Mohon tunggu...
Wulani Azka Shafiqo
Wulani Azka Shafiqo Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiwa

menulis, bermain basket

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Penerapannya di Sekolah

31 Oktober 2024   18:08 Diperbarui: 31 Oktober 2024   18:13 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teori belajar sosial yang dikembangkan oleh Albert Bandura merupakan salah satu teori pembelajaran yang paling berpengaruh dalam psikologi pendidikan. Teori ini menekankan bahwa pembelajaran tidak hanya terjadi melalui pengalaman langsung, tetapi juga melalui pengamatan dan peniruan perilaku orang lain. Dalam konteks pendidikan, pemahaman mengenai teori ini sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang efektif.

  • Teori ini mencakup beberapa konsep kunci:

1. Modeling: Proses di mana individu belajar dengan mengamati perilaku orang lain dan konsekuensi dari perilaku tersebut.

2. Penguatan: Perilaku yang diamati bisa diperkuat atau dilemahkan berdasarkan konsekuensi yang dihadapi model, seperti hadiah atau hukuman.

3. Kognisi: Bandura juga menekankan peran kognisi dalam pembelajaran, di mana individu aktif memproses informasi dan membuat keputusan berdasarkan pengalaman mereka.

4. Self-efficacy (Percaya Diri): Keyakinan seseorang terhadap kemampuan diri untuk melakukan tugas tertentu, yang mempengaruhi motivasi dan usaha dalam belajar.

  • Contoh Penerapan Teori Belajar Sosial di Sekolah

1. Peran Guru sebagai Model

Guru dapat menjadi model perilaku yang positif dengan menunjukkan nilai-nilai dan sikap yang diharapkan. Misalnya, jika guru menampilkan sikap positif terhadap kesalahan sebagai bagian dari proses belajar, siswa akan lebih nyaman mengambil risiko dan belajar dari kesalahan mereka.

2. Memberikan Penghargaan

Penerapan sistem penghargaan untuk perilaku yang diinginkan dapat mendorong siswa untuk berperilaku sesuai harapan. Misalnya, memberikan pujian atau penghargaan bagi siswa yang berkolaborasi dengan baik dalam kelompok dapat memperkuat perilaku mereka.

3. Pembelajaran Kooperatif

Menerapkan metode pembelajaran kooperatif di mana siswa bekerja dalam kelompok untuk menyelesaikan tugas. Dalam setting ini, siswa dapat saling mengamati dan belajar dari cara teman mereka menyelesaikan masalah. Ini tidak hanya meningkatkan pemahaman, tetapi juga membangun keterampilan sosial.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun