Laboratorium merupakan sarana pendidikan yang dapat digunakan sebagai tempat belajar. Laboratorium terbagi menjadi dua jenis yaitu laboratorium nyata dan laboratorium virtual. Laboratorium virtual adalah serangkaian alat-alat laboratorium yang berbentuk perangkat lunak (software) komputer berbasis multimedia interaktif yang dioperasikan dengan komputer dan dapat menstimulasikan kegiatan dilaboratorium seakan-akan pengguna berada pada laboratorium sebenarnya (laboratorium nyata). Kedua laboratorium ini dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pembelajaran.
Secara umum motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran sains lebih rendah dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Hal ini dikarenakan materi sains sulit untuk dipahami. Pembelajaran di laboratorium adalah salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam bidang sains. Melalui pembelajaran praktikum peserta didik dapat lebih memahami sains karena disajikan secara lebih nyata
Fisika merupakan salah satu bagian dari mata pelajaran sains. Fisika mempelajari tentang gejala alam atau fenomena alam dan interaksi yang menyertainya. Beberapa aktivitas dalam pembelajaran fisika dilakukan di laboratorium.
Pada umumnya sekolah memiliki sarana laboratorium yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar. Akan tetapi alat dan bahan yang dibutuhkan seringkali tidak tersedia karena keterbatasan keuangan sekolah. Masalah keterbatasan inilah yang membuat guru fisika beralih ke pembelajaran laboratorium virtual.
Terdapat banyak aplikasi yang telah dibuat oleh para ahli IT yang dapat menunjang pembelajaran disekolah. Beberapa aplikasi yang dapat dijadikan laboratorium virtual untuk pembelajaran fisika diantaranya  Phet Colorado, Labxchange, Physics Toolbox Suite, dan Tracker.
Salah satu aplikasi laboratorium virtual yang diterapkan dalam pembelajaran fisika di SMA Al Hasra adalah Phet Colorado. Kelebihan dari aplikasi ini adalah dapat digunakan baik secara online maupun offline. Materi-materi pembelajaran fisika yang dipraktikan secara offline melalui aplikasi ini yaitu materi gerak parabola, keseimbangan, listrik dan magnet.
Peserta didik di SMA Al Hasra terlihat lebih bersemangat dalam pembelajaran Fisika ketika mengguankan laboratorium virtual dibandingkan dengan pembelajaran ceramah maupun diskusi. Saat peralatan yang ada di laboratorium nyata tidak dapat menunjang pembelajaran fisika, maka laboratorium virtual dapat menjadi penggantinya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H