Mohon tunggu...
Azzah
Azzah Mohon Tunggu... Lainnya - pelajar

aku suka kucing miaw miaw

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Biografi Komikus Horror "Junji Ito"

6 Juni 2024   13:48 Diperbarui: 6 Juni 2024   13:58 71
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ujian Praktek bahasa indonesia " menulis biografi seseorang "

Nama : Junji ito

ttl : Gifu , jepang 31 juli 1963

pekerjaan : penulis , seniman manga

Junji ito adalah mangaka horror yang saat ini sangat di minati oleh para penyuka manga horror, seni nya yang sangat realistis dan membuat merinding membuat karya junji ito sangat di sukai, karakter nya yang paling terkenal adalah 'Tomie,' 'Uzumaki,' dan 'Gyo.' Karakternya terinspirasi oleh pengalaman masa kecilnya. Misalnya, 'Tomie', gadis abadi, terinspirasi oleh teman sekelasnya yang meninggal secara tragis, sedangkan 'Gyo' terinspirasi oleh kisah perang yang diceritakan orang tuanya. Karier Ito dimulai ketika sebuah majalah populer mengangkat 'Tomie' sebagai serial fitur. Selanjutnya, karakter tersebut diadaptasi menjadi serangkaian film. Peran tersebut juga membuat Ito mendapatkan penghargaan pertama dalam karirnya.  

manga yang paling populer yakni " tomie " pernah menjadi inspirasi film "girls from nowhere" yang saat ini di sukai oleh para penikmat film misteri, di dalam manga " tomie " sosok tersebut adalah wanita cantik yang immortal atau tidak bisa mati, semakin tomie di bunuh, jumlah tomie akan bertambah banyak.

Berkat karya-karyanya yang keren, Junji Ito pun sudah kenyang dengan banyak penghargaan. Sebagai contoh, versi adaptasi dari manga Frankeinstein, Remina, dan Venus in the Blind Spot telah mendapatkan penghargan Eisner Award pada 2019 dan 2021. Uzumaki juga mendapatkan nominasi pada ajang penghargaan yang sama pada 2003 dan 2009. FYI aja nih, Eisner Award adalah penghargaan paling bergengsi dalam dunia komik dari Amerika Serikat, Millens. 

illustrasi tomie
illustrasi tomie

alasan saya menulis biodata junji ito adalah : 

karena saya sangat suka membaca komik horror, dan komik junji ito adalah komik horror yang art nya paling bagus menurut saya, selain itu juga sangat realistis, bukan hanya saya yang menyukai komik junji ito, setelah saya membawa komik itu ke sekolah, teman teman saya pun juga sangat menyukai junji ito, saya harap suatu saat nanti saya bisa menggambar sebagus junji ito.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun