Hallo, Sobat!
Selamat datang di artikel kesebelas aku! Pada artikel kesebelas ini aku mau membahas mengenai time management atau mengatur waktu. Setiap orang pasti punya kesibukan masing-masing, begitu juga dengan kita. Kita pasti punya banyak kegiatan yang harus dilalui setiap harinya. Tetapi, terkadang kegiatan yang satu bertabrakan dengan kegiatan lain. Nah, inilah pentingnya mengatur waktu, Sobat. Jadi, gimana nih caranya mengatur waktu?
Yuk, disimak!
1. Tentukan Skala Prioritas
Setiap orang punya prioritasnya masing-masing. Kenapa? Karena tujuan setiap orang itu jelas berbeda. Jika seseorang ingin menjadi penulis, maka prioritas orang itu adalah menulis. Begitu juga dengan tujuan-tujuan lainnya. Menentukan skala prioritas juga harus mempertimbangkan posisi kamu, ya, Sobat!
Posisi atau kedudukan seseorang dapat menjadi patokan atas hal-hal yang ia prioritaskan. Posisi seseorang sebagai pemimpin misalnya, maka ia harus memprioritaskan kepentingan kelompok, bukan kepentingan pribadi. Jadi, menentukan skala prioritas sangatlah penting.
2. Membuat Timeline
Langkah ini dapat kamu lakukan dengan melibatkan media tulisan dan design. Kamu bisa membuat timeline atas apa saja yang harus kamu lakukan setiap harinya. Usahakan mengatur waktu dengan baik, ya, kamu juga harus memiliki waktu untuk beristirahat dan refreshing.
Membuat timeline akan memudahkan kamu dalam mengambil langkah menentukan kegiatan. Kamu tidak akan keteteran dengan adanya timeline. Hal tersebut juga dapat mencegah adanya tabrakan antarkegiatan sehari-hari. Tidak lupa, membuat timeline dengan design yang menarik akan menambah semangatmu menjalani kegiatan sehari-hari.
3. Re-schedule Kegiatan Jika Perlu
Nah, melakukan re-schedule bisa menjadi jalan pintas jika kamu harus mengambil dua kegiatan dalam satu waktu. Jika kamu dihadapkan dengan dua kegiatan yang sama pentingnya hingga kamu sulit untuk memilih. Maka, kamu harus mengambil satu pilihan yang akan kamu lakukan pada saat itu, sementara kamu bisa mengubah jadwal untuk pilihan yang lain.