kesehatan di Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau. Keberadaannya sangat penting, mengingat Puskesmas Dabo yang sebelumnya melayani masyarakat Kecamatan Singkep mengalami peningkatan status menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dabo. Proses transisi ini mengharuskan dibentuknya Puskesmas Dabo Lama sebagai pengganti untuk mengisi kekosongan dalam pelayanan kesehatan tingkat pertama bagi masyarakat di wilayah tersebut. Puskesmas ini berdiri pada tahun 2010, bertepatan dengan RSUD yang mendapatkan nomor registrasi dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia, menandai awal baru dalam pelayanan kesehatan di daerah itu.
Puskesmas Dabo Lama merupakan salah satu tonggak penting dalam pelayananAwal Pendirian Puskesmas Dabo Lama
Berdiri dengan misi untuk menyediakan layanan kesehatan yang memadai bagi masyarakat, Puskesmas Dabo Lama berlokasi di kelurahan Dabo Lama, dalam waktu singkat, Puskesmas ini mulai beroperasi dan memberikan layanan kepada masyarakat di seluruh Kecamatan Singkep, mulai dari Pulau Berhala di selatan hingga Desa Pelakak di utara,  dan di  wilayah terjauh melalui jalur darat, yaitu Desa Resang, dengan lokasi yang strategis, Puskesmas Dabo Lama mampu menjangkau banyak pasien yang sebelumnya kesulitan mendapatkan akses layanan kesehatan.
Layanan yang diberikan tidak hanya terbatas pada pelayanan dalam gedung, tetapi juga mencakup pelayanan di luar gedung, selaras dengan visi Departemen Kesehatan saat itu yang dikenal sebagai Indonesia Sehat 2010, di bawah program ini, petugas kesehatan Puskesmas Dabo Lama berupaya menggapai masyarakat yang berada di daerah terpencil dengan membentuk tim kesehatan yang terdiri dari dokter dan tenaga kesehatan lainnya, Program unggulan ini sangat krusial, terutama dalam membuka akses bagi masyarakat di desa-desa yang sebelumnya belum pernah memiliki kontak langsung dengan dokter spesialis.
Transformasi Menuju Pelayanan Kesehatan yang Berkualitas
Seiring berjalannya waktu dan pergeseran fokus pada peningkatan mutu layanan, pada tahun 2014, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meluncurkan Direktorat Mutu, yang memiliki program unggulan berupa akreditasi Puskesmas. Puskesmas Dabo Lama tidak menyia-nyiakan kesempatan ini , Â mereka berkomitmen untuk mengikuti program akreditasi guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi masyarakat.
Proses persiapan yang matang dilakukan untuk memenuhi standar akreditasi yang ditetapkan. Puskesmas Dabo Lama melakukan  survei akreditasi yang pertama dengan penuh semangat, dan hasilnya menunjukkan keberhasilan yang membanggakan. Pada tahun 2018, Puskesmas Dabo Lama mendapatkan predikat madya dalam survei akreditasi tersebut, yang menandakan telah berhasil bertransformasi dan sejajar dengan puskesmas lain di seluruh Indonesia. Predikat ini menjadi dorongan bagi seluruh tenaga kesehatan dan manajemen Puskesmas Dabo Lama untuk terus berusaha meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Menghadapi Tantangan di Masa Pandemi
Kehadiran Puskesmas Dabo Lama menjadi semakin penting ketika dunia dihadapkan pada pandemi COVID-19 yang melanda pada tahun 2020. Dalam kondisi yang sangat menantang ini, Puskesmas Dabo Lama menjadi tumpuan harapan bagi masyarakat Dabo Singkep dan sekitarnya dalam menangani penanggulangan COVID-19, dimulai  dengan melakukan pencegahan di pintu masuk, seperti di bandara dan pelabuhan, puskesmas juga bertanggung jawab atas tracing (pelacakan) kontak erat, isolasi pasien, hingga pengobatan, dengan personel yang terbatas di Puskesmas Dabo Lama harus bekerja keras dan beradaptasi dengan situasi selama pandemi, mereka bertanggung jawab, tidak hanya untuk pelayanan kesehatan sehari-hari, tetapi juga untuk program isolasi mandiri dan terpusat, serta pelaporan harian kepada gugus tugas COVID-19. Perjuangan dan dedikasi tim medis di Puskesmas Dabo Lama patut diapresiasi, mengingat mereka berada di garis depan dalam upaya menjaga kesehatan masyarakat di tengah wabah.
Meski banyak tantangan, tanda-tanda perbaikan mulai tampak ketika pemerintah meluncurkan program vaksinasi COVID-19. Melalui kerja keras dan kerjasama semua pihak, kasus COVID-19 mulai menurun, dan situasi masyarakat  kembali aktivitas mereka secara normal. Keberhasilan ini menunjukkan kedekatan antara puskesmas dan masyarakat serta betapa pentingnya keberadaan Puskesmas Dabo Lama dalam menanggulangi krisis kesehatan.
Reakreditasi dan Peningkatan Mutu Layanan