Media adalah suatu sarana yang dapat digunakan untuk menyampaikan informasi kepada publik, Media adalah semua saluran pesan yang dapat digunakan sarana komunikasi ke seseorang ke orang lain yang tidak ada dihadapanya. Media sebagai suatu wadah untuk menyampaikan pesan, informasi, teks, gambar dll dari komunikator ke komunikan secara luas.
Media Komunikasi adalah suatu media yang memberikan pesan informasi yang berupa tertulis maupun tidak tertulis contohnya media yang tertulis adalah seperti surat kabar, majalah, koran, majalah dinding, surat menyurat dari perusahan ke perusahaan lain, orang ke perusahaan, iklan melalui media cetak, media yang tidak tertulis biasanya menggunakan saluran elektronik seperti  radio, televisi serta media online (new media) misalnya email, website, ecommerce, televisi berjaringan internet, youtube, dll yang dimana pesannya dikirim secara luas.
Indonesia sendiri, perkembangan internet untuk online, kian waktu berkembang secara pesat, cepat dan selalu terbaru.Perubahan informasi kini tidak lagi dalam jangka minggu atau hari bahkan jam melainkan sudah  berada dalam skala menit bahkan detik dan ini dapat diperoleh melalui sumber informasi yang disebut internet (online).
Internet menghubungkan banyak komputer di seluruh dunia sehingga memungkinkan untuk saling bertukar pesan satu sama lain, produktif karya kreatif dan berbagi akses ke data yang ada di komputer masing-masing. Lebih jauh lagi, karena ke interaktifannya internet akan mendorong banyak lingkungan kerja terkolaborasi dengan kata lain internet akan sangat membantu dalam berbagai bidang dan pekerjaan yang di lakukan manusia.
Melalui Internet untuk online bisa membuat masyarakat atau generasi muda menjadi produktif, menjadi youtuber handal dalam media kreatif online Indonesia.
Youtube sebagai media online / daring (new media) kreatif Indonesia dan juga sebagai media produktif dalam meningkatkan kreaktifitas masyarakat luas Indonesia misalnya membuat ngevlog, review suatu produk, memberitahukan informasi mengenai pariwisata,market pasar, prank,dll menjadikan ini sebuah terobosan baru untuk meningkatkan produktif dalam berkarya masyarakat atau pada generasi muda Indonesia.
Masyarakat atau generasi muda yang sering upload videonya melalui youtube maka disebut dengan youtuber, youtuber suatu profesi baru dalam suatu industri media online televisi berjaringan Internet Indonesia sebagai bentuk kreatif online dan produktif masyarakat atau pada generasi muda untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,ekonomi nasional dan juga bentuk produktif publik di era digital media khususnya online.
Oleh karena itu terus lah berkarya di youtube dengan memberikan video yang kreatif, produktif dan juga harus bijak dalam penggunaannya serta taati peraturan hukum yang berlaku di Indonesia mana yang boleh dan mana yang tidak boleh di sebar luaskan kepada publik. Indonesia adalah Negara Pancasila dan Negara Hukum.
Penulis
R Cahyo Prabowo,S.Ikom, M.Ikom
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H