“Pendidikan bukan segala-galanya, tetapi tanpa pendidikan kita akan kehilangan segalanya.” Demikian untaian kata yang terpajang di gerbang sekolah saya. Harapannya, siapapun yang melewati gerbang itu akan membaca dan meresapi maknanya. Karena sejarah sudah memberikan banyak pelajaran akan nasib suatu bangsa yang tidak berpendidikan. Niscaya akan jadi bangsa terjajah. Terjajah secara fisik, mental bahkan spiritual.!
Melawan Lupa
Sudah 70 tahun negeri tercinta ini memproklamasikan kemerdekaannya. Selain perjuangan fisik, tentunya proklamasi itu juga diperoleh karena telah lahir dan bangkit generasi-generasi muda yang mengenal dan mengenyam pendidikan.
Di jaman Pra Kemerdekaan, begitu sulitnya bagi pemuda-pemudi Indonesia berkesempatan memperoleh pendidikan. Sekolah-sekolah yang didirikan oleh penjajah (Belanda), salah satunya di tingkat dasar adalah ELS (Europeesche Lagere School) yang hanya diperuntukkan kalangan terbatas, yakni warga Eropa, bangsawan dan Tionghoa. Rakyat jelata jelas tidak berkesempatan belajar sama sekali.
Untungnya ada RM. Soerjadi Soeryaningrat, seorang keturunan darah biru, walau mengenyam pendidikan ala kolonial namun nasionalisme tetap terjaga. Di Yogyakarta, tanggal 3 Juli 1922, beliau mendirikan Perguruan Taman Siswa yang awalnya bernama “National Onderwijs Institut Taman Siswa”. Tujuannya, mewujudkan manusia Indonesia lahir batin. Bebas dari penjajah baik secara fisik dan mental. Jalur yang dipilih adalah PENDIDIKAN!
Menjelang masa-masa kemerdekaan, semakin banyak dibuka sekolah-sekolah yang memberi kesempatan luas bagi rakyat jelata (pribumi) untuk mengenyam pendidikan. Diantaranya pendidikan di Pesantren. Termasuk pula lembaga-lembaga pendidikan yang dikelola Ormas berbasis agama maupun yayasan-yayasan yang didirikan secara mandiri oleh swasta (partikelir), baik perorangan maupun kelompok. Artinya di masa sebelum dan setelah kemerdekaan kontribusi sekolah-sekolah swasta dalam mencetak sumber daya manusia sangat besar dan tercatat dalam tinta emas dalam sejarah perkembangan pendidikan di Indonesia!
Pendidikan Setelah 70 Tahun Kemerdekaan
Begitu bangsa ini memperoleh kemerdekaannya, maka seiring waktu berdiri menjamur lembaga-lembaga pendidikan baik yang didirikan oleh pemerintah maupun swasta. Kita masih ingat saat awal Orde Baru ada namanya SD INPRES yang didirikan di hampir seluruh penjuru tanah air. Diikuti dengan berdirinya sekolah-sekolah lanjutan dan perguruan tinggi. Semuanya bertujuan sama. Memberikan kesempatan belajar dan mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang handal. Boleh dikata, saat ini hampir di seluruh pelosok tanah air sudah menikmati fasilitas layanan pendidikan, dengan banyaknya sekolah-sekolah negeri yang didirikan oleh pemerintah.
Sayangnya, saat ini di tingkat lokal/ regional, dengan menjamurnya sekolah-sekolah negeri ternyata menjadi ancaman serius bagi sekolah swasta yang nota bene sudah berdiri dan berkontribusi terlebih dahulu di daerah itu. Di media sering kita baca, sejak 5 tahun terakhir, banyak sekolah-sekolah swasta yang jumlah muridnya menurun drastis. Bahkan ada yang kolaps. Karena tidak dapat murid. Ini kebanyakan dialami sekolah lanjutan (SMA), walau tidak menutup kemungkinan juga dialami sekolah-sekolah di tingkat dasar (SD dan SMP) swasta.
Persoalan kolapsnya sekolah-sekolah swasta ini memang ada banyak sebab. Baik itu dari internal sekolah maupun eksternal. Bisa jadi karena pengelolaan sekolah yang buruk, manajemen asal-asalan, tidak berorientasi pada peningkatan mutu sehingga masyarakat pun meninggalkannya. Ini terlihat, karena sekolah-sekolah swasta yang eksis dan muridnya banyak dikelola dengan serius dengan manajemen modern.
Namun, persoalan eksternal yang paling mengancam keberadaan sekolah swasta adalah: Tiap tahun di sekolah-sekolah yang didirikan pemerintah (sekolah negeri) selalu dibangun Ruang Kelas Baru (RKB). Tiap tahun pula, kuota (pagu) penerimaan siswa baru di sekolah-sekolah tersebut selalu bertambah. Memang, jumlah peserta didik tiap tahun bertambah, namun perlu hitungan jelas agar antara siswa yang melanjutkan dan kebutuhan ruang kelas baru (RKB) benar-benar seimbang dan proporsional.