Mohon tunggu...
Ina Tanaya
Ina Tanaya Mohon Tunggu... Penulis - Ex Banker

Blogger, Lifestyle Blogger https://www.inatanaya.com/

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Muka Cerah, Bersinar dan Sehat Berkat Perawatan Kulit Rutin

28 Maret 2018   21:13 Diperbarui: 30 Maret 2018   16:33 899
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://silahkanshare.blogspot.com

Setiap orang terutama perempuan sangat menyukai jika dipuji wajahnya cantik,  kulitnya bersinar dan tidak ada tanda-tanda ketuaan seperti kerutan di wajah, atau  lekukan warna hitam di bawah mata.

Hampir setiap perempuan punya daya tarik tersendiri dengan adanya kulit muka, tangan dan kaki yang dirawat setiap saat.   Daya tarik itu memang sepantasnya dijaga dan dirawat secara rutin .  Kesehatan dan perawatan kulit jadi parameter agar kulit bisa tetap bersinar dan jauh dari kerutan.

Bagi perempuan seusia saya tak bisa menghindari dari  penuaan kulit.   Untuk memperlambatnya, saya harus mengetahui dan mengantisipasi  langkah-langkah apa yang sedang terjadi.

Penuaan dini merupakan proses penuaan kulit yang lebih cepat dari seharusnya.  Pada usia muda , kulit baru akan muncul ke lapisan epidermis setiap 28-30 hari.   Seiring bertambahnya usia, proses regenerasi berkurang secara cepat. Setelah berusia di atas 50 tahun, prosesnya menjadi sekitar 27 hari.

Mencegah kulit muka dari penuaan dini sekarang saya rajin sekali merawat muka .  Untuk perawatan rutin sehari-hari di rumah, biasanya, pagi hari saya memakai sunblock sebelum ke luar rumah.    Selain sunblock, saya menggunakan bedak tipis dan lipstik dengan pelembab supaya tidak kering.

Jika saya bepergian, maka, saya akan menambahkan foundation yang saya sukai adalah buatan dalam negeri , Mustika Ratu  Sesuai dengan kulit muka saya yang kering, maka saya memilih foundation dan pelembab sebagai tambahannya.

Pulang dari bepergian, segera saya bersihkan dengan cleansing buatan Mustika ratu ,  dan lap saya gunakan lebih dingin dari biasanya untuk mengompres semua kotoran.  Malam hari tambahkan sedikit cream untuk penghilang vlek-vlek.

Setiap bulan sekali saya datang ke tempat klinik Estetika atau facial langganan saya.  Facial yang saya   lakukan sebulan sekali ini untuk menghapuskan komedo, lemak dan jerawat,  juga untuk sedikit peeling yaitu dengan stimulasi kulit untuk mengelupas bagian atas dan mengganti dengan yang baru supaya dapat mengeluarkan kulit baru yang lebih sehat.


Ternyata kerutan kulit di wajah itu bukan hanya miliki usia tua, tapi juga dialami oleh mereka yang masih relatif muda, bahkan di usia 20-an.   Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, baik internal maupun eksternal.   Faktor internal karena sakit yang berkepanjangan, sementara faktor eksternal  karena sinar matahari , polusi dan asap rokok.

Proses dari penuaan dini itu terbagi atas dua bagian yaitu secara kronologi dan photoaging.  Penuaan kronologi diperlihatkan dengan adanya perubahan struktur dan fungsi serta metabolik kulit seiring dengan berlanjutnya usia.  Proses dari photoaging ditandai dengan  berkurangnya kolagen dan serat elastin akibat dari paparan sinar UV matahari.  Jika paparan berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan kulit, apalagi adanya radikal bebas yang terbentuk.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun