Menurut wikipedia
Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan.
Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktik yang terkandung dalam kategori pemasaran internet. Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar.
Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.
Menurut saya, konsep promosi digital adalah
[caption id="attachment_368160" align="aligncenter" width="300" caption="Komponen dalam promosi di online"][/caption]
Kalo dulu mengenal strategi marketing adalah istilah ” AIDA”, yaitu
1. Awareness ; konsumen mulai sadar keberadaan produk kita mungkin melalu media cetak, dalam fase ini konsumen bisa cukup tahu. tools yg dipakai biasanya brosur, flyer, billboard, iklan tvc atau radio
2. Interest : konsumen mulai tertarik dan mulai mencari tahu mengenai brand atau produk kita. Fase ini konsumen mulai sedikit mencari tahu namun belum terlalu detail
3. Desire : konsumen mulai benar-benar tertarik dan mencoba mencari tahu lebih detail. Dalam hal ini sudah ada kebutuhan akan produk tersebut
4. Action: Fase ini adalah yang paling diinginkan semua Brand. Konsumen langsung membeli produk