Prolog
 Veteran gamer PC (Personal Computer) seharusnya sudah akrab dengan franchise X-COM yang muncul pada tahun 90an. X-COM sendiri adalah sebuah Video Game bergenre strategi dimana pemain mengontrol X-COM, organisasi "elit" milik pemerintah yang bertugas untuk melawan alien yang menginvasi bumi.
 Saya pribadi baru mengenal franchise ini melalui versi reboot yaitu "XCOM : Enemy Unknown" yang dirilis pada tahun 2012 dan berhasil meraih banyak penghargaan sekaligus kembali menghidupkan kembali genre turn-based strategy pada PC yang dianggap "mati" pada waktu itu. Pada game ini para pemain memerankan pemimpin XCOM yang disebut "Commander" (meskipun tidak pernah turun langsung ke medan perang XD) dalam melawan para alien.
 Saya pribadi menganggap jika XCOM adalah organisasi "TERMISKIN" yang pernah ada karena sepanjang permainan pemain dipaksa untuk mencari dukungan dari berbagai negara guna mendapat "gaji bulanan" yang bisa digunakan untuk memperkuat pasukan XCOM, belum lagi XCOM juga minim staff yang (lagi-lagi) membuat pemain harus berkeliling dunia untuk mengumpulkan staff sekaligus prajurit. Jika kekurangan dana pemain dapat mengunjungi "Black Market" untuk menjual beberapa barang yang pemain "curi" dari para alien (termasuk mayat mereka)!!!, beginikah cara pemerintah memperlakukan organisasi yang bertugas untuk melindungi planet ini ???
 Sisi positif terbaik dari XCOM adalah dalam game ini pemain dituntut untuk SANGAT SANGAT SANGAT teliti sekaligus waspada dalam menjaga hidup tiap prajurit yang diturunkan dalam medan perang karena kematian dalam game ini bersifat PERMANEN!!! (bahkan luka sedikit saja dapat membuat para prajurit ini tidak bisa digunakan untuk beberapa waktu).
 Tahun 2016 muncul sequel game ini dengan judul XCOM 2 beserta expansion "War Of The Chosen" pada tahun 2017, XCOM 2 banyak memperbaiki/meningkatkan berbagai hal sehingga layak untuk disebut sebagai sequel yang mantap!!!
Gameplay Overview
 Dalam XCOM 2, pemain kembali harus berkeliling dunia untuk mencari berbagai dukungan guna menghentikan aksi para alien yang sudah menguasai bumi, perbedaannya kali ini adalah XCOM adalah organisasi pemberontak karena dianggap gagal dalam menjalankan tugas mereka pada ending "XCOM : Enemy Unknown" sehingga membuat aksi "mengemis-ngemis" meminta dana kali ini terlihat lebih logis ketimbang pendahulunya XD.
 2 mata uang dalam adalah resource dan intel (sangat penting menjelang akhir game) dan ditambah beberapa material yang didapat dari para alien, semua ini digunakan untuk melakukan riset sekaligus membeli perlengkapan baru bagi para prajurit.
 Dari segi gameplay sendiri tidak mengalami perubahan drastis karena memang tidak ada yang perlu untuk diubah, hanya saja kali ini pertempuran terlihat lebih kompleks dan cepat (karena kali ini pemain dituntut untuk menyelesaikan misi dengan cepat). Pembagian peran para prajurit yang ada terlihat lebih baik karena masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.
 Salah satu fitur "fun" yang sayangnya jarang saya gunakan adalah kemampuan untuk membuat poster "propaganda" yang tidak memiliki fungsi lain dalam permainan selain untuk ajang "iseng-iseng" saja XD.