Mohon tunggu...
Yeni Handayani
Yeni Handayani Mohon Tunggu... -

Bekerja di Universitas Paramadina

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Tips Bekerja Cepat dan Efisien

14 Maret 2014   22:06 Diperbarui: 24 Juni 2015   00:56 1470
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sebagai pekerja, pekerjaan yang kita kerjakan hampir tidak ada habisnya. Selesai pekerjaan yang pertama kita kerjakan, langsung ada pekerjaan laninnya yang harus segera dikerjakan. Untuk dapat menyelesaikan semua pekerjaan itu, otomatis kita harus bekerja cepat. Kecepatan menyelesaikan pekerjaan harus lebih cepat dari antrian pekerjaan yang ada, sehingga seluruh pekerjaan tersebut dapat kita kerjakan dengan tuntas.

Kecepatan kerja ini masing masing orang berbeda beda. Ada orang yang mampu bekerja sangat cepat, atau kecepatannya sedang sedang saja, atau ada juga orang yang kecepatannya rendah sehingga banyak pekejaan yang tidak selesai dengan tuntas. Masalahnya ketika pekerjaan tersebut berkaitan dengan orang lain, maksudnya pekerjaan yang dilakukan selanjutnya akan dikerjakan oleh orang lain, jika kecepatan si pekerja termasuk lambat maka akan mengganggu kinerja orang yang akan mengerjakan selanjutnya.

Maka dari itu bekerja cepat sangat dibutuhkan agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan selesai secara tuntas. Ada beberapa tips agar pekerja dapat bekerja cepat antara lain;

1. Kenali diri kita sendiri

Dalam bekerja seorang pekerja harus memahami dirinya sendiri. Seberapa cepat dia dapat mengerjakan pekerjaan yang menjadi job descriptionnya, dia harus tahu agar bisa mengukur seberapa cepat dia dapat menyelesaikan  pekerjaan dan tanggungjawabnya. Jika dia harus menyelesaikan pekerjaan yang banyak dan menumpuk, ketika dia tahu kecepatan maksimal yang bisa dia kerjakan, maka dia dapat memprediksi seberapa lama waktu yang dia butuhkan sampai selesai. Dan ketika bos atau atasan bertanya seberapa lama dia membutuhkan waktu untuk menyelesaikan, dia bisa menjawab pertanyaan atasan tersebut. juga ketika atasan mengharuskan dia menyelesaikan dalam waktu cepat sementara kecepatannya tidak memungkinkan dia menyelesaikannya, maka dia bisa meminta waktu tambahan agar pekerjaan tersebut selesai.

2. Fokus pada satu pekerjaan saja

Untuk bekerja cepat, pekerja harus memfokuskan diri kepada satu pekerjaan saja untuk dikerjakan sampai tuntas sebelum mengerjakan tugas lainnya. Terkadang pekerja ingin berusaha mengerjakan lebih dari satu pekerjaan dalam satu waktu, tetapi tidak semua pekerja mampu melakukan itu. Bagi pekerja yang tidak mampu melakukannya, justru hal itu bisa beresiko semua pekerjaan menjadi tidak selesai.

3. Buat prioritas tugas

Banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan kadang kadang membingungkan kita untuk memilih mana pekerjaan yang harus diselesaikan lebih dahulu. Semua pekerjaan diminta untuk diselesaikan secara cepat, tetapi tidak mungkin kita selesaikan semuanya dalam waktu yang bersamaan. Untuk itu maka pekerja harus membuat prioritas tugas untuk dipilih dan ditentukan mana yang harus dikerjakan lebih dahulu, berikutnya, dan seterusnya.

4. Membawa pekerjaan ke rumah

Jika pekerjaan sangat menumpuk, dan sulit dikerjakan semuanya di kantor, maka pekerja bisa membawa pekerjaan kantor ke rumah. Seperti anak sekolah yang membawa PR ke rumah, mengerjakan pekerjaan ke rumah bisa jadi solusi untuk mengejar kecepatan agar semua pekerjaan bisa selesai. Jika ini dilakukan, sebaiknyalihat dulu situasi dan kondisi di rumah. Jika kondisi rumah tidak memungkinkan untuk membawa pekerjaan seperti punya bayi atau kondisi rumah yang terlalu ramai, sebaiknya tidak membawa pekerjaan ke rumah.

5. Bekerja tim

Salah satu yang dapat meringankan pekerjaan kita adalah bekerja tim. Jika pekerjaan terlalu banyak, dengan bekerja tim maka dapat dibagi tugas dengan anggota tim lainnya. Jadi masing masing orang bertanggungjawab atas bagiannya masing masing. Dengan begitu pekerjaan dapat lebih cepat diselesaikan.

6. Meminta bantuan orang lain

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk bekerja cepat adalah minta bantuan orang lain. Kalau dimungkinkan, kita sebagai pekerja boleh minta tenaga administrasi atau asisten untuk membantu menyelesaikan pekerjaan. Pekerjaan utama boleh dikerjakan sendiri dan pekerjaan yang sifatnya adminstratif, bisa dikerjakan oleh staf administratif.

Inti dari bekerja cepat adalah mampu mengerjakan dengan tuntas semua pekerjaan yang menjadi beban dan tanggungjawab kita. Agar semua itu bisa berjalan dengan baik, enam tips diatas semoga bisa membantu kita untuk bekerja lebih cepat dan efisien.

Selamat bekerja


Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun