Mohon tunggu...
Yella Prayandra
Yella Prayandra Mohon Tunggu... Guru - Guru dan Mahasiswa Pasca Sarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Hobi memasak, menulis dan membaca buku.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Konsep Dasar Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

20 Desember 2024   08:06 Diperbarui: 20 Desember 2024   08:06 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Konsep Dasar Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Yella Prayandra/ Mahasiswa MPI UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Program pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan harus diarahkan kepada upaya yang memungkinkan pendidik dan tenaga kependidikan memberikan layanan yang prima kepada siswa serta mendapatkan pengakuan dan penghargaan dari masyarakat. Guru sebagai pihak yang memberikan berbagai hal yang dibutuhkan siswa seperti pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Ini menunjukan bahwa keberadaan guru sangat penting sebagai pihak yang bertanggung jawab dalam mendewasakan siswa baik untuk dirinya maupun untuk pihak lain kelak. Materi pelajaran merupakan unsur utama dan penting dalam proses pembelajaran atau pendidikan. Keberadaan guru dan siswa tidak bermakna tanpa materi yang diberikan. Materi pelajaran tersebut tentu saja materi yang sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan siswa.

1.Batasan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

pemberdayaan mengacu pada kata "empowerment" yang berarti memberi daya, atau memberi "power" (kuasa), "empowerment aims to increase the power of disadvantage", dimana pemberdayaan bertujuan untuk meningkatkan kekuasaan atas mereka yang kurang beruntung. Dapat dipahami, bahwa pemberdayaan merupakan salah satu aspek manajemen dalam mengoptimalkan sumber daya organisasi, sehingga mampu memberikan optimalisasi pada sistem dan kinerjanya. Untuk memperkuat daya atau potensi yang dimiliki diperlukan langkah-langkah nyata, program yang terarah dan menciptakan iklim yang kondusif.

2.Tujuan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Secara umum, tujuan dari pemberdayaan menunjuk pada keadaan atau hasil yang ingin dicapai oleh sebuah perubahan sosial yaitu individu maupun masyarakat yang berdaya, memiliki kekuasaan atau pengetahuan dan kemampuan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya baik yang bersifat fisik, ekonomi, maupun sosial seperti memiliki kepercayaan diri, mampu menyampaikan aspirasi, mempunyai mata pencaharian, berpastisipasi dalam kegiatan sosial dan mandiri dalam melaksanakan tugas-tugas kehidupannya. Secara Khusus pemberdayaan bertujuan: Mengembangkan kemampuan yakni tujuan dari pendekatan pemberdayaan adalah untuk membantu orang mengatasi perasaan tidak berdaya dengan memperoleh kekuatan"dan  mengubah perilaku yakni diharapkan akan terbentuk tenaga pendidik dan kependidikan yang saling bersinergi.

3.Aspek-aspek Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga kependidikan

Di awal telah dijelaskan bahwasannya pemberdayaan bertujuan membentuk kemandirian bagi individu berkaitan dengan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Adapun penjelasannya sebagai berikut:

a. Aspek Kognitif

aspek kognitif mengarah pada kemampuan berfikir yang dilandasi pengetahuan dan wawasan seseorang dalam rangka mencari solusi atas permasalahan yang dihadapi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun