Mohon tunggu...
Tutut Wibowo
Tutut Wibowo Mohon Tunggu... -

Entrepreneur | Dreamer | Creative Designer | Writter

Selanjutnya

Tutup

Money

10 Tips Membuat Branding Berhasil ( infographic )

28 Juni 2013   10:52 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:18 650
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1.Put your costumers first

Coba perhatikan apa yang pelanggan anda butuhkan dan bagaimana cara mereka berpikir. Apa yang akhirnya membuat mereka memutuskan untuk membeli produk atau jasa yang anda butuhkan. Perlukah mereka membeli produk Anda?

2.Brand Identity

Buatlah diferensiasi yang mencolok sehingga anda terlihat berbeda dengan kompetitor yang lainnya. Misalnya, Anda membuat kantong kresek yang Go Green. Nilai yang Anda angkat melalui promosi Go Green akan menarik pelanggan dari segmentasi tertentu yang kemungkinan akan menjadi pelanggan tetap produk Anda.

3.Positioning

Positioning adalah apa yang ada di benak konsumen saat pertama kali mereka menyebutkan suatu produk. Misalnya, mie instant apa yang terpikir pertama kali di benak kita. Indomie! Bank? BCA. Pasta gigi? Pepsodent. Nah, seperti itulah positioning.

4.Keep it simple

Buat nama brand yang mudah diingat, mudah disebutkan, sederhana dan konsisten. Sekali memilih, gunakanlah terus menerus. Jangan sesekali merubah nama produk dalam waktu yang singkat. Hal itu membuat konsumen kesulitan untuk mengenali produk kita.

5.Involve all staff

Libatkan semua staff saat pembuatan branding. Branding dimulai dari proses produksi, pengemasan, hingga pemasaran. Semuanya merupakan kesatuan dan tidak dapat dipisahkan. Ingat, branding bukan hanya tugas pemasar saja. Tapi, seluruh pihak di dalam perusahaan

6.Develop a brand plan

Buatlah sebuah perencanaan kampanye brand. Sebuah brand yang terencana membuat brand tersebut tetap kokoh, tahan lama, dan tahan banting dari segala serangan kompetitor.

7.Consistency

Lakukan proses branding secara konsisten. Jangan pakai cara grup tempo. Hari ini buka, besoknya tutup. Konsumen yang dikecewakan dengan konsistensi akan mudah pindah ke toko sebelah.

8.Different media

Gunakan beberapa media sekaligus. Rata-rata orang closing setelah mendapatkan info dari 7 media berbeda dengan cara yang berbeda. Koran, banner, internet, twitter, facebook, bbm, brosur, spanduk, radio, website, billboard dan sebagainya.

9.Review

Lakukan tes ukur terhadap semua kegiatan branding yang telah dilakukan. Review dan revisi yang baik sanggup menghindarkan kita dari kerugian yang besar di masa depan.

10.Involve the proffesionals

Ketika brand sudah mulai naik. Libatkan juga tim profesional ke dalam tim Anda. Memperkerjakan profesional agency akan membantu brand Anda tetap aman di masa depan.

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun