Akhir Pemebelajaran Semester I baru saja usai ditandai dengan pemberian hasil belajar siswa kepada orang tua. Dalam rapor biasanya berisikan nilai-nilai perolehan masing-masing mata pelajaran yang diajarkan di sekolah. Orang tua dapat mengetahui nilai putra/putrinya sekaligus mengetahui apakah sudah mencapai batas ketuntasan nilai minimum yang ditetapkan oleh masing-masing sekolah. Namun biasanya yang dibutuhkan oleh para orang tua bukan hanya sekedar perolehan angka-angka yang didapat oleh puta/putrinya, melainkan gambaran lengkap yang meliputi semua aspek baik prilaku, potensi, sosial, dan prestasi non akademik yang sudah diperoleh. Setiap perkembangan putra/putrinya dapat tergambar dan terdokumentasi dengan baik dalam laporan yang diberikan oleh sekolah.
Untuk memenuhi dan memberikan gambaran secara menyeluruh kepada orang tua mengenai kondisi perkembangan putra/putrinya. Maka di tempat kami mengajar memberikan sebuah rapor tambahan dalam bentuk narasi yang berisikan setiap perkembangan prilaku siswa. Laporan tersebut kami sebut dengan rapor Kualitatif, Guru diminta memberikan informasi kepada orang tua tentang hal-hal positif apa saja yang sudah dilakukan oleh siswa, sekaligus memberikan hal-hal apa saja yang masih harus di tingkatkan dan sudah tentu guru akan memberikan masukan atau solusi agar para siswa dapat memperbaiki atau meningkatkan setiap kekurangannya. Kalimat yang guru gunakan adalah kalimat membangun dan mendorong siswa untuk menjadi lebih baik lagi di semester berikutnya.
Visi dan Nilai-Nilai yang ditanamkan di sekolah kami menjadi dasar acuan sikap yang harus dimiliki oleh siswa. Adapun nilai-nilai yang ditanamkan di sekolah kami terdiri dari 7 Niali Dasar, meliputi : Bertaqwa, Berintegritas Tinggi, Berdaya Juang Kuat, Berkepribadian Utuh, Berbudi Pekerti Luhur, Mandiri dan Berintelektual Tinggi. Dari nilai-nilai tersebut enam per tujuh merupakan perkembangan karakter yang harus ditanamkan dan dimiliki oleh seluruh siswa, dan hanya satu yang berhubungan dengan perkembangan ranah kognitif yaitu intelektualitas tinggi. Atas dasar itulah maka sekolah kami mengaggap pentingnya memberikan gambaran secara tertulis tentang perkembangan potensi seluruh siswa.
Dengan demikian orang tua akan mendapatkan informasi secara menyeluruh tentang perkembangan putra dan putrinya selama menempuh proses pembelajaran di setiap semester. Respon dan tanggapan dari orang tua terhadap perkembangan siswa disekolah merupan faktor penting yang bisa menjadi tambahan informasi sehingga metode atau cara yang digunakan untuk mengembangkan potensi peserta didik dapat ditentukan lebih baik. Pada akhirnya harapan dari sekolah kami untuk mewujudkan tujuan dari pendidikan yaitu mengembangkan setiap potensi yang dimiliki oleh siswa dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dapat dipenuhi dengan lebih baik dan terukur.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H