Mohon tunggu...
Eki Tirtana Zamzani
Eki Tirtana Zamzani Mohon Tunggu... Guru - Pendidik yang mengisi waktu luang dengan menulis

Guru yang mengajar di kelas diperhatikan oleh 25-30 siswa, apabila ditambahi dengan aktivitas menulis maka akan lebih banyak yang memperhatikan tulisan-tulisannya. ekitirtanazamzani.wordpress.com

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Menjelaskan Pelajaran Matematika Menggunakan Bahasa Inggris

8 Juli 2018   01:40 Diperbarui: 8 Juli 2018   09:36 1605
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cara terbaik untuk belajar adalah dengan mengajar. Ketika kita berbagi ilmu dengan murid-murid kita maka akan semakin kita ingat ilmu tersebut. Ilmu yang ada pada diri kita semakin bertambah. Hikmah dari suatu ilmu adalah bisa mengangkat derajat seseorang. Hal ini terdapat dalam kitab suci Al-quran.

Perdalamilah suatu ilmu. Ilmu atau pengetahuan tersebut yang akan menjaga kehidupan kita kelak. Saya mempelajari matematika. Pelajaran yang menurut orang lain itu sulit. Memang tidak salah pernyataan tersebut. Namun dibalik kesulitan pasti ada kemudahan dalam mempelajarinya. Pelajarilah ilmu tersebut secara konsisten (istiqomah) dan berkelanjutan. Inshaallah ilmu tersebut akan bisa kita pahami meskipun itu sulit. Yang terpenting kita tidak mudah menyerah ketika menghadapi kesulitan.

Tentu butuh ide dalam pengajaran jika kita mengajar anak yang tidak paham dengan bahasa yang kita gunakan. Contohnya adalah anak-anak dari luar negeri yang belajar ke Indonesia. Kebetulan bimbel kami HTC mengadakan program holiday (liburan) di Pacet, Kabupaten Mojokerto. Kami menyewa sebuah villa namanya villa Pakis selama beberapa minggu. 

Hari ini (Sabtu, 8-7-2018), saya kebagian mengajar pelajaran matematika. Muridnya ada empat anak. Jadi kami bagi menjadi dua kelompok. Satu kelompok terdiri dari dua anak. Kelompok pertama diajar oleh teman saya pelajaran bahasa inggris. Sedangkan kelompok yang satunya, saya yang mengajar. Nanti akan bergantian saya dan teman saya tersebut dalam mengajar kedua kelompok.

Kelompok pertama yang saya ajar. Kedua muridku adalah perempuan. Namanya Putri (kelas VII) dan Fida (kelas V). Mereka bersaudara, Putri kakaknya sekolah di SMP Negeri 1 Mojokerto. Adiknya Fida bersekolah di SDIT Permata Mojokerto. Materi yang saya sampaikan adalah aljabar. 

"Anak-anak tahukah kalian manfaat mempelajari aljabar? Rugi lho kalau kita mempelajari matematika yang menurut kita pelajaran paling sulit tetapi kita tidak mengetahui manfaatnya. Sekarang Mr eki akan memakai suatu ilustrasi cerita ya!"

Misalkan Putri membeli dua tahu isi dan satu pisang harganya Rp.5000,00. Sedangkan Fida membeli satu tahu isi dan dua pisang harganya Rp.4000,00. Terus ada Shela yang memperhatikan kedua anak yang membeli makanan tersebut. Berapakah uang yang harus dibayarkan oleh Shela apabila dia ingin membeli satu tahu isi dan satu pisang?

Bagaimana cara Shela untuk menentukan harga masing-masing makanan. Tentu mudah bagi Shela jika langsung menanyakan kepada penjual makanan. Kendalanya adalah Shela tidak berani bertanya. Maka caranya adalah dia harus mencoba memasukkan harga pada masing-masing makanan yang dibeli Putri dan Fida. Jika cocok maka jawaban itu betul. Dari ilustrasi tersebut. Itulah pentingnya kita belajar aljabar. Dengan memahaminya, kita bisa menyelesaikan dengan metode pada SPLDV.

Materi matematika dipelajari dari dasar sampai yang rumit. Begitu juga dengan materi aljabar, kita mempelajari aljabar dasar terlebih dahulu. Seperti operasi hitung aljabar. Setelah itu baru materi diatasnya yaitu persamaan linier satu variabel (PLSV) dan pertidaksamaan linier satu variabel(PtLSV). Kemudian kita bisa melanjutkan ke materi sistem persamaan linier dua variabel (SPLDV). Kalau sudah menguasai maka kita akan melanjutkan lagi belajar ke materi program linier. Suatu materi matematika SMA yang berguna untuk mencari keuntungan maksimum dari penjualan suatu makanan.

Misalkan kue donat. Dalam pembuatan donat kita memanfaatkan beberapa bahan. Ada gula, tepung terigu, dan mesis. Dalam program linier kita mencari keuntungan maksimum dari bahan-bahan yang tersedia. Jika kalian mampu mempelajari materi-materi penunjang dengan baik. Maka kalian sudah saya anggap mampu untuk belajar materi program linier. Manfaatnya begitu besar bisa kita terapkan langsung dalam kehidupan sehari-hari.

Pada pembelajaran kali ini, anak-anak masih mempelajari materi aljabar dasar, PLSV, dan PtLSV. Kedua anak memiliki daya tangkap yang berbeda dalam menerima pelajaran. Salah satu anak ada yang begitu cepat dalam menangkap materi pelajaran. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun