Mohon tunggu...
Septi Anugrah Heni Muzni
Septi Anugrah Heni Muzni Mohon Tunggu... -

_Hidup adalah anugrah, Lakukanlah Cara Terbaik MenurutNya_\r\n*InsyaALLah ada jalan^^

Selanjutnya

Tutup

Catatan

KOAS ala Psikologi

3 Desember 2014   20:11 Diperbarui: 17 Juni 2015   16:08 62
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hampir 50 hari praktek di salah satu Rumah Sakit Jiwa di Provinsi Jawa Tengah, banyak cerita, pengalaman, pelajaran yang didapat dari proses belajar disana. Disana saya berinteraksi dengan mereka, yang kata-kata orang mereka "gila".

Jujur, saya dulupun juga mengatakan mereka orang gila. setelah saya faham gangguan yang terjadi pada mereka, saya mulai mengganti dengan "orang dengan Skizofrenia". Sedih, ketika saya mendengar penyebab munculnya gangguan tersebut.

Mereka mengeluhkan, mendengar suara-suara, melihat seorang yang sangat cantik *bidadari, merasakan panas pada bagian perut, bahkan merasa bahwa pasangan mereka memiliki hubungan dengan jin serta keluhan lainnya. MasyaAllah, terfikir oleh saya "kenapa Dia memberikan kalian sakit seperti ini? ujiankah atau cobaan?" Wallaualam..

Rasa syukur yang besar, Tuhan berikan kesehatan mental untuk saya. Niat besar ingin membantu mereka dan mendengarkan cerita mereka. Takut, tapi perasaan itu coba saya tepis. Jengkel, ketika berbicara tidak nyambung. Lelah ketika mendengarkan cerita yang sama dibeberapa waktu.

Tapi memang seperti itu tingkah mereka. Bukan dijauhi, di Judgment atau di Kucilkan. Mereka butuh dekapan, mereka butuh teman cerita dan mereka butuh untuk didengarkan. Tidak lebih.

Yaaa, begitulah sekelumit cerita dari "mereka"

Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun