Pendidikan harus menjadi sarana strategis untuk mengembangkan seluruh potensi guna mencapai tujuan menghasilkan manusia Indonesia seutuhnya. Lembaga Pendidikan berperan penting dalam mendukung upaya pemerintah untuk menghasilkan Pendidikan yang bermutu dan berdaya guna, menghasilkan Pendidi-mutiara talenta yang produktif, kreatif dan berdaya saing. Tapi Sayang sekali institusi ini masih menghadapi proses Pendidikan yang kurang berkualitas. C
ara lain untuk meningkatkan efektivitas dan kualitas Pendidikan adalah pemanfaatan teknologi informasi dalam Pendidikan. Terdapat fakta bahwa di negara modern informasi yang disajikan oleh Pendidik yang terhubung dengan internet sebagai media utama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap proses Pendidikan. Menggunakan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas dan efektivitas Pendidikan mencakup bidang-bidang seperti Pendidikan manajemen informasi, e-learning, media pembelajaran dan kecakapan hidup.
Dalam pembukan UUD 1945 terdapat tujuan bangsa yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan di dalam pasal 28B Ayat (1) bahwa setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendpatkan Pendidikan dan mendapatkan manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan umat manusia dan Pasal 31 ayat (1) bahwa setiap warga negara berhak mendapatkan Pendidikan
Didalam isi pebukaan UUD 1945 dan beberapa pasal mengenai Pendidikan,endidi Pendidikan memiliki peran yang prnting untuk membantu tugas pemerintah dalam hal penyelenggaraan Pendidikan dan menghasilkan SDA yang unggul dan mempunyai daya saing dengan bangsa lain. Namun kenyataannya Pendidikan di Indonesia masih masih sangat rendah Hal ini diperkuat dengan laporan penelitian yang dirilis oleh programme for international student endidikan  (PISA) pada selasa (3/12) di Paris,menempatkan Indonesia di peringkat 72 dari 77 negara. Dengan demikian upaya untuk menciptakan SDA yang unggul dan mampu bersaing belum berjalan sesuai yang diharapkan
Untuk mengurangi permasalahan  kualitas Pendidikan dinegara kita  salah satu caranya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan teknologi komunikasi dalam peningkatan proses belajar mengajar. Mengapa demikian? Karena negara negara maju di dunia menggunakan cara tersebut didalam proses belajar mengajar di sekolah seperti di Kanada banyak sekolah yang menggunakan teknologi computer untuk menunjang proses belajar mengajar. Teknologi informasi dan komunikasi merupakan kunci untuk kemajuan Pendidikan di Indonesia
PENGERTIAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
Definisi teknologi informasi dikemukakan oleh Nina W. Syam (2004). Menurutnya, teknologi informasi dapat diartikan sebagai pengetahuan yang diperlukan untuk mengelola informasi agar dapat dilacak dengan mudah dan akurat. Ada penyimpanan dan pengelolaan informasi yang efektif.
Komputasi bagi dunia pendidikan sudah menjadi standar sekaligus sarana untuk menyebarluaskan program pendidikan. Peran teknologi informasi dan komunikasi adalah untuk mengumpulkan informasi tentang kesehatan, hiburan, hobi, spiritualitas dan kemudian profesi seperti sains, teknologi, perdagangan, berita, bisnis, dll..
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi dan komunikasi dapat dianggap sebagai ilmu yang sangat diperlukan untuk mengelola informasi, membantu pencarian informasi dengan mudah, dan memfasilitasi keberadaan manusia
MODERNISASI TEKNOLOGI INFORMASI
Modernisasi adalah perubahan masyarakat yang bergerak dari keadaan tradisional menuju masyarakat modern. pengertian menurut ahli:
A. Menurut Soerjono Soekanto, modernisasi merupakan salah satu bentuk transformasi sosial berdasarkan suatu perencanaan, yang biasa disebut perencanaan sosial..