Teknologi telah memberikan kemudahan bagi sebagian aktifitas manusia. Efisiensi pekerjaan, belajar hingga jual beli saat ini didominasi oleh teknologi sebagai medianya. Contohnya saja yang berkaitan dengan jual beli itu ada yang namanya marketplace, affiliate marketing, sosial media marketing. Setiap orang yang akan melakukan jual beli secara online telah difasilitasi tools penunjangnya. Aktifitas-aktifitas tersebut dikenal dengan istilah digital marketing.
Digital marketing merupakan aktifitas pemasaran digital yang dilakukan di internet. Baik itu dengan menggunakan sosial media, blog ataupun website. Dengan adanya platform tersebut semakin mempermudah dan mempercepat orang untuk melakukan jual beli secara luas. Interaksi yang tidak terbatas oleh waktu, tempat ataupun yang lainnya.
Adapun tujuan dari digital marketing yaitu mempromosikan brand sendiri, membangun circle penjualan, meningkatkan traffic pengunjung dan menarik minat dan pelanggan baru. Manfaatnya pun banyak sekali. Mulai dari mendorong perkembangan bisnis, diskusi dan komunikasi yang real time, membangun personal branding.
Dengan adanya digital marketing pola hidup masyarakat ikut berubah. Yang semula belanja secara offline kini bisa belanja secara online di manapun dan dalam kondisi apapun. Pembayarannya pun dapat dilakukan secara online. Ini tentu menjadi terobosan yang sangat besar bagi para pelaku bisnis.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H