MENURUT hasil survei Pew Reasearch, para remaja usia 13-17 tahun di AS sudah meninggalkan Facebook selama tujuh tahun terakhir. Sebagai gantinya mereka beralih ke YouTube dan TikTok. Hal itu diumumkan Rabu pekan ini.
Survei ini melibatkan 1315 remaja AS di bulan Mei tahun 2022 sehingga hasil survei ini bisa dikatakan mencerminkan kenyataan terkini.
TikTok dikatakan menang sebagai platform media sosial terbaik di AS sementara YouTube yang dimiliki Google menjadi platform paling umum yang dipakai remaja.
Meta sebagai pemilik Facebook memang diketahui beberapa tahun terakhir ini sedang bergulat melawan TikTok yang makin menguat dominasinya. Secara cepat, 'kue' milik Facebook digerogoti TikTok.
TIKTOK ADALAH MASA DEPAN
Sebagai perbandingan, tujuh tahun lalu sebanyak 71% remaja yang disurvei giat beraktivitas di Facebook. Kini persentasenya cuma 32%. Menurun jauh.
Facebook kini menjadi platform yang didominasi mereka yang usianya sudah lebih matang. Sementara anak-anak muda lebih tertarik ke media sosial yang memudahkan ekspresi diri melalui foto dan video pendek yang bisa dibuat dan dibagikan dengan mudah.
Bagaimana dengan Instagram yang kini juga mati-matian meniru TikTok agar tetap relevan dengan selera anak muda?
Ternyata persentase penggunaan Instagram yang dimiliki Meta cuma meraup 62% dari total remaja di survei ini. Ini menjadi berita baik bagi Meta.
Bisa dikatakan Facebook sudah menjadi media sosial masa lalu. TikTok dan YouTube adalah masa kini.
PENUH HOAKS
Dari pengalaman saya sendiri, meski saya sudah bukan remaja, saya juga sudah meninggalkan Facebook sejak pilpres terakhir karena atmosfernya yang tidak enak. Penuh hoaks dan berita bohong yang tidak tersaring.