Mohon tunggu...
Anik Yulianita
Anik Yulianita Mohon Tunggu... Penulis - Pribadi

Siangku untuk mewujudkan dunia dan ketika malam tiba Allah memberikan pakaian untukku :)

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Penyebab Mudah Lapar

13 Mei 2014   21:20 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:32 828
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

Akhir-akhir ini saya memperhatikan diri sendiri, sangat sering merasa cepat lapar padahal baru selesai makan dan nyemil. Saya merasa berat badan saya tidak perfect jika dibanding dengan asupan makanan yang saya konsumsi. Apa yang membuat saya mudah sekali lapar?

Saya menelusuri sendiri jawaban atas pertanyaan dari diri saya. Setiap hari saya tidak terbiasa sarapan dan itu sudah berlaku dari sejak kecil. Makanan yang paling pokok bagi saya adalah ketika makan siang. Kalau dulu saya jarang makan malam dan menggantinya dengan cemilan tapi untuk saat ini saya sudah membiasakan makan malam dan cemilan sebagai pendamping. Tapi kenapa saya mudah sekali lapar? Berkali-kali saya menanyakan hal itu.

Jawaban saya sementara, mungkin karena saya banyak aktifitas, mungkin saya makan tidak teratur... Dan setelah didalami lagi ternyata alasannya adalah sebagai berikut :


  1. Saya sering makan makanan yang memakai bumbu kunyit, ternyata dalam suatu situs makan makanan yang mengandung kunyit itu tidak baik karena mengakibatkan sering merasa mudah lapar.
  2. Standar minum perhari adalah minimal 8 gelas perhari, tetapi untuk ukuran saya yang bekerja ditempat yang dingin atau ber-AC harusnya lebih sering minum tapi saya sering melalaikan hal itu meskipun saya sudah mengikuti minimal minum perhari.
  3. Suka makan makanan yang asin. Karena tidak menyukai cabe dan sambal saya lebih suka sesuatu yang berbau asin padahal rasa asin sendiri akan menambah rasa lapar makin tinggi sehingga setiap selesai makan langsung terpicu untuk makan lagi.
  4. Gigi sensitif. Pokok utama di minggu ini, karena gigi sensitif saya tidak maksimal mengunyah makanan setiap kali makan (Asal telan-telan saja) padahal aturan makan yang benar adalah harus mengunyah makanan hingga lembut sebelum ditelan supaya lebih mudah dicerna oleh tubuh.
  5. Suka minuman bersoda, jelas ini salah banget. Tapi saya suka sekali minuman bersoda apalagi ketika datang bulan karena saya merasa jika saya minuman bersoda ketika datang bulan, maka akan semakin cepat saya selesai datang bulan. Kenyataannya dengan minum minuman bersoda saya merasa kulit saya kering karena kurang asupan mineral dan sering lapar.
  6. Suka bergadang. Saya termasuk orang yang insomnia karena tidur malam rata-rata di atas jam 12 malam, padahal hal itu memicu diri kita untuk terus beraktifitas termasuk makan. Kalau persediaan makanan banyak tidak masalah... Tapi kalau lagi bokek, ini yang harus diperhitungkan.
  7. Kurang mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. Karena tidak pernah masak, saya lebih sering membeli makanan siap saji yang cenderung saya lebih memilih makanan yang berkuah tapi tidak bersayur dan berprotein tinggi.


Bagaimana untuk mengantisipasinya :

Sebenarnya hal diatas bagus karena saya memang ingin menambah berat badan saya. Sayangnya,  meskipun saya makan berulang kali dan pernah sekali waktu program menaikkan berat badan tapi badan saya tetap saja sama, beberapa teman mengatakan saya terlalu kurus dan harus menambah berat badan tapi ada juga yang mengatakan tinggi dan berat badan saya sudah cukup. Saya sendiri pada dasarnya ingin sekali menaikkan berat badan antara 3-5 kg, mudah-mudahan bisa dengan cara minum jamu beras kencur atau makan brotowali supaya memicu makan 2 kali lipat dari hari-hari biasa.

Boleh banyak makan asal badan sehat, boleh mudah lapar asal tidak memiliki penyakit hehehe... Alibi membela diri...

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun