Mohon tunggu...
Sujana
Sujana Mohon Tunggu... Administrasi - Simplicity

Dalam pusaran pengamatan, pengendapan, dan penuangan kembali.

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Pengalaman Naik Pesawat Tarifnya Rp. 10 Ribu Tahun 2012

16 Januari 2015   20:19 Diperbarui: 17 Juni 2015   13:00 152
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
14213881881026642621

Tahun 2012 menjadi masa dimana saya paling banyak melakukan perjalanan udara. Ini tak lepas dari usaha perburuan tiket promo yang saya lakukan sejak setahun sebelumnya (23 Mei, 12 Juli, dan 20 September 2011).Salah satu dari hasil perburuan saya adalah penerbangan AirAsia Yogyakarta (Jogja) – Jakarta 6 Maret 2012 dengan tiket seharga Rp. 10 ribu. Harganya memang benar-benar Rp. 10 ribu karena pada masa itu AirAsia belum memberlakukan pemisahan komponen biaya bagasi minimal. Tentu saja saya masih tetap harus membayar airport tax di luar harga itu. Inilah rincian biaya Rp. 10 ribu yang harus saya bayar:

[caption id="attachment_346583" align="alignnone" width="555" caption="Naik Pesawat Cukup Rp. 10 Ribu Saja"][/caption]

Berikut adalah sebagian dari tiket promo AirAsia yang saya dapatkan dalam proses perburuan 2011:


  • Jakarta–Jogja Rp. 10.000 untuk penerbangan 2 Juni 2012.
  • Jakarta – Jogja Rp. 30.000 untuk penerbangan 3 dan 31 Maret 2012
  • Jakarta – Jogja pp Rp. 60.000 untuk penerbangan 28-29 April 2012
  • Jakarta – Jogja pp Rp. 90.000 untuk penerbangan 11-13 Desember 2011
  • Jogja – Jakarta Rp. 10.000 untuk penerbangan 6 Maret 2012
  • Jogja – Jakarta Rp. 30.000 untuk penerbangan 3 Juni 2012

Ajaib memang. Ada harga tiket yang lebih murah ketimbang ongkos Bus Damri Bandara atau airport tax. Saking murahnya dan saking lama jarak waktu antara pemesanan tiket dan jadwal penerbangan, ada dua tiket yang batal dipakai gara-gara lupa. Pada saat hari H ( 2 – 3 Juni 2012) saya benar-benar tidak ingat kalau ada agenda terbang Jakarta – Jogja pp di hari itu. Menyesalkah? Tidak juga, karena kalau saya jalani, saya malah harus keluar ongkos transport ke bandara dan airport tax yang jumlah jauh berlipat-lipat dari harga tiketnya. Boleh jadi ini menjadi jawaban sugestif untuk menghibur diri atas kelalaian saya.

Perburuan tiket promo memang benar-benar memacu adrenalin dan menguji kesabaran. Setengah jam sebelum pembukaan promo, saya sudah mulai ambil posisi duduk siaga untuk mengakses dan mencermati website AirAsia. Begitu periode promo dibuka, jangan harap kita bisa langsung masuk ke websitenya. Yang terjadi adalah gambar kumbang beterbangan bermenit-menit di layar komputer sekaligus pemberitahuan bahwa kita tengah berada dalam antrian. Rupanya orang beramai-ramai dalam waktu bersamaan juga tengah mengakses situs dimaksud untuk tujuan yang sama: beburu tiket promo. Kita benar-benar serasa dalam suasana berebut. Di titik ini kita bisa frustasi karena bisa butuh waktu berjam-jam hanya untuk dapat masuk ke menu awal, yaitu pencarian jadwal penerbangan. Makin susah karena harga tiket murah tidak ada di semua jadwal penerbangan. Bagi saya juga makin susah karena saya membidik tiket promo di jadwal terbang hari libur atau akhir pekan. Giliran kita sudahmendapatkan jadwal dan harga yang cocok dan hendak berlanjut ke menu pembelian, ternyata orang lain sudah lebih dahulu melakukan eksekusi sehingga tiket promonya sudah tidak muncul lagi. Begitulah pengalaman jatuh bangun di tengah malam buta dalam kancah perburuan tiket promo di tahun 2011.

Sepertinya pengalaman perburuan di atas sudah tidak akan terulang kembali, terlebih setelah kejadian kecelakaan AirAsia QZ8501 Surabaya-Singapura. Maka jadilah tahun 2012 menjadi masa panen menikmati penerbangan murah dalam perjalanan hidup saya. Apakah tahun-tahun ke depan akan berganti menjadi masa paceklik terbang? Kita lihat saja nanti perkembangannya.


Catatan: Tulisan ini terdapat juga di sini.

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun