Mohon tunggu...
Yahya Farida
Yahya Farida Mohon Tunggu... -

yahya farida|surakarta|mahasiswi

Selanjutnya

Tutup

Catatan

cara mudah menghafal ayat-ayat dalam al-qur'an

22 September 2014   17:39 Diperbarui: 17 Juni 2015   23:57 39
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

pernah ada yang kesulitan nggak sih dalam menghafal ayat-ayat al-qur'an?sering kebingungan nyari cara ampuh buat menghafal ayat-ayat al-qur'an?anda termasuk orang awam yang dituntut lembaga sekolah untuk menghafal potongan ayat dalam al-qur'an? sedikit sharing aja nih, pertama kali aku mondok itu sma. di pondok dituntut untuk dapat menghafal juz 30 dan surat-surat penting (ssp). saya bingung gimana mulainya,tapi saya langsung nyerah gitu aja sih:D. sy coba jam 8 malem udah tidur,jam 2 saya bangun.saya wudhu,sholat,kemudian mulai membaca ayat yang akan saya hafalkan. saya baca berulang-ulang,saya hafalin ayat per ayat. susah diawal memang,tapi nikmat banget ketika udah berhasil ngehafalin surahnya.berikut rik yg saya punya buat ngehafal ayat al-qur'an :


  1. wudhu (biar adem lahir batin)
  2. baca cari tempat yang menurut anda nyamaan sekali untuk anda dan hafalan anda
  3. baca berulang-ulang (minimal20x) yaa ibarat kita hafal nama temen kita karna kita sering ketemu.begitu juga dg ayat al-qur'an.kita kenal dulu,akrab,lalu kita jadi hafal.
  4. gunakan imajinasi anda untuk berkhayal tentang ayat al-qur'an dengan nama benda/orang disekitar anda.(akan membuat anda lebih gampang ingat)
  5. sebelum tidur,hafalin sebisanya.saat qiyamul lail,mulai di lanyahin (menghafal dengan lebih lancar)
  6. kalo udah hafal,jangan langsung dibiarin gitu aja hafalannya.tapi rajin-rajin lah di semak terus.
  7. jauhi rasa sombong karna kesombongan itu bukan sifat al-qur'an.
  8. diamalkan


i think enough guys :D semoga bermanfaat buat kalian semua yaa.. jangan berhenti membaca al-qur'an meskipun hanya 1 ayat dalam sehari.bisa baca huruf alif aja udah dijamin masuk surga,apalagi kita yg mau membaca 1 ayat  sampai ngehafalin+di amalin (surga sudah melambai-lambai pada kalian tuh :)).seeeeyouuuuuuuu guyss~

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun