Mohon tunggu...
Yekti Muktiasih
Yekti Muktiasih Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya memiliki hobi menulis puisi, selain mencintai karya sastra saya juga memiliki ketertarikan terhadap dunia kuliner dan fashion. Saya juga mengambil kuliah bahasa inggris untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris saya.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mahasiswa Lantip 4 Unnes Melakukan Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Metode 'Think-Pair Share' (TPS) untuk Meningkatkan Kreativitas

2 Oktober 2024   12:09 Diperbarui: 2 Oktober 2024   12:15 37
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam rangka meningkatkan kreativitas siswa dalam berdiskusi dan menyampaikan pendapat, pembelajaran kali ini dilakukan menggunakan metode 'Think-Pair-Share' (TPS) di kelas Bahasa Inggris. Yekti Muktiasih, salah satu mahasiswa Lantip 4, memimpin pelaksanaan pembelajaran dengan tujuan agar siswa dapat lebih aktif dan terlibat dalam proses pembelajaran. Metode 'Think-Pair-Share' dipilih karena dinilai efektif dalam mendorong siswa untuk berpikir kritis, bekerja sama dalam kelompok kecil, dan berani menyampaikan ide-ide mereka secara terbuka di depan kelas.

"Metode ini sangat membantu siswa dalam mengembangkan kreativitas berpikir, terutama saat mereka harus berpasangan untuk saling bertukar pikiran sebelum menyampaikan hasil diskusi kepada seluruh kelas," ujar Yekti.

Selama pembelajaran berlangsung, siswa diberikan waktu untuk berpikir secara individu tentang materi yang telah disampaikan oleh pengajar. Setelah itu, mereka berpasangan untuk berdiskusi dan berbagi pendapat. Terakhir, setiap pasangan diberi kesempatan untuk menyampaikan hasil diskusi mereka kepada kelas. Metode ini tidak hanya membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, tetapi juga membangun rasa percaya diri mereka dalam berbicara di depan umum.

Ma'am Atiek, guru pamong yang mendampingi kegiatan tersebut, menyampaikan apresiasinya terhadap metode yang digunakan. "Saya melihat siswa menjadi lebih bersemangat dan berani menyampaikan pendapat mereka. Metode ini memang sangat cocok diterapkan untuk mengasah kemampuan berpikir kritis dan komunikasi siswa."

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) yang diikuti oleh mahasiswa Lantip 4. Melalui pembelajaran ini, mahasiswa diharapkan tidak hanya mampu mengajar secara efektif, tetapi juga dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan keterampilan siswa di sekolah.

Dengan keberhasilan pelaksanaan metode 'Think-Pair-Share' dalam pembelajaran Bahasa Inggris ini, diharapkan semakin banyak siswa yang terlibat aktif dalam proses belajar dan mampu mengembangkan kreativitas serta kemampuan berkomunikasi yang lebih baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun