Mohon tunggu...
Aisyah Elshinzy
Aisyah Elshinzy Mohon Tunggu... pelajar/mahasiswa -

Just call me Aisyah (^_^)' You can find me at Twitter: @AisyahElshiinzy Facebook: AisyahElshinzy

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Hal Bodoh Tentang Cinta

13 November 2013   13:10 Diperbarui: 24 Juni 2015   05:13 181
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Nama gue Aisyah, gue suka nulis. Gue suka nulis apapun yang bisa gue tulis sepanjang mood gue lagi bagus, ya mungkin itu yang dialami oleh penulis-penulis lainnya. Tapi jujur gue bukan penulis yang aslinya professional banget, yah intinya gue cewe biasa yang kebetulan suka nulis. Selama hidup gue baru hari ini gue sadar ternyata gue udah suka nulis dari semenjak bayi, buktinya tulisan-tulisan gue masih abadi sampai sekarang. Iyah abadi, abadi disetiap sudut dinding-dinding rumah yang pernah gue coret, entahlah menurut gue itu karya pertama gue. Dan gue bangga nan terharu melihat kenyataan bahwa gue udah keren dari kecil *tolong jangan protes. Iyahin ajha*. Oke gue lanjut, tanpa memperpanjang lagi kalimat-kalimat gue, gue langsung ajha ke inti. Kali ini gue pengen berbagi kisah yang mungkin bisa jadi inspirasi bagi pembaca atau bisa bikin pembaca langsung bakar ini tulisan. Itu pilihan, terserah mau diapain aja asal jangan depan gue.

Begini, gue bakal cerita tentang kisah gue yang putus sama mantan gue sebulan lebih yang lalu. Biasanya kalau orang lagi cinta-cintanya sama pasangan, saat putus pasti depresinya setengah idup dan entah kenapa gue nggak seperti itu. Alhamdulillah gue normal atau astagah gue aneh. Awalnya tertanggal 4 oktober pukul 21:30 am, malem itu gue sengaja buka facebook pacar gue dulunya yang memang sering gue stalkingin untuk tau update an dia tiap hari tapi sayang dia jarang buka FB. Katanya. Malem itu ada cewe yang ngetag beberapa orang diiringi status “Trimaskasih buat dwi, ovi, dkk yg udah ngasih sureprize buat ulangtahunku, udah sengaja ngilangin ATMku, dan trimakasih buat pcarku cyanks untuk kado doraemonnya” gue gag tau persisnya isi status itu, gue pura-pura lupa, yah pokoknya itu intinya. Dalam hati gue berpikir “Kalau sampe beberapa orang yang ditag sama tu cewe cuma pacar gue kaum adam yg dia tag berartii….” Gue curiga, dan gue langsung ngechek orang-orang yang ditag oleh cewe itu, dan benar dugaan gue ternyata memang cuma pacar gue kaum adam yang dia tag sedangkan lainnya ada 4 orang cewe. Entahlah mungkin Tuhan sengaja bikin gue pinter malem itu, dengan canggihnya otak gue langsung mikir bahwa “cyanks” yang dimaksud cewe itu adalah pacar gue. Cyanks?? Hah sumpah dia alay. Kemudian gue langsung ambil hape, ohya lupa gue udah pegang hape sih pas itu. Halah. Hape yang dari tadinya gue pake buat ngechek fb langsung gue close untuk nyari nomer contact pacar gue dan gue telpon dia


“Hallo Assalamu’alaikum *sek sempet salam* kamu udah buka fb? Ada pacarmu tuh yang ngucapin makasih”
“Hah? Pacar?”
“Ah sudahlah chek ajha dulu, makasih yah udah main-main. kamu TEGAK” telpon gue mati’in, dan serius malem itu gue benar-benar yakin bahwa cewe yang ngetag dia itu adalah pacarnya juga meskipun gue nggak punya bukti tapi feeling gue kuat. Lucu ajha rasanya, ketika hanya dia kaum adam yang ditag sementara yang lainnya cewe semua. Seberapapun pentingnya seseorang, gue tau persis cewe pasti akan mendahulukan pacarnya dibanding temen cowo biasa. Kalau dia mendahulukan temen cowonya, curiga ada teri dibalik garem. Ah itu contoh gue, nggak tau asal muasalnya dari mana. Faktanya memang begitu, cewe nggak akan mungkin udah bilang sayang atau istilah alaynya cyanks plus ditambah kata “pacarku” nggak akan mungkin nggak disertai nama pacarnya, dan dari semua nama yang dia tag memang sudah gue pasti’in hanya pacar gue cowo satu2nya yang dia tag.

Perasaan gue malem itu nggak enak, gue ngerasa sedikit sesak tapi gue nggak bisa nangis. Setelah telpon itu gue mati’in, gue minta putus lewat WhatsApp, panjang lebar gue marah, panjang lebar juga dia ngelak. Tapi gue udah nggak percaya. Dari awal gaya pacaran gue emang udah aneh, sering jalan tapi nggak pernah pegangan tangan kalaupun pernah itupun pas gue ketakutan lihat Doggy di CFD Malang *Sejenis anjing yang hobinya melet-meletin orang dengan liur tanpa jeda, ieuh banget* sekalinya pegangan tangan, langsung dia lepas, saat itu gue ngerasa mungkin dia terlalu menghargai gue atau memang ngerasa punya beban batin sampai pegangan tanganpun cuma kehitung detik. Dan banyak lagi hal aneh lainnya, dia jarang bilang kangen, sayang, bahkan cinta. Saking jarangnya gue tau persis kapan pertama dan terakhir kalinya dia ucapkan itu untuk gue. Alasannya “Cinta nggak perlu diumbar dengan kata-kata, kita tidak harus selalu mengatakan apa yang kita rasain cukup ditunjukan saja bagaimana rasa itu ada” begitu manisnya alasan itu, padahal saat gue minta dia tunjukin rasa itu pun dia masih punya alasan “dengan aku mempertahankan kita dan selalu menyempatkan waktu untuk kamu, itu sudah nunjukin bagaimana perasaanku” dan dengan polosnya gue mendengar semua kata itu yang pada kenyataannya dia jarang punya waktu buat gue, tapi gue berusaha mengerti. Saat itu gue berpikir, gue nggak boleh egois untuk memintanya membuktikan ini itu. Mungkin memang pada dasarnya dia berbeda, dan nggak begitu mahir menunjukkan perasaan. Gue memilih untuk bersabar tanpa membuatnya merasa risih dengan segala permintaan gue untuk dimengerti. Semenjak itu hari-hari berlalu gue lewatin dengan semua keanehan dia, berusaha mengerti dan mengerti meski sebenarnya gue lelah dan ingin berhenti tapi entah apa yang buat gue bertahan.

Malam itu gue pengen galau segalau-galaunya karna kejadian itu benar-benar udah nguras logika gue yang jelas-jelas gue belum punya bukti yang kuat, hanya dengan modal keyakinan gue percaya dia telah bermain di belakang gue. Gue sedih jika harus menerima kenyataan pahit itu, gue diam sampai sohib satu kosan gue ngerasa aneh dengan perubahan sikap gue yang mendadak muram. Dengan tampang-tampang iba mereka datang menghampiri dan bertanya-tanya, gue jawab seadanya semampu gue bisa.

“Gue hancur, teganya dia selingkuhin gue…gue salah apa? Gue udah berusaha sabar hadapin dia selama ini, kalau memang dia udah nggak sayang dia tinggal bilang ke gue. Bukannya mainin gue kayak gini, gue bener2 hancur” entah dimana letak hancurnya padahal saat itu gue masih bisa benafas tanpa bantuan.

Saat itu mereka hampir meneteskan air mata, tapi gagal hanya karna satu kalimat keluar dari mulut gue

“Eeemm…betewe hati gue kok rasanya nggak perih yah kayak di pilm-pilm gituh” Gubrak, sontak kedua sohib gue itu langsung ngambil bantal dan melemparnya kearah gue
“eh gue udah miris banget yah denger cerita lu, hampir gue mau nangis tapi kenapa elu malah ngelucu??? Galau macam apa lu???”
“Dih siapa yang ngelucu sih? Gue lagi galau ma meeen, apa muka gue kurang meyakinkan?”
“Nah kan, ngelucu lagi. Lu nih sebenernya sedih, sakit, atau gimana sih? Kok ya keliatannya memang nggak meyakinkan. Ah lu nggak pantes untuk galau-galauan, nggak usah sok deh mendingan”
“hei, siapa yang sok? Gue beneran lagi GALAU” nada gue sedikit gue tinggi’in, C mayor. Ah segala nada gue contohin.
“Galau tuh ya nggak ngelucu macam elu”
“Mana ada gue ngelucu? Gue cuma heran ajha, gue pengen nangis tapi nggak bisa eh. Biasanya kan kalo di film-film itu keliatan kalo abis diselingkuhin itu korbannya meraung-raung kesakitan tapi gue kagak” disertai wajah-wajah unyu tanpa dosa
“YAUDAH. TRUS MASALAHNYA APA???”
“Gue penasaran sama feeling gue benar apa kagak”
“Yaudah lu cari tau”
“Yaudah beosk’
Sumpah, malem yang harusnya kelam kelabu jadi berasa malem yang aneh. Entahlah.

Dan keesokan harinya gue yang biasanya jadi mahasiswi teladan yang sok rajin, gue nongkrong di hotspot UMM kampus II buat ngerjain tugas yang udah dari minggu lalu nyeret-nyeret gue untuk dikelarin secepat mungkin, yang lebih tepat dengan kata semepet mungkin karna sorenya udah harus gue setorin ke maha dosen. Pagi itu raga gue memang nyantol depan tumpukan tugas, tapi pikiran gue masih melayang-layang pada kejadian semalem. Gue nggak tahan dan gue nggak tenang saat mikirin sesuatu yang belum benar-benar bisa gue buktiin. Akhirnya gue mutusin untuk mencari tau kebenarannya, timbang gue harus ngerjain tugas yang gue sendiri belum konsen kearah itu. Gue khawatir kalau gue paksain ngerjain itu tugas, lembaran laporannya malah keisi semua curhatan gue, gue nggak sanggup *alibi* jadi dengan terpaksa tugas itu gue pending. Kemudian gue sengaja searching kembali user FB cewe yang udah memporak-porandakan hati gue malem itu *eh padahal kagak*, Alhamdulillah nemu. Gue inget malem itu si cewek punya nama FB yang agak alay gue rasa, namanya “ciee m***** II”. Gue yakin dengan pasti itu bukan nama asli, ah tebakan gue jarang meleset. Gue buka profilnya, gilak gue kaget lihat keterangan studi cewe itu s1 Keperawatan Universitas Muhammadiyah Malang. *Whaaatt?? Satu kampus ma meeen sama gue* Hal itu bikin gue rada syok, nggak ada yang lebih jauh apa? Halah rasanya tensi gue udah naik turun. Gue menelusuri kembali profile cewek itu, dan Alhamdulillah ada petunjuk tentang nama aslinya. Saat itu gue langsung berjalan kearah TU kampus untuk mengobrak-abrik semua absen dari absen mahasiswa tingkat 1, 3, 5 sampai tingkat 7. Entah gue yang burem atau gimana, gue rasa nama cewek itu nggak ada gue lihat. Kecewa, gue memutuskan untuk sebaiknya menyerah dan merelakan semuanya terjadi tanpa alasan yang jelas. Gue kembali duduk di hotspot, tapi tetap gue nggak konsen. Pikiran gue masih melaju kearah gadis itu, gue masih merasa perlu untuk memperjelas semuanya.

Beberapa saat kemudian gue kembali berjalan menuju TU, gue ingin memastikan kembali apa yang gue lihat. Gadis itu satu kampus dengan gue, rasanya nggak mungkin bila namanya nggak tercantum dalam absen. Entah apa yang membutakan mata gue sampai nggak ada satu absen pun yang menuliskan nama gadis itu. Gue lelah, dan dengan penuh kecewa gue berjalan kembali menuju hotspot. Ketika itu gue disapa oleh junior gue di HMJ. Restory : Gue pernah aktif di Himpunan Mahasiswa Jurusan atau yang biasa kampus gue sebut HIMIKA. Gue sadar dengan keunyuan umur gue, jadi sekarang gue adalah senior.

“Hei mbak, dari mana?”
“Dari TU dek, ohya dek? Boleh tanya nggak?” kalau dia bilang enggak, gue pecat dia jadi junior *lagak senior* hohoho
“Boleh mbak..boleh.. mbak mau tanya apa?” jawaban yang bagus, selamatlah dia.
“Gini dek, kau tau cewek yang bernama m****g nggak?”
“m****g? yang nama aslinya S******a?”
“Iya dek, kenal nggak?”
“Iya mbak kenal dia anak semester 3, dia pernah bikin ulah saat meeting antara BEM sama HMJ. Dia bikin ulah juga kah sama mbak?”
“Nggak dek, ada yang pengen saya omongin ke dia. Bisa bantu saya dek?”
Junior teladan itu dengan wajah penuh ikhlas mengantar gue mencari S******a di hotspot padahal dari tadi juga gue nongkronnya disitu -__-
“Mbak itu teman-temannya, harusnya dia juga ada disitu” menunjuk kearah segerombol kumpulan anak tingkat 3 yang bikin gue tiba-tiba ngerasa tua.
“Oh…yakin dia nggak ada disitu dek? Mbak nggak seberapa familiar dengan wajahnya”
“Iya mbak, nggak ada”
“Yaudah mbak coba tanyakan ke teman-temannya aja kalau gitu. Makasih yah dek”
“Iya mbak sama2, kalau begitu saya pergi dulu ya mbak”
Meski gue nggak begitu yakin, gue melangkah menghampiri segerombol anak tingkat 3 yang asli sangar, sumpah “Ya Tuhan, nyali gue mana? Gue butuh nyali sekarang” Seolah ada bisikan malaikat disamping gue, malaikat itu berkata “Lu senior, lu harus berani. Inget tampang lu udah senior banget, nggak ada alasan lu untuk mundur. Maju terus, terus maju” Dan dengan gagah berani
“Permisi dek, boleh tanya?”
“Iya mbak, ada apa?”
“Kalian tau S******a nggak?”
“Iya mbak, tapi anaknya lagi makan mbak. Bentar lagi juga kesini, ada apa mbak?”
“Ada yang perlu saya omongin ke dia, nanti kalau dia datang mbak minta tolong kasih tau dia yah. Mbak duduk disebelah sana” gue menunjuk kearah tempat duduk gue yang agak jauh dari tempat duduk mereka.

Belum selesai omongan gue lanjutin, datanglah sosok cewek putih dengan wajah heran melihat kearah gue.
“Mbak cari saya?”
“Kamu Lia? *Read: Lia is nama samaran. Gue capek nulis inisial dengan bintang-bintang dibelakangnya. Harap maklum yeh* Saya aisyah PSIK 7B, boleh bicara sebentar nggak dek?” lawan bicara gue saat itu melihat kearah teman-temannya, ada yang gendut, kurus, tinggi, pendek dan wajah mereka ngasih isyarat seolah gue akan nelen dia hidup-hidup. Mereka takut sama gue, dan gue lebih takut lagi. Sumpah wajah mereka lebih sangar dari yang lu bayangin. Nggak usah dibayangin, cukup tau aja.
“Dek, pinjem Lia bentar yah? Ada hal penting yang mau saya sampein ke Lia”
“Nggak apa-apa lagi mbak, mbak mau ngomongin apa?”
“Jangan disini yah dek, di taman aja gimana?”
gue dan Lia berajalan menuju arah taman, baru kali ini gue ngerasa lagi ngejalanin kisah macam di sinetron, tiba-tiba ketemu seorang cewek, mendadak akrab, mendadak ngomongin hal yang sebenarnya bikin dada gue nyesek. Ah rasanya hari itu benar-benar hari yang aneh.

“Dek kamu kenal Jagat?” (Read: Jagat hanya nama samaran)
“Iya mbak, kenapa mbak?”
“Kamu siapanya Jagat?”
“Aku pacarnya, mbak siapanya Jagat? Mantannya kah?”
“Iya dek, mantannya… terhitung tadi malem” Gue males sebenarnya mengucapkan itu, tapi harus gue lakukan untuk tau segalanya benar.
“Maksud mbak?”
“Tadi malem aku buka wall fbnya Jagat, kamu ngetag Jagat dan teman-temanmu di status ulang tahunmu. Entahlah, meski nggak begitu kuat petunjuk malem itu, aku udah begitu yakin bahwa kamu pacarnya. Setelah itu aku memutuskan untuk mengakhiri hubunganku dengan Jagat”


Gue mungkin adalah cewek yang paling tega saat itu, telah memberi berita buruk saat hari kemarinnya adalah hari special untuk cewek itu. Tapi gue akan semakin jadi cewek yang paling tega jika gue membiarkan dia mengalami hal yang sama seperti yang gue alami, hari itu gue hanya berniat untuk memastikan segala dugaan gue. Gue nggak bisa terus diam untuk membiarkan fakta bahwa mantan gue akan menyakiti cewek lain selain gue, bukannya sok atau apapun lah yang orang lain sebut tapi gue memang nggak pernah bisa biarin hal yang udah gue tau buruk terjadi terus menerus hanya untuk dilihat.

“Tapi tenang aja dek, aku udah putus sama dia. Sekarang dia milik kamu seutuhnya. Aku nggak tau, aku atau kamu yang dia selingkuhin tapi yang jelas aku sudah jadi mantannya sekarang. Aku bertemu kamu hanya ingin memastikan saja, bahwa dugaanku benar. Kamu adalah pacarnya”
“Sebentar mbak, aku masih nggak percaya dengan semua ini”
“Mbak ngerti perasaanmu, maafin mbak yang harus memberitahukannya ke kamu. Mbak heran aja saat tau kamu satu jurusan dengan mbak”
“Nggak apa-apa mbak aku memang harus tau kan? Sejak kapan mbak jadian sama dia?”
“Sejak bulan Mei dek”
“hah? Sama mbak, aku juga bulan mei”
“Kamu serius dek?”
“Iya mbak, aku serius bulan mei juga aku jadiannya. Ya ampun”
“Kemarin pas dia sakit, kamu jenguk dia?”
“Bukan sekedar jenguk mbak, Aku yang nganterin dia mbak, ke Rumah sakit”
“Apa dek? Berarti hari pertamanya di Rumah Sakit kamu sama dia? Pantas saja di hari pertamanya dia di Rumah Sakit mbak nggak diijinin kesana, mbak jenguk dia dihari keduanya”
“Dia malah bilang ke aku kalau hari kedua ada keluarganya yang bakal datang jenguk, dan keluarganya itu fanatic banget sampai aku nggak boleh ketemu keluarganya”
“Dia juga bilang begitu dek saat hari ke tiganya mbak mau jenguk, tapi nggak jadi karna alasan itu”
“Jadi hari ke tiganya sama siapa mbak?”
“Aku juga nggak tau dek”
“Dari dulu aku juga udah curiga mbak, dia itu aneh. Dia itu sering cuek, pantes ajha. Aku yakin selain aku sama mbak pasti ada cewek lain juga”
“Aku nggak tau dek, dari dulu aku hanya berpikir dia berbeda tapi perbedaannya perlu dipertanyakan. Mbak nggak nyangka dek, padahal baru dua hari yang lalu mbak jalan sama dia”
“Jalan? Kapan mbak? Kemana?”
“Malem selasa kemaren dek, ke Toping daerah Suhat”
“Apa mbak? Dia lho bilang sama aku malem selasa dia ke singosari jenguk temannya yang sakit”
“Yakah dek? Dia malah bilang ke aku, malem seninnya ke singosari, sama juga alasannya jenguk temen”
“Ya Alloh, malem senin itu loh dia nonton sama aku mbak”
“Whaatt?” Otak gue rasanya loncat keluar, dan gue pungut kembali. Halah, gue ngerasa udah dibodohin mateng-mateng.

Hari itu semua kebohongan sang mantan terbongkar, Tuhan benar-benar udah menunjukan semuanya dan gue sama sekali nggak menyesal dengan keputusan yang udah gue ambil. Gue bersyukur karena Tuhan menunjukannya tepat waktu, sebelum gue benar-benar hanyut dalam cinta yang semu. Cinta yang sudah ngambil sebagian hati gue untuk dia sakiti, untuk dia hancurkan meski nggak seutuhnya hancur karna kini gue ngerasa baik-baik saja. Awalnya memang sakit, tapi untuk apa cinta itu dipertahankan? Kalau dua hati sudah nggak bisa lagi nyatu, kalau hati yang sudah dijaga malah lebih memilih menjaga hati lain. Rasanya percuma, dan lebih baik merelakannya pergi sampai benar-benar hilang cinta itu. Bicara memang mudah dibanding dengan melakukan, tapi gue telah mencoba dari yang gue yakini hingga akhirnya gue bisa karna gue telah benar-benar rela.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun