Mohon tunggu...
Wulan Safitri
Wulan Safitri Mohon Tunggu... Mahasiswa - Pelajar

Halo! Saya Wulan Safitri mahasiswa Akuntansi Universitas Pancasakti Tegal

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengembangan Sistem Informasi pada Pemesanan Makanan di Kantin Indonesia

28 Juni 2024   19:48 Diperbarui: 29 Juni 2024   00:48 228
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Oleh: Wulan Safitri

Kehadiran teknologi akan terus berkembang sesuai dengan berkembangnya zaman, salah satunya berkembangnya aplikasi yang dibuat dalam bidang pemesanan makanan yang bisa ditemukan dilingkup yang besar seperti restoran makanan, akan tetapi sangat jarang ditemui untuk lingkup yang lebih kecil seperti kantin sekolah ataupun kampus. 

Pemesanan makanan di kantin telah menjadi salah satu fokus utama dalam pengembangan teknologi untuk meningkatkan efisiensi dan pengalaman pengguna. Dengan adanya perkembangan teknologi digital yang pesat, proses pemesanan makanan di kantin dapat mengalami perubahan dalam beberapa tahun terakhir ini di Indonesia.

Kantin tempat dimana para pelajar dapat memperoleh menu yang sehat, baik menu siap saji serta menu yang diolah secara langsung tersedia di sana. Kantin hampir selalu terdapat di setiap kampus di Indonesia. 

Kantin juga merupakan sarana penting yang harus ada di kampus dan sekolah dikarenakan kantin merupakan tempat pelajar bisa membeli makanan maupun minuman dengan mendapat harga yang murah serta mengenyangkan, dan juga karena pelajar banyak memanfaatkan kantin sebagai tempat bersosialisasi.

Tetapi pada kantin sekolah dan kampus saat ini masih banyak mengalami masalah yang timbul dalam proses pemesanan makanan baik itu seperti proses antrean yang panjang, terjadinya kesalahan pemesanan yang dilakukan pemilik kantin. 

Akan sangat bermanfaat jika dapat memanfaatkan teknologi untuk memudahkan dalam proses transaksi jual-beli di kantin sekolah maupun kampus. Karena itu, banyak para pengembang teknologi dan informasi yang berupaya merancang sebuah aplikasi maupun website kantin elektronik agar mampu membantu proses jual-beli tersebut. 

Dengan tujuan rancangan aplikasi tersebut dapat bermanfaat bagi para pemilik kantin untuk dapat mempermudah proses transaksi dan dapat mengembangkan kantin lebih baik sehingga penyajian kualitas juga dapat meningkat baik dari mutu dan kesehatan. Serta dengan dirancangnya aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu pembeli terutama para mahasiswa dalam memesan makanan yang diinginkan tanpa harus mengantre lebih lama.

Untuk mengatasi masalah ini,di Indonesia telah diterapkan beberapa sistem teknologi perencanaan sistem pemesanan makanan di kantin sekolah maupun kampus berbasis online yang dapat membantu pengelola untuk mengelola pesanan makanan secara lebih efisien dan efektif, sistem pemesanan makanan yang telah dikembangakan, antara lain :

1.   Aplikasi pemesanan berbasis Mobile

Aplikasi pemesanan makanan berbasis mobile adalah pengembangan pemesanan makanan yang paling sering di kembangkan. Contoh aplikasi tersebut adalah aplikasi Aplikasi E-Canteen Berbasis Android di kantin Politeknik Negeri Jakarta, Aplikasi Pemesanan Makanan di Kantin Mercu Buana berbasis android mobile,Pengembangan Aplikasi E-Kantin Berbasis Mobile di kantin STMIK Mikroskil. Pengguna dapat memesan makanan dari kantin secara praktis melalui smartphone mereka. Fitur seperti daftar menu interaktif, notifikasi saat pesanan sudah siap, dan pembayaran elektronik semakin meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi pengguna.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun