Di era pendidikan yang terus berkembang, penting bagi generasi muda untuk memiliki pemahaman yang solid tentang ilmu pengetahuan, termasuk fisika. Mahasiswa KKN T 30 UNUHA memiliki peran krusial dalam menciptakan inovasi pendidikan di masyarakat, terutama dalam bidang fisika. Salah satu inisiatif yang diambil adalah pendirian les fisika kreatif.
KKN T 30 menjadi wadah bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah dalam kehidupan nyata. Melalui program ini, mahasiswa tidak hanya dapat berkontribusi pada masyarakat, tetapi juga menginspirasi generasi muda untuk mencintai ilmu pengetahuan. Namun, banyak siswa di daerah-daerah tertentu masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep fisika. Oleh karena itu, muncul kebutuhan untuk menciptakan lingkungan belajar yang menarik dan tidak monoton.
Dengan membangun Les fisika kreatif ini yang diinisiasi oleh mahasiswa KKN T 30 memiliki beberapa tujuan utama Dengan metode pengajaran yang inovatif, diharapkan siswa dapat lebih memahami dan menerapkan konsep-konsep dasar fisika. Les ini bertujuan untuk menciptakan ketertarikan terhadap fisika dan sains secara umum dengan pendekatan yang menyenangkan. Selain teori, program ini juga menyertakan praktikum yang memungkinkan siswa untuk langsung melihat aplikasi fisika dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam strategi pelaksanaannya Untuk mencapai tujuan tersebut, Maahasiswa KKN T 30 menggunakan metode belajar yang interaktif, seperti diskusi kelompok, permainan edukatif, dan simulasi fisika. Pendekatan ini membantu siswa lebih aktif berpartisipasi. Kemudian Siswa diajak untuk melakukan eksperimen sederhana menggunakan alat-alat sehari-hari, seperti membuat roket dari botol plastik atau menghitung gaya gravitasi menggunakan alat sederhana.Â
Kegiatan ini bukan hanya memberikan pengalaman belajar, tetapi juga meningkatkan kreativitas. Melibatkan teknologi informasi, seperti video pembelajaran dan aplikasi fisika, membantu siswa mengakses materi dengan cara yang modern dan menarik. Selain itu Mahasiswa KKN T 30 bekerja sama dengan guru  untuk menyusun kurikulum les fisika yang sesuai dengan kebutuhan siswa di Madrasah Aliyah AL FALAH.
Sejak pelaksanaan program les fisika kreatif, dampak positif mulai terlihat Siswa menunjukkan peningkatan minat terhadap fisika, yang tercermin dalam kehadiran yang penuh semangat pada setiap sesi les. Beberapa siswa bahkan berhasil meraih nilai lebih baik dalam soal- soal yang diberikan guru mereka. "Belajar fisika dengan cara yang menyenangkan membuat saya jadi lebih suka mata pelajaran ini. Saya jadi ingin tahu lebih banyak!", ujar Andika salah satu siswa les fisika.
"Program ini sangat membantu siswa kami dalam memahami konsep fisika dengan lebih mudah. Metode pengajaran yang interaktif membuat mereka lebih bersemangat untuk belajar." Ujar Ibu Wulandari, S.Pd salah satu guru Madrasah Aliyah.
Program inovatif les fisika kreatif yang dilakukan oleh mahasiswa KKN T 30 adalah contoh nyata bagaimana pendidikan dapat dipermudah dan menjangkau generasi muda. Dengan pendekatan yang menyenangkan dan interaktif, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan yang diperlukan, tetapi juga mengembangkan minat dan keterampilan yang akan berguna bagi mereka di masa depan.Â
Melalui inisiatif seperti ini, kita dapat berharap akan lahir generasi cerdas yang siap menghadapi tantangan zaman. Upaya ini membuktikan bahwa pendidikan bukan hanya soal transfer ilmu, tetapi tentang menciptakan pengalaman belajar yang menggugah semangat dan imajinasi para siswa.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H