Belajar musik memang perlu ditanamkan sejak usia dini, sejak anak usia SD hendaknya anak sudah dikenalkan dan diajarkan tentang musik. Pengajaran musik di sekolah dasar merupakan salah satu komponen pengajaran yang secara terintegrasi mendukung tercapainya pengembangan pribadi manusia Indonesia seutuhnya. Pembelajaran musik di SD mempunyai tujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi rasa keindahan yang dimiliki oleh siswa melalui pengalaman dan penghayatan musik.
Untuk dapat melaksanakan pembelajaran musik di SD, sebaiknya guru memperhatikan metode-metode yang tepat untuk mengajarkan materi musik. Metode pembelajaran merupakan cara yang digunakan untuk belajar musik agar mencapai tujuan pembelajaran musik. Metode yang tepat, akan membuat pembelajaran dalam musik dapat mencapai keberhasilan. Untuk mengajarkan materi musik, guru juga harus memperhatikan sarana dan media musik untuk membantu dan memudahkan guru dan siswa dalam kegiatan belajar musik melalui pengalaman musik.
Pembelajaran musik harus dilakukan melalui pengalaman musik. Pengalaman musik tersebut memberikan kesempatan kepada anak untuk terlibat secara langsung dan praktis dalam kegiatan musik, sehingga anak dapat memperoleh pengetahuan, pemahaman, keterampilan secara praktis dan bermakna pada anak. Pengalaman musik dalam kegiatan musik dapat meliputi berbagai kegiatan yaitu mendengarkan musik, bernyanyi, bermain musik, bergerak mengikuti musik, membaca musik, dan kreativitas musik.
Dalam melakukan kegiatan pengalaman musik, tentunya diperlukan lagu model sebagai bahan dalam kegiatan pengalaman musik. Untuk memilih lagu model, perlu memperhatikan persyaratan-persyaratan lagu model agar kegiatan pembelajaran musik dapat berjalan dengan lancar yaitu lagu harus disukai anak, disukai guru, mengandung kajian yang dipelajari, dan sesuai dengan tingkat perkembangan dan kecakapan anak.
Hal yang paling penting dalam pembelajaran musik di SD adalah perencanaan pembelajaran, sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran guru harus sudah merancang dan membuat rencana pembelajarn musik supaya dalam pelaksanaannya guru dapat membelajarkan musik dengan maksimal sehingga dapat tercapai keberhasilan belajar sesuai dengan tujuan peembelajaran. Setelah rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan, guru juga harus melakukan evaluasi musik kepada siswa untuk dapat mengetahui sejauh mana siswa mampu menguasai musik.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H