Pendidikan musik itu sangat luas, musik itu sendiri mempunyai unsur-unsur.
Horrison (1983: 17-20) menyatakan unsure musik yang sesuai untuk dikembangkan pada anak usia sekolah dasar, yaitu:
1.Konsep irama
Irama merupakan kesatuan yang tak terpisahkan dengan melodi, harmoni, dan juga sebagai sesuatu faktor ekspresi melalui penggunaan tubuh dan berkenaan dengan instrument perkusi. Pengembangannya meliputi: beat (gerak), irama melodi, aksen gerak (accented beat), durasi (panjang, pendek, rata, tidak rata), pola (repetisi dan kontras), irama (dobel, triple), pembagian tekanan (bagian sama, tidak sama).
Birama; Biner sederhana : 2/1, 2/2, 2/4, 2/8
Biner susun: 4/1, 4/2, 4/4, 4/8
Ternair sederhana: 3/1, 3/2, 3/4
Ternair susun: 6/2, 6/4, 6/8, 9/2, 9/4, 9/8, 12/16
Menyimpang: 5/4 (3/4 + 2/4)
7/4 (3/4 + 4/4)
Pola irama: rata, tidak rata, sinkop, dll.
2.Melodi
Melodi digunakan sebagai sarana untuk nyanyian dan bagian instrument, tetapi juga difokuskan untuk materi musik yang dapat didengar. Pengembangannya meliputi; petunjuk (naik, turun, kembali), nada (tinggi, rendah, tengah), Tahap (secaraurut, loncat, tetap sama), pola (pengulangan dan kontras), pentatonik, nada (mayor, minor, dan yang lain), kadens.
Tinggi nada: tinggi rendah nada
Tangga nada: diatonis, kromatis, mayor, minor
Gerak nada: melangkah, melompat di tempat
Arah gerak: naik, turun, datar
3.Harmoni
Harmoni dibuat bersama-sama secara vokal dan instrumental. Pengembangannya meliputi: suara (tunggal, paduan), melodi dengan iringan, ostinato, pentatonik, diskan, mayor, minor, akord, pola lagu (tunggal, dua bagian, liga/tenair), sajijan (monofon, polifon)
Kadens: sempurna, tidak sempurna, dll
Akor: trinada, empat nada, susunan tiga nada
Interval: konsonan, disonan
Tekstur: monofoni, homofoni, polifoni
Semoga apa yang saya tuliskan ini, dapat bermanfaat untuk pembaca semua……….
Amiennnnnn…………
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H