Pada masa Pandemi COVID-19 ini guru dituntut kreatif dan inovatif. Hal ini membuat guru mau tak mau dalam mengajar dikelas wajib menggunakan metode atau model yang lebih kreatif lagi dalam pembelajaran daring dengan tujuan untuk membagikan ilmunya kepada siswa dimana guru harus menyampaikan materi dengan menggunakan berbagai media daring dimana media daring yang dimaksudkan contohnya media video ataukah virtual yang berkarakter.Â
Cara ini tidak mewajibkan siswa untuk hadir dalam pembelajaran daring melainkan siswa harus pandai dalam mengakses pembelajaran melalui media internet.
Hal ini membuat guru mau tak mau dalam mengajar dikelas wajib menggunakan metode atau model yang lebih kreatif lagi dalam pembelajaran daring dengan tujuan untuk membagikan ilmunya kepada siswa dimana guru harus menyampaikan materi dengan menggunakan berbagai media daring dimana media daring yang dimaksudkan contohnya media video ataukah virtual yang berkarakter.Â
Cara ini tidak mewajibkan siswa untuk hadir dalam pembelajaran daring melainkan siswa harus pandai dalam mengakses pembelajaran melalui media internet.
Dimasa pandemi seperti ini banyak dampak yang dirasakan, khususnya oleh guru, siswa, dan orang tua. Dampak positif adanya pandemi Covid-19, mengajak guru, siswa, dan orang tua mengenal teknologi.Â
Teknologi informasi sendiri adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Selain itu juga, bisa mengurangi angka penularan coronavirus.Â
Teknologi diharapkan dapat menjadi jawaban atas permasalahan akses, kualitas, dan keadilan sosial di bidang pendidikan.Â
Meskipun siswa tidak dapat belajar tatap muka, namun tetap mendapatkan ilmu pengetahuan dari rumah dengan penggunaan teknologi ini dan juga membantu siswa agar dapat menggunakan teknologi dengan baik agar dapat bersaing di zaman globalisasi ini.
Namun, ada juga dampak negatif dari penggunaan teknologi ini kepada siswa. Siswa mulai tidak bisa bergaul dengan baik akibat biasa sibuk sendiri dengan gadgetnya, siswa kecanduan gadget, banyak anak-anak yang terjangkit penyakit mata akibat terlalu sering menggunakan teknologi.
Teknologi memang memiliki keuntungan yang banyak bagi siswa. Namun, perlu pengawasan dan peringatan yang baik dari segala pihak, agar siswa tidak menggunakan teknologi untuk kepentingan selain belajar.
Dilansir pada PropertiNews.id ada 4 cara penggunaan teknologi yang baik, yaitu