Mohon tunggu...
muhammad nurul
muhammad nurul Mohon Tunggu... Guru - Penulis Baru

Instruktur di Balai Latihan Kerja Pasaman Barat - Senang bermain dengan kata, semoga apa yang diketik bisa membawa manfaat untuk sesama. Insya Allah.

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Bisnismu Stagnan? Lakukan Hal Berikut!

11 Juni 2023   06:00 Diperbarui: 11 Juni 2023   06:17 90
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bisnismu Stagnan? Lakukan Hal Berikut! - Bisnis sejatinya memiliki tantangan disetiap perjalanannya. Mulai dari kondisi tidak profit bahkan kenyataan merugi yang harus diterima. Bisnis yang sudah berdisi dan bertumbuh besar juga pasti mengalami kondisi stagnan. Nah bagaimana bisnis-bisnis besar ini bisa keluar dari kemelut tersebut. Menarik kita bahas.

Memulai suatu bisnis tentu sudah ada perhitungan yang cukup matang dari masing-masing pendiri. Perkiraan modal, manajemen sumber daya manusia hingga tujuan dan target akhir bisnis yang akan dicapai. Semua tentu sudah direncanakan dan disiapkan langkah-langkah terbaik untuk sampai kesitu. 

Staganan adalah kondisi dimana tidak terjadi perbuhaan apa-apa dalam bisnis tersebut. Jika dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Stagnan diartikan sebagai keadaan terhenti. Bisnis bisa mengalami kondisi ini. Kondisi dimana bisnis tersebut tidak bergerak dari kondisinya saat ini. Tidak naik bahkan tidak terlalu turun. Sebagai pemilik tentu sangat tidak diharapkan kondisi ini terjadi pada bisnisnya. Namun jika kondisi ini telah menghampiri bisnis kita, bagaimana solusi yang dapat kita ambil unuk keluar dari kondisi ini?

1. Buat inovasi yang jadi pembeda

Inovasi ini perlu dilakukan jika bisnis kita dalam kondisi stagnan. Buat suatu perubahan yang membedakan dan memberikan kesan unik pada produk kita. Misal bisnis yang kita jalankan bergerak dalam bidang F&D. Kita bisa keluarkan menu terbaru setiap bulannya yang unik dan berbeda dari yang lain. Dengan catatan brand kita harus sudah memiliki hero menu.

2. Optimalisasi digital marketing

Sudah tidak eranya lagi kita menjajakan produk kita langsung ke konsumen. Coba untuk mengoptimalkan digital marketing. Semua platform media social sudah menyediakan fitur shop. Ini sangat membantu bisnis-bisnis yang berada di kondisi stagnan untuk merangkak keluar dari kondisi tersebut.

3. Konsistensi

Semua harus dilakukan dengan konsistensi. inovasi dan digital marketing jika dilakukan hanya sekali dua kali juga tidak terlalu berdampak pada bisnis kita. Lakukan hal kecil dengan konsisten lebih baik dari pada melakukan hal besar tapi hanya sekali. 

Ketia tips diatas mungkin pendapat pribadi dan hasil pengalaman penulis dalam menjalankan bisnis. Silahkan dicoba dan rasakan perbedaannya. Insya Allah

Penulis : Muhammad Nurul - Pasaman Barat, 11 Juni 2023

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun