport... setelah selesai semua banyak ngucapiun selamat.. selamat. maka, tibalah pulang kerumah dan sampai aku bilang dapat rangking 1 yehhh orangtuaku senang berarti aku bisa pindah dan mengurus dokumen... berjalannya waktu akupun selesai urus dokumen terus aku dan kakaku itu pergi ke SMP yang aku tujui setelah itu semua beres lengkap dan seninnya aku udh diterima dan masuk kelas 8 dan tiba waktu tahun ajaran baru dimulai aku masuk kelas dan banyak berkenalan dengan teman teman ya pokoknya pasti adaptasi aku pun bisa mengikuti sampai kelas 9 adalah kelulusan untuk masuk SMA dan informasi pendaftaran SMA aku jalur raport setelah selesai semua aku masuk SMA yang dekat rumah juga dan aku naik motor karena masuk gang-gang dan sekolah ini favorit sekali . jadi aku senang masuk SMA  dengan pengenalan lingkungan sekolah selama tiga hari... setelah itu masuk sah menjadi kelas 10 SMA tempatnya juga bagus, ada perpus, kantin, ruang komputer.. dan kata kebanyakan orang... kisah SMA paling romantis...ccielah... aku selama di kelas juga kami banyakan kerja kelompok terus les bareng.. sekolah SMA ada kegiatan besar namanya GEBYAR SENI jadi setiap kela 10 11 dan 12 wajib berpartispasi lomba.. ada banyak macam lomba.. kelas kami antusias dan pastinya pengen menang jadi juara umum... lalu waktu itu pengurus kelas berunding lomba apa aja yang dikuti dan kelas ngikutin semuanya. dan aku kebagian ikut gamelan jawa aku sempat dipaksa tapi ya udahlah aku mau belajar ya udah habis itu kami tentukan guru musik gamelan dan akhirnya dapat. selang beberapa waktu kami kumpul dirumahnya dan disuruh pilih musik apa aja dan aku kebagian yang bilang mudah karena aku ga tau sama sekali.. maka  kami  3kali seminggu latihan dari siang sampai sore dan sempat aku agak susah mengimbnginya dan gigihnya aku bisa walaupun ga sejago.. terus sebelum hari h latihan lebih perfect lagi dan bisa donggg... terus pas lombanya tiba behh ramai sekali dan kelasku pun  dipanggil terus habis itu memainkan musiknya dan sempat deg degan dan akhirnya selesai dengan baik... setelah itu kami berfoto foto.. ganti baju dan ...dan kami juga melihat penampilan kelas lain... semua bagus bagus....dan masih banyak penampilan lomba yang sangat meriah dan tiba waktunya pemenang juara gamelan jawa kelas kami juARA 3 YESSS menang...... dan dari sekian lomba GS piala kelas kami lumayan banyak... itulah namanya solidaritas bersama .... tentunya kami berfoto foto... sungguh jadi pengalaman pernah alat musik jawa.. aku juga pernag ikut drama.... dan banyak lagi... terus satu lagi SMA aku ikut eskul OLIMPIADE PPKN jadi guys tertarik banget dengan PPKN karena ada rekrutan baru aku daftar dan aku kepilih selama mengikutinya nyaman aja karena ada lomba aku ikut seperti cerdas cermas tentang pkn, UUD, PANCASILA. jadi guys momen lucu bagi aku pas latihan lomba yaitu menghapal pasal UUD 19145 terus kami semua dites nah guru ppkn kami ORANG BATAK kalau ada yang salah ekpresi lucu gtu jadi kami ketawa pun diam diam gtu. terus semua kaka dan temen olimpiade bisa dites dengan baik. setelah itu kami juga menginap dirumah guru ppkn orang batak disitu kami disambut dengan baik dikasih makan minum.. terus kami juga latihan terus sampai malam... pas tiba paginya lombanya berdoa kami sampai di tempat lombanya.. terus sekolah kami dipanggil kami menuju podium lombanya ya udah deg degan banget habis itu diumumkan kami juara 2 tingkay kabupaten yess akhirnya menang juga.... terimakasih guru guru kami yang tanpa lelah mengajari kami... sekian cerita sharing yang aku bagikan siapapun yang bacanya tlong dikomen hihiii.... 

dari sharing ini aku bisa mengambil pesan bahwa apapun yang kamu lakukan dalam melangkah percayalah bahwa TUHAN akan menyertaimu... seperti SD aku bisa rangking,,,SMP bisa juara satu BISA pindah sekolah terus SMA aku bisa masuk lewat jalur raport. orangtuaku juga senang sekali. inilah bentuk kesungguhan Tuhan kepada kita salah satunya doa kapan pun dimana pun. tak lupa bersyukur untuk keadaamu. senantiasalah mengucap syukur 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun