Bagi orang tua dalam hal mendidik anak dengan penuh cinta dan kekaguman sewajarnya mengetahui apa yang dinamakan Sensitifitas Pembelajaran, dikarenakan setiap anak memiliki keunikan masing-masing, kita tidak bisa menyeragamkan cara memberi pembelajaran kepada sianak.
Ada anak yang memiliki RESPON TINGGI dan ada pula yang memiliki KETELIIAN TINGGI
Cirri-ciri Respon Tinggi: sianak cepat berminat pada sesuatu yang baru, cepat jenuh atau bosan, kurang bisa berkonsentrasi untuk suatu hal dalam jangka waktu yang lama, hingga hanya berfokus pada inti permasalahan. Kelebihan anak yang memiliki respon tinggi adalah sianak lebih cepat menguasai inti persoalan yang ada jika di bandingan dengan anak yang memiliki kepekaan ketelitian tinggi, kekurangannya adalaha hasil yang didapatkan tidak sebagus anak yang memiliki ketelitaian tinggi.
Cirri anak seperti ini akan terlihat sangat kritis, dimana rasa keingin tahuannya akan hal-hal baru , lebih sering bertanya walaupun hanya sekilas, jangan heran jika didalam kelas saat dia bersekolah nantisering mendapat teguran yang disebabkan expresi kebosanan dan kejenuhan itu mulai muncul. Dalam menghadapi tipe anak seperti ini pihak orang tua ada baiknya tim pengajar harus tetap berinovasi dalam cara menyajikan mata pelajaran agar sianak tidak cepat merasa bosan
Ciri-ciri Ketelitian Tinggi: menekuni segala sesuatu secara teliti dengan saksama berdasarkan prosudur yang ada, berfokus pada detail, dan dapat berkonsentrasi dalam jangka waktu yang cukup lama. Kelebihan anak seperti ini adalah sangat kecil membuat kesalahan disebabkan selalu menggunakan pertimbangan yang cukup matang dalam mengerjakan sesuatu misalnya dalam mengerjakan soal-soal ujian disekolah, kekurangannya adalah sianak terkesan lamban dalam mengerjakan sesuatu, waktu yang di butuhkan cukup lama jika dibandingkan anak yang cenderung memiliki kepekaan respon tinggi pada saat menerima pelajaran.
Ciri anak seperti ini akan memperlihatkan tingkah laku yang lebih kalem, karakter ketelitiannya sangat luar biasa karena tidak ada rasa bosan dalam dirinya dalam melakukan sesuatu aktifitas, semuanya di lakoni berdasarkan prosuder dan menditail hingga tidak ada satu bagianpun yang terlewatkan.
KEPEKAAN TERHADAP TINDAKAN
Ada dua prilaku dalam hal ini, yang cenderung ditunjukan oleh sianak
Ada anak yang menunjukan ANALISA TINGGI , dan ada anak yang cenderung menunjukan EKSEKUSI TINGGI
Ciri-ciri anak beranalisa tinggi: lebih sering mengunakan pertimbangan dalam melaksanakan semua aktifitasnya, agresifnya rendah, dapat dikatakan prilaku anak dengan kepekaan analisa ini hamper sama dengan prilaku yang ditunjukan anak yang memiliki ketelitaian tinggi, prilkaku yang penuh pertimbangannya berdasarkan daya nalar kemampuan yang dimilikinya
Ciri-ciri anak dengan prilaku Eksekusi tinggi: dalam melaksanakan aktifitasnya selalu berdasarkan respon tanpa berpikir lama, agresif. Tipe anak yang seperti ini tampak terlihat selalu ceria, daya reflexnya cukup luar biasa dalam menghadapi keadaan genting dalam waktu yang sangat singkat, tapi prilaku sianak ini lebih terkesan terburu-buru dalam melakukan suatu aktifitas, yang harus diperhatikan bagi orang tua yang memiliki tipe anak seperti ini adalah, harus selalu diberi penekanan akan kelebihannya yang dapat menimbukan resiko, katakana saja pada saat mau menyeberang jalan sianakcenderung tidak begitu memperhatikan keadaan disekitarnya.