Kekaguman kita pada kesuksesan seorang pengusaha, kadang membuat kita lupa bahwa ada kesulitan di baliknya. Jalan menuju kesuksesan sejatinya tak selalu mulus dan saya paling suka mendengar pengusaha menceritakan kisah di balik kesuksesannya. Ada banyak pelajaran hidup yang bisa kita ambil dari kisah-kisah itu.
Susan Dietch, namanya. Saya mendengar Ibu Susan berkisah ketika menghadiri diskusi interaktif dengan JNE bertema From Local to Global, Preparing Local Companies to Enter Global Market pada tanggal 31 Mei 2018 yang bertempat di kantor pusat JNE di bilangan Tomang Jakarta. Ibu Susan Dietch adalah pemilik brand The Legra, sebuah merek yang menjual produk fashion buatan Indonesia.
Jika orang lain memulai usahanya di Indonesia dan baru melakukan go international, kebalikan dengan Ibu Susan. Ibu Susan justru membuka usahanya di Los Angeles Amerika Serikat. Ceritanya tahun 2015, Ibu Susan pindah ke LA dan ia melihat orang Amerika itu suka belanja karena memang punya banyak alasan untuk belanja. Maksudnya, banyaknya acara di Amerika membuat orang-orang harus berbelanja untuk menghadapi acara-acara tersebut.
Selain itu, yang membuat Ibu Susan getol pengen jualan di Amerika adalah karena penduduk Amerika tuh 326 juta, sebuah pasar yang besari banget. Amerika juga punya bermacam etnik karena penduduknya berasal dari berbagai negara. Amerika juga menjadi pusat fashion, media, seni dan punya banyak selebriti yang selalu diperhatikan penampilannya.
Kenapa memilih menjual produk Indonesia? Kalo kita ya..lihat tas dari rotan akan berpikir itu biasa karena di Indonesia tas dari rotan itu banyak macamnya. Jadi nggak spesial gitu. Berbeda dengan orang-orang di Amerika yang melihat tas dari rotan itu sebagai seni. Susah bikinnya makanya dicari.
Bukan hal yang mudah karena pasar Amerika itu sangat mengutamakan kualitas. Cacat sedikit saja akan mereka kembalikan dan hilang deh kepercayaan pada penjualnya.
Ibu Susan dibantu oleh suaminya, David Dietch. Mr. David adalah pemilik perusahaan Dietch PR. Perusahaan ini semacam konsultan untuk di Amerika. Saat ini Dietch PR menjadi konsultan untuk brand-brand terkenal di Amerika.
Dengan masukan dari suaminya, Ibu Susan jadi belajar tentang kualitas sebuah produk, cara pemasarannya, desain yang unik, pengiriman barang yang aman dari Indonesia dan peraturan-peraturan soal penjualan di Amerika.