Mohon tunggu...
Aini Nur Latifah
Aini Nur Latifah Mohon Tunggu... -

@aininurlatifah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tentang Jumlah Ayat dalam Al-Quran

16 Juli 2014   00:27 Diperbarui: 19 Agustus 2020   01:42 39953
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Bukan masalah jumlah ayatnya, tapi seberapa seringkah kita membaca dan mempelajarinya memahami semua isi yang terkandung di dalamnya"

Pada sebuah kajian rutin yang saya ikuti setiap hari minggu, seperti biasa satu per satu jamah yang hadir diwajibkan untuk tadarus Al-Quran secara bergantian.

Kebetulan saat itu di ruangan yang berukuran sekitar 4x4 meter itu hanya hadir sekitar 9 orang, mungkin ibu-ibu dan remaja yang lainnya berhalangan hadir karena ada kepentingan yang tidak bisa ditinggalkan sehingga membuat waktu tadarus Al-Quran begitu terasa cepat berlalu.

Setelah semuanya mendapat giliran membaca Al-Quran, kini masuk ke sesi penyampaian materi.

Hening seketika, tiba-tiba pak ustad bertanya pada saya, “Berapa jumlah ayat dalam Al-Quran?” sontak pikiran saya yang semula terlihat kosong seketika fokus dan dengan yakinnya menjawab, “Ada 6666 ayat Pak”.

Mungkin beliau tiba-tiba bertanya seperti itu karena di bulan ramadhan terdapat satu hari istimewa yaitu turunnya Al-Quran yang jatuh tepat pada malam 17 ramadhan.

Pak ustad justru malah kembali bertanya,”Yakin ada 6666 ayat?”

saya pun mengangguk kecil menjawab pertanyaan beliau karena sepengetahuan saya sejak saya sekolah dasar, sekolah madrasah, mengaji hingga saya duduk di bangku kuliah pun dalam teori pelajaran agama memang selalu jelas tertulis bahwa alquran itu terdiri dari 30 juz, 114 surat dan 6666 ayat

bahkan di setiap ceramah keagamaan pun mengatakan demikian.

Pak ustad pun mencoba menanyakan pertanyaan serupa pada jamaah yang lainnya dan jawabannya tetap sama bahwa jumlah ayat Al-Quran itu ada 6666 ayat.

Ada tanya menggantung di benak saya memangnya ayat dalam alquran ada berapa bukannya ada 6666 ayat?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun