Mohon tunggu...
Intan F. Ilham
Intan F. Ilham Mohon Tunggu... -

Cinta menulis.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Strategi Marketing Kreatif Air Minum Kemasan #AdaAQUA ?

27 Mei 2017   00:09 Diperbarui: 27 Mei 2017   00:27 11758
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

A : "EH, pinjem power bank dong. Hpnya bateraiku low nih."

B : *ngasih power bank*

Okay, fokus! ADA AQUA?

Sadar nggak, ada kalimat yang salah dari percakapan sepasang sahabat di atas? Kalau nggak, minum Aqua dulu deh :D

Well, dear pembaca kompasiana yang sejati. Sejak kapan sih kita menyadari bahwa kurang fokus disebabkan oleh kurangnya air putih dalam tubuh kita? Sejak SD? Ah ga mungkin, pelajarannya belum sampe sana. SMP ? SMA ? entahlah, luput dari berapa lama kalian mengetahui hal tersebut... Jujur, saya pribadi baru tahu bahwa tidak fokus disebabkan oleh kurangnya minum air putih sejak iklan AQUA membawa image sederhana #ADAAQUA ?

Kali ini saya akan membahas iklan aqua yang begitu menarik, kreatif dan cukup menghujam dalam hati. Tapi sebelum semua itu kita bahas lebih lanjut, ada pertanyaan yang harus kita jawab “Mengapa AQUA”? ternyata dia adalah salah satu brand yang menggeneralisir kawanannya yang lain, karena merk lain pun dibilang aqua gelas, aqua botol, aqua galon, padahal merknya bukan aqua. Menariik bukan?

Mengapa terjadi demikian? Adalah karena aqua merupakan pioneer dari air minum kemasan di Indonesia. Bahkan dalam sejarah mereka (saya hanya pernah lihat di salah satu iklan mereka) orang-orang dulu menertawakan produk ini. “Ha? Air minum dalam botol? Dijual? Emang di rumah gak ada air? Kok lucu.”

Seandainya, pada saat itu aqua berhenti memasarkan produknya, maka hingga saat ini bukan ia yang merajai dunia penjualan air kemasan. Namun, aqua tetap bertahan membawa produk sederhana air putih tersebut. Tak hanya sampai di situ, ternyata AQUA terus beriklan meskipun produknya ditertawakan. Tapi saat dikenali dan dicintai, mereka tetap melakukan iklan yang semakin kreatif.

Sering kan kita menemui warga biasa, entah itu pelajar, mahasiswa, atau bahkan masyarakat umum pun sering melontarkan “huuu gak fokus, minum aqua dlu dong makanya!”. Kalimat itu keluar saat lawan bicara mereka sedang salah mengucapkan, salah bertingkah atau salah merespon. Padahal, kegiatan yang dia lakukan pun tidak ada kaitannya dengan air minum kemasan. Nah dari sini, berarti aqua telah membangun framing. 

Framing sendiri dalam Ilmu Komunikasi berarti pendekatan untuk melihat bagaimana sebuah realita dibentuk dan dikonstruksi oleh media. Dari hal tersebut, hasil akhirnya adalah adanya bagian tertentu dari realitas yang lebih menonjol dan lebih mudah dikenal. Akibatnya, khalayak lebih mudah mengingat aspek-aspek tertentu yang disajikan secara menonjol oleh media. Inilah yang membuat orang berpikir bahwa jika kita tidak fokus dalam berpikir, maka kita sedang butuh Aqua. 

Saya tidak bilang bahwa yang kita butuhkan adalah air minum, tapi yang kita butuhkan ternyata aqua. Karena aqua yang membawa framing seperti ini. Dan, mereka berhasil! Give applause. Kalian yang sering bilang ke temen yang ga fokus dengan ucapan #adaaqua telah menjadi sasaran iklan mereka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun