Mohon tunggu...
Puji Darmanto
Puji Darmanto Mohon Tunggu... -

SAYS AND UP !!!

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Ayo Kerja, Kurang Piknik ya?

7 September 2015   11:20 Diperbarui: 7 September 2015   11:38 94
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

 

Hi para rekan, tidak terasa ya weekend berlalu begitu saja. Gimana nih hari Seninnya ? Penuh gairah kah.. !!! :D

Bagi kebanyakan orang, hari Senin merupakan hari yang paling menakutkan. Apalagi pekerjaan dari minggu lusa yang belum terselesaikan ditambah lagi pekerjaan baru diminggu ini oleh Bos Besar yang galaknya minta ampun. Kaki yang tadinya ringan untuk berjalan jadi berat ya ? TRUE STORY. Kira-kira ada yang kepikiran buat sakit tidak ? Wkwk, itu loh kek adik-adik kita yang lagi males-malesnya buat sekolah di hari Senin. Jangan ya, bisa-bisa tunjangan kinerja bisa habis kepotong tuh.

Rutinitas pekerjaan yang gitu-gitu aja bagi sebagian orang malah menjadi hambatan dalam pencapaian kinerjanya. Apalagi bagi orang-orang yang suka sama tantangan nih. Kerja yang hanya duduk, input dan output data, bengong memandangi computer dan mondar-mandir gak jelas membuat orang-orang berjiwa petualang dan suka kebebasan ini merasa jenuh. Nah , bagaimana cara mengatasi hal tersebut ? Tenang.. Penulis ada sedikit tips nih buat bapak, ibu atau yang sejajaran. Apa tipsnya, ini dia :

  1. Ubah Design Ruang Kerja

Bagi yang biasanya menyepelekan kondisi ruang kerjanya nih harap diperhatikan ya. Ruang kerja yang tertata dengan baik akan menimbulkan kesa yang berbeda pada pikiran kita. Design ruang kerja rekan-rekan sesuai dengan mood dan apa yang para rekan senangi. Misalnya kalau kalian suka dengan keindahan alam, tata sedemikian rupa layaknya ruang kerja para rekan ini berada di alam. Para rekan bisa menambahkan aksesoris yang menarik hati sampeyan seperti rangkaian bunga segar, gambar bernuansakan pantai, gunung, bawah laut, atau tempat-tempat yang rekan-rekan sukai. Bagi rekan-rekan yang mudah bosen dengan sesuatu, usahakan mengubah tatanan benda-benda di meja kerja rekan-rekan seminggu sekali. Dengan begitu tingkat stres dan kejenuhan para rekan dapat terkurangi. Dan berbuntut pada kinerja para rekan yang semakin membaik. Sehingga.. detik demi detik disukai Bos dah kalau gitu jadinya !! :D

  1. Anggap Kerja sebagai Hiburan

Loh, gimana toh ? Kerja kok disuruh menganggap sebagai hiburan..! Terdengar agak aneh memang, tetapi jiwa yang kek beginilah yang seharusnya dimiliki oleh para rekan nih. Logikanya kalau kita menganggap kerjaan kita sebagai hiburan, maka kita akan senantiasa senang melakukannya. Siapa sih didunia ini yang gak suka sama hiburan. Jangan terus terpaku lah sama stresnya dunia kerja. Kata teman-temanku sih kerja keras itu perlu, tapi jangan lupa bahagia. Ungkapan itu kiranya yang akan selalu membuat kita semangat bekerja. Kalau kita selalu merasa terhibur dalam bekerja, konsentrasi kita terhadap pekerjaan yang kita lakukan tidak terpecah. Dengan selalu konsentrasi, maka akan berimbas pada kinerja kita

  1. Ruang Kerja = Ruang Karaoke

Nah, ini tips bagi para rekan yang hobinya nyanyi gak jelas ya. Memutar lagu saat kerja dapat membuta pikiran kita senantiasa rileks. Apalagi kalau lagu itu lagu yang kita sukai. Asal jangan lagu yang bikin baper aja ya, hehehe. Dan satu lagi nih, jangan keras keras muter lagunya. Bisa-bisa orang sekantor bisa terganggu tuh. Sampai-sampai kalau bos sampek nyamperin kalian. Kalau mau ngasih bonus sih gak apa-apa, nah kalau bogem.. hmmm, kan gaswat !!

  1. Bikin Food Court di Meja Kerja

          Wala.. yang doyan makan mana suaranya ?? Ini nih yang membuat sebagian orang kangen sama meja kantornya. Karena apa, ya apa lagi kalo bukan karena makanan. Konon sih, ada sebagian makanan yang dapat mengurangi tingkat stress seseorang. Seperti yang sudah terkenal apalah-apalahnya itu, ya apa lagi kalau bukan coklat. Tapi kalau menurut pengalaman penulis sih, asal ada makanan aja udah seneng kan ya. Wkwk, apalagi kalau di meja kantor sendiri udah kaya festival jajanan nusantara. Tambah gembul deh ini badan. Eh maap agak OOT (out of topic). Tapi inget ya rekan-rekan, jangan berlebihan wisata kulinernya dan jaga kesehatannya. Didalam jiwa yang sehat terdapat badan yang kuat. Entahlah, terbolak-balik keknya.

  1. Ruang Kerja Mario Teguh

          Semua udah pada tahu kan ya Bapak Golden Ways ini. Nah, maka dari itu penulis menyarankan agar rekan-rekan ini selalu termotivasi ketika diruang kerja. Seseorang dalam dunia kerja atau dalam lingkungan apapun diharapkan agar tidak kehilangan motivasi dirinya. Gimana sih caranya agar tidak kehilangan motivasi diri itu. Sebenernya ada banyak macam cara yang bisa digunakan oleh rekan-rekan dalam memotivasi diri. Tergantung tipe rekan-rekan itu sendiri. Kalau boleh saran nih, misalnya selalu memasang kata-kata motivasi, visi-misi dalam bekerja, memasang foto keluarga, atau foto si DOI. Kan bisa tambah semangat dalam bekerja kan ya !

          Nah keknya cukup sekian aja ya, tips-tips yang bisa saya bagi. Mohon maap kalau dalam penulisan ini agak kurang sopan,menyinggung rekan-rekan dan bahasa yang digunakan kurang dimengerti. Semoga artikel yang tidak seberapa pentingnya ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan semuanya. Inget loh ya , kinerja ditentukan oleh proses kerja, dan proses kerja ditentukan oleh proses belajar. Maka senantiasa belajar dalam hal apa saja, agar kinerja kita selalu prima. Terima kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun