Mohon tunggu...
Rias Shoihah
Rias Shoihah Mohon Tunggu... Mahasiswa -

Dari kota asap saya berhijrah ke kota hujan. Bogor, kota penuh berkah disinilah saya menimbah ilmu membentuk karakter jiwa dan raga, dan belajar mengembangkan sayap sebagai anak rantau yang selalu mengharap Ridho Ilahi. Perkenalkan saya Rias Sholihah, seorang gadis keturunan Jawa-Melayu anak pertama dari tiga bersaudara yang saat ini berusia 20 Tahun. Alhamdulillah beragama Islam. Bogor, tempat mengukir jejak dan tempat menebar dan menerima kebaikan serta manfaat di kampus tercinta yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB) kampus yang dijuluki kampus rakyat, di kampus ini saya memutuskan untuk mengambil jurusan Meteorologi Terapan-FMIPA IPB. Jurusan yang asing bagi kalangan umum, namun jurusan ini merupakan jurusan yang unik dan penuh tantangan bagi saya. Maka setelah saya mengetahui saya lulus di Jurusan Meteorologi Terapan (IPB) dengan “Bismillah” saya tetapkan jejak perjalanan hidup saya untuk menjadi seorang ahli dibidang perkiraan iklim dan cuaca “Dokter Cuaca”. Saya lahir di Pekanbaru, 11 Juni 1994 (Propinsi Riau). Saat ini, saya fokus di kegiatan organisasi UKM keilmiahan kampus IPB (UKM FORCES) dan RUMBEL (Rumah Belajar) FIM Regional Bogor serta aktif diberbagai kepanitiaan baik dalam kampus maupun diluar kampus. Saya sangat senang menulis, travelling, olahraga, dan penambah pengalaman baru baik diberbagai hal. Karena karakter kepribadian saya lebih dominan sanguinis dan bergolongan darah O yang mudah bergaul dan mudah membuka diri maka saya sangat senang berkelana dan berbagi keceriaan dan menebar manfaat dimanapun dan kapanpun. Di hidup saya, saya memiliki sebuah motto : Berkarya tanpa henti, mengharap ridho ilahi dan yakinlah Allah SWT akan memeluk mimpimu. Selain itu, saya percaya usaha yang terbaik maka akan menghasilkan sesuatu yang terbaik pula. Semoga kita semua selalu belajar untuk memperbaiki diri menjadi insan yang lebih baik dan menebar kebaikan untuk mengharap Ridho Allah SWT. Sukses dunia-akhirat untuk kita semua Sekian profil dari diri saya. Semangat berkarya, semangat menginspirasi, semangat menebar kebaikan dan manfaat untuk sesama Salam kenal, salam sayang, salam cinta untuk kita semua Salam Badai-Salam dari kota Hujan

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

#AksiBarengLazismu "Rumah Belajar (Rumbel) Kids"

15 November 2014   00:06 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:48 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Anak-anak dan Potensi Gemilang Masa Depan

Perkembangan seorang anak dipandang sebagai hasil proses interaktif-transaksional antara individu yang berkembang dengan pengalaman-pengalaman dalam dunia sosial dan fisik. Bermain merupakan salah satu sarana penting bagi perkembangan sosial, emosional, dan kognitif anak. Bermain dapat merefleksikan perkembangan anak-anak.

Menurut Sudono (2003), seorang tokoh pendidikan bernama Montessori menekankan bahwa ketika anak bermain, ia akan mempelajari dan menyerap segala sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Aktivitas bermain memberikan wawasan kepada orang dewasa tentang perkembangan anak dan kesempatan untuk mendukungnya dengan strategi tepat.

Perkembangan kemampuananakditingkatpendidikandasar,merupakankemampuanyangsangatfundamentaluntuk bekalkehidupanpada tingkatyanglebihtinggi.Rumbel Kids mengambil peransebagaitempatuntuk mendampingi anak-anak dalam proses belajar, berbasis pendidikan yang berkeadilan dan berkarakter. Fokus utama Rumbel Kids adalah menanamkankarakterdasarkehidupankepadaanakdidikdenganmediapembelajaranyangtersusun dalam kurikulum “Rumbel Kids Hore”. Kami menyadari bahwa setiap anak memiliki kecerdasan yang beraneka ragam. Oleh sebab itu, Rumbel Kids bermaksud untuk mewadahi potensi anak dalam bidang akademik maupun non akademik.

Apa Itu Rumbel Kids?

RUMBEL KIDS merupakan sebuah tempat yang digunakansebagai pusatkegiatanbelajar bagi anak-anak. RumahBelajar ini dikelolaolehanggotaForumIndonesia Muda regional Bogor. FIM sendiri merupakan sebuah forum independen yang beranggotakan pemuda dan mahasiswadariberbagaiperguruantinggimaupun organisasikepemudaandiIndonesia, hingga luar negeri.

Target Rumbel Kids

Anak-anakusia5sampai 13tahunyangtinggaldi wilayah Babakan Lio, Darmaga, Kabupaten Bogor adalah target peserta Rumbel.Secaraformal,merekasudah bersekolah, mulai dari kelas 1 SD sampai 7 SMP.

Kegiatan Belajar Mengajar

Kegiatan belajar mengajar yang diterapkan di “Rumbel Kids”merupakan aplikasi dari kurikulum yang terdiri dari penyampaianmateridansimulasidalamkelas. Adapun materi ajar yang diberikan kepada anak-anak meliputi tiga pokok materi yaitu spiritual, kepemimpinan, keterampilan dan kreativitas. Dalam prosesnya, tim pengajar memadukan sistem belajar di luar ruangan (out door) dan diperkaya dengan pengembangan kreativitas anak, seperti permainan jelajah alam.

Contoh kegiatan belajar spiritual yaitu membaca Al -Quran, mendongeng kisah Nabi dan Rasul, serta para sahabatnya. Mengajarkan nilai-nilai kepemimpinan dalam permainan di luar ruangan. Menumbuhkan keterampilan dan kreativitas dengan cara mendongeng, menulis cerpen dan puisi, membaca puisi, menggambar dan mewarnai. Tak lupa tim pengajar turut mendampingi anak-anak dalam menyelesaikan tugas sekolah (PR). Selain itu, memahamkan mengenai pentingnya bermimpi, percaya diri, berpikir kreatif, adalah beberapa bentuk simulasi yang diajarkan di dalam kelas.

Adapun tujuan didirikannya Rumbel Kids adalah sebagai berikut :

1.Menjadikan Rumbel kids sebagai pusat belajar anak-anak dan pendampingan (mentor) dengan nuansa pembelajaran yang menyenangkan, bersahabat, berkarakter, dan edukatif melalui berbagai program yang telah dibuat.

2.Menjadikan Rumbel kids sebagai wadah mengekspresikan ide, kreatifitas dan mengapresiasi hasil kreasi anak-anak di lingkungan sekitar, tempat Rumbel kids berada.

Susunan pengurus Rumbel Kids terdiri dari

Pembina: Ir. Elmir Amien, Tatty Elmir dan Ivan Ahda

Koordinator : Bagus Dwi Utama

Stering Commite: Susi Susanti, Teguh Jati Prasetyo, Azka L. Zahra, Elva Lestari, dan Nida Khafiya

Kepala Sekolah: Rias Sholihah

Sekretaris: Hening Gahayuning

Kurikulum:

-Kepala Divisi: Hani Firda

-Anggota: 1. Erni

2. Galih

3. Dini

4. Linda

5. Iqlima

Humas:

-Kepala Divisi: Rias Sholihah

-Anggota: Widi

Fundrising:

-Kepala Divisi: Hening Gahayuning

-Anggota: Ranti

HRD:

-Kepala Divisi: Hani Firda

-Anggota: 1. Seli

2. Galih

3. Risti

Materi Pengajaran

-Spiritual : Asmaul husna, hafalan surat pendek dan doa sehari - hari, dongeng Rasul dan sahabat

-Kepemimpinan : kerja sama, tolong menolong, kekompakkan, kebersamaan à kegiatan Outdoor

-Keterampilan dan Kreativitas (sesuai tema mingguan) : mendongeng, menulis cerpen dan puisi, membaca puisi, menggambar dan mewarnai, membuat karya kreatif sesuai tema

Coaching

Coaching dilakukan dengan membentuk kelompok perbidang keterampilan yang kita sebut POSTyaitu : (1) menggambar dan mewarnai, (2) mendongeng dan membaca puisi, (3) menulis cerpen dan puisi. Setiap anak dibebaskan memilih POST yang akan mereka masuki setiap minggunya. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi minat anak – anak yang selalu berubah setiap minggunya. Ketiga POST ini diarahkan untuk melatih anak – anak dalam mengembangkan keterampilan tersebut agar dapat diikutsertakan di setiap ajang perlombaan. Selain itu, hasil karya mereka semua akan didokumentasikan dan dijadikan instrumen untuk fundrising. Penanggung jawab setiap POST ditentukan dan berlaku sampai kurikulum ini berakhir. Tugas PJ adalah mencari materi/ bahan ajar (sesuai POST) yang sesuai dengan tema di minggu tersebut.

-PJ post menggambar dan mewarnai : mencari gambar sesuai tema untuk diwarnai

-PJ post mendongeng dan membaca puisi : mencari dongeng dan puisi sesuai tema untuk dibacakan

-PJ post menulis cerpen dan puisi : berinteraksi dengan anak – anak dan memberikan gambaran serta mendukung mereka untuk menulis cerpen dan puisi sesuai tema

*) sebelum memulai kegiatan, setiap PJ harus memberikan gambaran tema di hari itu dan meminta feed back dari anak – anak terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk melatih anak – anak dalam menyampaikan pendapatnya.

Tema Mingguan (dimulai tanggal 15 November)

1.15 November 2014 : Pahlawanku

2.23 November 2014 : Hari Pohon 21 Nov: Kunjungan ke Tree Grower Community

3.29 November 2014 : Aku Cinta Lingkungan 1 “daur ulang kertas”

4.6 Desember 2014 : Cinta Allah, Cinta Rasul

5.13 Desember 2014 : Aku Ingin Menjadi

6.21 Desember 2014 : Aku Sayang Mama (pemberian ucapan kepada para ibu, foto anak-anak dengan ucapan)

7.14 Februari 2015 : Aku Cinta Lingkungan 2 “daur ulang botol plastik”

8.22 Februari 2015 : Together to be The best “games kekompakkan, kepemimpinan, kerja sama”

9.28 Februari 2015 : Hari Gizi Nasional 28 Feb “Kak Teguh, dkk”

10.7 Maret 2015 : Hari Musik Nasional 9 Maret “Belajar Musik”

11.14 Maret 2015 :

12.22 Maret 2015 : Hari Air Sedunia 22 Maret “Kunjungan Ke?”

13.28 Maret 2015 : Hari Filateli Indonesia 29 Maret “ Buat surat”

14.18 April 2015 : Hari Kartini 21 April

15.26 April 2015: Hari Bumi 22 April “Kunjungan Ke?”

16.2 Mei 2015 : Hardiknas 2 Mei “Karya untuk Guru”

17.9 Mei 2015 :

18.17 Mei 2015 : Hari Buku Nasional 17 Mei “Kunjungan Ke?”

19.23 Mei 2015 : Hari Penyu Sedunia

20.30 Mei 2015 : Hari Keluarga 29 Mei “Karya untuk keluarga”

Rundown Kegiatan Harian (Indoor)

Setiap Sabtu Pukul 15.30 – 17.30

No

Waktu

Kegiatan

Keterangan

1.

15.30 – 16.00

Pengkondisian Rumbee

Menyiram tanaman polybag

Membaca iqro dan hafalan

Kartu Prestasi (hening)

2

16.00 – 16.10

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun