Mohon tunggu...
YAHYA ADI
YAHYA ADI Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Seorang mahasiswa pendidikan teknik yang memiliki ketertarikan tinggi dalam bidang pemesinan dan energi terbarukan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ceritaku Magang di PT Industri Kereta Api Persero: Menyelami Dunia Perkeretaapian Saat Menjadi Mahasiswa Teknik Mesin

6 Januari 2024   21:06 Diperbarui: 6 Januari 2024   21:19 102
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Halo saya Yahya Adi Kusuma, seorang mahasiswa dari Universitas Pendidikan Indonesia. Disini saya ingin bercerita mengenai kegiatan Kampus Merdeka Batch 3 yang saya ikuti pada saat itu, dimula dari saya yang diberikan kesempatan untuk magang disalah satu perusahaan BUMN ternama di Indonesia tepatnya PT Industri Kereta Api (INKA) Persero.

Menurut saya magang merupakan salah satu langkah awal yang penting dalam karier seorang mahasiswa sehingga saya sangat bangga sekali dengan kesempatan yang dapat saya raih tersebut. Dalam artikel yang saya tulis ini saya akan bercerita mengenai perjalanan magang saya sebagai peserta Magang Kampus Merdeka, serta perjalanan di beberapa job desc yang saya kerjakan, antara lain menjadi seorang Engineering, Desain Mekanik, Quality Control Electric, Assembly Wiring, dan Perancang Pintu Kereta.

Pada MSIB Batch 3, mahasiswa memiliki kesempatan untuk terjun langsung ke dunia industri kereta api, hal ini didasarkan karena INKA sendiri membuka lowongan pada laman Kampus Merdeka untuk memberikan kesempatan pada mahasiswa terpilih agar merasakan dunia kerja yang sesungguhnya. Tujuannya yaitu selaras dengan kurikulum yang terstruktur seperti di kampus, dengan harapan dapat memahami dan mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah dalam lingkungan kerja yang nyata.

Divisi Engineering di INKA menjadi lompatan awal bagi saya sebagai peserta magang MSIB Batch 3. Di sini, saya tidak hanya berinteraksi dengan teori-teori dari buku, tetapi juga terlibat langsung dalam proses perancangan dan pengembangan produk kereta api. Pemahaman mendalam tentang teknologi terkini dan aplikasinya dalam dunia perkeretaapian menjadi nilai tambah utama dari pengalaman yang membanggakan ini.

Selain mendapat job desc menjadi seorang engineer saya juga diberikan kesempatan untuk menjadi Desain Mekanik. Desain Mekanik ini adalah tempat yang tepat menurut saya untuk mengembangkan ketertarikan saya pada Autocad, Inventor, dan Solidwork. Melalui magang ini, saya dapat merasakan tantangan merancang komponen mekanik yang tidak hanya efisien tetapi juga estetis. Inovasi dan ketelitian menjadi kunci utama dalam memastikan setiap bagian dapat berfungsi secara optimal.

Menjaga Standar Kualitas Tinggi terhadap produk adalah tugas dari seorang Quality Control, lagi lagi saya juga diberikan kesempatan mempelajari ranah Quality Control Electric di INKA ini, Quality Control memiliki peran krusial dalam memastikan setiap aspek listrik pada kereta api memenuhi standar kualitas tinggi. Melalui magang ini, saya dapat memahami betapa pentingnya pengendalian kualitas untuk mencegah kerusakan dan memastikan keamanan penggunaan.

Setelah diberikan kesempatan menjadi seorang Quality Control saya juga diberikan job desc untuk Assembly Wiring dan terlibat langsung dalam proses perakitan kabel dan sistem listrik kereta. Presisi dan ketelitian menjadi kunci utama dalam memastikan setiap komponen terhubung dengan benar, agar menghasilkan kereta yang andal dan efisien.

Tentunya tidak berhenti belajar itu saja, saya juga ditugaskan langsung sebagai perancang pintu kereta untuk Kereta Cepat Merah Putih yang sedang dikembangkan. Job desc ini menjadi tantangan yang menarik bagi saya, karena perancangan pintu yang saya buat harus memperhatikan aspek ergonomis dan keamanan setiap detail, guna memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi penumpang.

Untuk itu saya ucapkan terimakasih banyak kepada Kemendikbud yang telah menciptakan program Kampus Merdeka ini, karena kegiatan ini telah memberikan banyak kesempatan yang sangat bermanfaat bagi saya dan teman teman lainnya sebagai seorang mahasiswa untuk bisa merasakan lingkungan dunia kerja.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun