Mohon tunggu...
Hanna Zwan
Hanna Zwan Mohon Tunggu... -

Perempuan sederhana

Selanjutnya

Tutup

Catatan

Sebuah Cerita Tentang Kantin Sekolah

5 Oktober 2013   10:52 Diperbarui: 4 April 2017   16:44 5391
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bicara masalah "Jajanan di Sekolah", saya punya banyak cerita dan pengalaman selama menjadi salah satu penikmat kantin sekolah dan menjadi guru di playgroup. Apa hubungannya jajanan sekolah dengan playgroup?oke, sebentar lagi akan saya bahas.

Kantin sekolah #1

Pertama kali mengajar kebetulan di sekolah yang kantin sekolahnya belum ada, hanya ada koperasi kecil itupun hanya menjual snack ringan. Tapi di luar sekolah berjejeran pedagang makanan, mulai dari es setrup, mungkin yang tinggal di Jawa tahu seperti apa es setrup itu. Kebetulan es setrupnya warna merah, ada lagi siomay, cilok, yang mana sambalnya menggunakan saos tomat (warna merah jreng). Belum lagi pedagang snack yang menjual mie kuning yang di goreng lalu di siram saos tomat, ada lagi macaroni dan kerupuk yang dari kantor guru pun sudah nampak ngejreng warnanya, kerupuknya sih tidak ada masalah. Yang bermasalah adalah warna ngejrengnya, dari jauh sudah terlihat mencolok.

Kantin sekolah #2

Jika di tempat saya mengajar yang pertama belum ada kantin sekolah, maka di tempat ngajar kedua inilah saya menemukan kantin. Sebenarnya kantinnya sudah bagus dan nyaman, tapi satu yang membuat saya agak miris itu ketika pertama kali membeli bakso. Ternyata ibu penjual bakso tersebut menggunakan saos tomat (lagi lagi yang warna merah ngejreng), haddueh!!batin saya saat itu. Dan cukuplah saya menikmati bakso dengan sambal cabe dan kecap saja.

Hanya satu inilah yang membuat saya marah pada saat itu, dimana kantinnya lumayan bagus dan okelah menurut saya. Tapi yang sangat disayangkan adalah adanya saos tomat (warna jreng) yang ada di kantin sekolah, sempat saya usul dan diskusi dengan guru yang dituakan. Tapi belum ada hasil dari pihak managemen ternyata saya harus pindah sekolah. Semoga saat ini benar-benar sudah menjadi kantin sehat.

foto : female kompas

Kantin sekolah #3

Disekolah ketiga ini saya tidak menemukan saos tomat (warna jreng) karena memang di Batam konon tidak ada saos tomat yang seperti di Jawa, salah satunya di kantin sekolah. Selama menjadi penikmat kantin sekolah, dari dua penjual makanan tidak saya temukan saos tomat (warna jreng), yang terlihat hanya saos sambal yang berwarna orange. Snack ringan tetap ada dan macaroni berwarna pun ada disini.

Bekal ala Playgroup

Apa hubungannya coba mengajar playgroup dengan jajanan di sekolah?ada meskipun sedikit, setidaknya dari sinilah saya mengetahui banyak mengenai kebiasaan-kebiasaan dan macam-macam orangtua untuk masalah jajanan di sekolah atau bekal makanan untuk anak-anaknya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun