Anak-anak dan Potensi Gemilang Masa Depan
Perkembangan seorang anak dipandang sebagai hasil proses interaktif-transaksional antara individu yang berkembang dengan pengalaman-pengalaman dalam dunia sosial dan fisik. Bermain merupakan salah satu sarana penting bagi perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak. Bermain dapat merefleksikan perkembangan anak-anak.
Menurut Sudono (2003), seorang tokoh pendidikan bernama Montessori menekankan bahwa ketika anak bermain, ia akan mempelajari dan menyerap segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Aktivitas bermain memberikan wawasan kepada orang dewasa tentang perkembangan anak dan kesempatan untuk mendukungnya dengan strategi tepat.
Perkembangan kemampuananakditingkatpendidikandasar,merupakankemampuanyangsangatfundamentaluntuk bekalkehidupanpada tingkatyanglebihtinggi.Rumbel Kids mengambil peransebagaitempatuntuk mendampingi anak-anak dalam proses belajar, berbasis pendidikan yang berkeadilan dan berkarakter. Fokus utama Rumbel Kids adalah menanamkankarakterdasarkehidupankepadaanakdidikdenganmediapembelajaranyangtersusun dalam kurikulum “Rumbel Kids Hore”. Kami menyadari bahwa setiap anak memiliki kecerdasan yang beraneka ragam. Oleh sebab itu, Rumbel Kids bermaksud untuk mewadahi potensi anak dalam bidang akademik maupun non akademik.
Apa Itu Rumbel Kids?
RUMBEL KIDS merupakan sebuah tempat yang digunakansebagai pusatkegiatanbelajar bagi anak-anak. RumahBelajar ini dikelolaolehanggotaForumIndonesia Muda regional Bogor. FIM sendiri merupakan sebuah forum independen yang beranggotakan pemuda dan mahasiswadariberbagaiperguruantinggimaupun organisasikepemudaandiIndonesia, hingga luar negeri.
Target Rumbel Kids
Anak-anakusia5sampai 13tahunyangtinggaldi wilayah Babakan Lio, Darmaga, Kabupaten Bogor adalah target peserta Rumbel.Secaraformal,merekasudah bersekolah, mulai dari kelas 1 SD sampai 7 SMP.
Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan belajar mengajar yang diterapkan di “Rumbel Kids”merupakan aplikasi dari kurikulum yang terdiri dari penyampaianmateridansimulasidalamkelas. Adapun materi ajar yang diberikan kepada anak-anak meliputi tiga pokok materi yaitu spiritual, kepemimpinan, keterampilan dan kreativitas. Dalam prosesnya, tim pengajar memadukan sistem belajar di luar ruangan (out door) dan diperkaya dengan pengembangan kreativitas anak, seperti permainan jelajah alam.
Contoh kegiatan belajar spiritual yaitu membaca Al -Quran, mendongeng kisah Nabi dan Rasul, serta para sahabatnya. Mengajarkan nilai-nilai kepemimpinan dalam permainan di luar ruangan. Menumbuhkan keterampilan dan kreativitas dengan cara mendongeng, menulis cerpen dan puisi, membaca puisi, menggambar dan mewarnai. Tak lupa tim pengajar turut mendampingi anak-anak dalam menyelesaikan tugas sekolah (PR). Selain itu, memahamkan mengenai pentingnya bermimpi, percaya diri, berpikir kreatif, adalah beberapa bentuk simulasi yang diajarkan di dalam kelas.
Adapun tujuan didirikannya Rumbel Kids adalah sebagai berikut :
1.Menjadikan Rumbel kids sebagai pusat belajar anak-anak dan pendampingan (mentor) dengan nuansa pembelajaran yang menyenangkan, bersahabat, berkarakter, dan edukatif melalui berbagai program yang telah dibuat.
2.Menjadikan Rumbel kids sebagai wadah mengekspresikan ide, kreatifitas dan mengapresiasi hasil kreasi anak-anak di lingkungan sekitar, tempat Rumbel kids berada.
Susunan pengurus Rumbel Kids terdiri dari
Pembina: Ir. Elmir Amien, Tatty Elmir dan Ivan Ahda
Koordinator : Bagus Dwi Utama
Stering Commite: Susi Susanti, Teguh Jati Prasetyo, Azka L. Zahra, Elva Lestari, dan Nida Khafiya
Kepala Sekolah: Rias Sholihah
Sekretaris: Hening Gahayuning
Kurikulum:
-Kepala Divisi: Hani Firda
-Anggota: 1. Erni
2. Galih
3. Dini
4. Linda
5. Iqlima
Humas:
-Kepala Divisi: Rias Sholihah
-Anggota: Widi
Fundrising:
-Kepala Divisi: Hening Gahayuning
-Anggota: Ranti
HRD:
-Kepala Divisi: Hani Firda
-Anggota: 1. Seli
2. Galih
3. Risti
Materi Pengajaran
-Spiritual : Asmaul husna, hafalan surat pendek dan doa sehari - hari, dongeng Rasul dan sahabat
-Kepemimpinan : kerja sama, tolong menolong, kekompakkan, kebersamaan à kegiatan Outdoor
-Keterampilan dan Kreativitas (sesuai tema mingguan) : mendongeng, menulis cerpen dan puisi, membaca puisi, menggambar dan mewarnai, membuat karya kreatif sesuai tema
Coaching
Coaching dilakukan dengan membentuk kelompok perbidang keterampilan yang kita sebut POSTyaitu : (1) menggambar dan mewarnai, (2) mendongeng dan membaca puisi, (3) menulis cerpen dan puisi. Setiap anak dibebaskan memilih POST yang akan mereka masuki setiap minggunya. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi minat anak – anak yang selalu berubah setiap minggunya. Ketiga POST ini diarahkan untuk melatih anak – anak dalam mengembangkan keterampilan tersebut agar dapat diikutsertakan di setiap ajang perlombaan. Selain itu, hasil karya mereka semua akan didokumentasikan dan dijadikan instrumen untuk fundrising. Penanggung jawab setiap POST ditentukan dan berlaku sampai kurikulum ini berakhir. Tugas PJ adalah mencari materi/ bahan ajar (sesuai POST) yang sesuai dengan tema di minggu tersebut.
-PJ post menggambar dan mewarnai : mencari gambar sesuai tema untuk diwarnai
-PJ post mendongeng dan membaca puisi : mencari dongeng dan puisi sesuai tema untuk dibacakan
-PJ post menulis cerpen dan puisi : berinteraksi dengan anak – anak dan memberikan gambaran serta mendukung mereka untuk menulis cerpen dan puisi sesuai tema
*) sebelum memulai kegiatan, setiap PJ harus memberikan gambaran tema di hari itu dan meminta feed back dari anak – anak terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melatih anak – anak dalam menyampaikan pendapatnya.
Tema Mingguan (dimulai tanggal 15 November)
1.15 November 2014 : Pahlawanku
2.23 November 2014 : Hari Pohon 21 Nov: Kunjungan ke Tree Grower Community
3.29 November 2014 : Aku Cinta Lingkungan 1 “daur ulang kertas”
4.6 Desember 2014 : Cinta Allah, Cinta Rasul
5.13 Desember 2014 : Aku Ingin Menjadi
6.21 Desember 2014 : Aku Sayang Mama (pemberian ucapan kepada para ibu, foto anak-anak dengan ucapan)
7.14 Februari 2015 : Aku Cinta Lingkungan 2 “daur ulang botol plastik”
8.22 Februari 2015 : Together to be The best “games kekompakkan, kepemimpinan, kerja sama”
9.28 Februari 2015 : Hari Gizi Nasional 28 Feb “Kak Teguh, dkk”
10.7 Maret 2015 : Hari Musik Nasional 9 Maret “Belajar Musik”
11.14 Maret 2015 :
12.22 Maret 2015 : Hari Air Sedunia 22 Maret “Kunjungan Ke?”
13.28 Maret 2015 : Hari Filateli Indonesia 29 Maret “ Buat surat”
14.18 April 2015 : Hari Kartini 21 April
15.26 April 2015: Hari Bumi 22 April “Kunjungan Ke?”
16.2 Mei 2015 : Hardiknas 2 Mei “Karya untuk Guru”
17.9 Mei 2015 :
18.17 Mei 2015 : Hari Buku Nasional 17 Mei “Kunjungan Ke?”
19.23 Mei 2015 : Hari Penyu Sedunia
20.30 Mei 2015 : Hari Keluarga 29 Mei “Karya untuk keluarga”
Rundown Kegiatan Harian (Indoor)
Setiap Sabtu Pukul 15.30 – 17.30
No
Waktu
Kegiatan
Keterangan
1.
15.30 – 16.00
Pengkondisian Rumbee
Menyiram tanaman polybag
Membaca iqro dan hafalan
Kartu Prestasi (hening)
2
16.00 – 16.10