Tana Nurhasanah, seorang wanita cantik yang mempunyai kesibukan sehari-hari sebagai mutu pelayanan kepesertaan di salah satu cabang Perusahaan Badan Hukum Publik yang berlokasi di Kota Cilegon. Beliau mulai bergabung di Perusahaan tersebut sejak tahun 2016 yang sebelumnya sempat bekerja sebagai perawat di salah satu rumah sakit yang ada di Kota Bandar Lampung. Alasan beliau tertarik bekerja di tempat yang sekarang karena pekerjaannya sesuai dengan jalur Pendidikan yang ditempuh pada saat masa kuliah.
Wanita cantik yang berasal dari lampung tersebut sangat menginspirasi banyak kalangan wanita karena ketangguhannya dalam bekerja dan keberaniannya dalam mengambil sebuah keputusan. Bekerja sebagai mutu pelayanan kepesertaan bukanlah hal yang mudah karena selalu menghadapi berbagai macam karakter manusia. Akan tetapi, kesungguhannya dalam bekerja dan kesenangannya dalam membantu sesama membuat segala rintangan dan hambatan yang ada menjadi tidak terasa.Â
"Ketika saya bekerja dan saya dapat membantu orang lain yang tidak punya biaya untuk berobat terutama dalam Jamianan Kesehatan dimana banyak sekali orang yang datang membutuhkan pertolongan dikarenakan masalah ekonomi dan memerlukan pengobatan segera karena menyangkut dengan Kesehatan dan pada saat saya bisa menolong mereka itu menjadi kesenangan tersendiri untuk saya" ujar Tana. Selain itu, beliau juga menambahkan bahwa tepat ia bekerja bukan hanya memperhatikan pesertanya tetapi juga memperhatikan para pegawainya seperti halnya dalam pemberian tunjangan dan insentif yang sangat memuaskan, pengembangan karir yang sangat jelas untuk para pegawai dan masih banyak lagi.
Gaya kepemimpinan di Perusahaan tempat beliau bekerja juga sangat demokratis, dimana setiap pegawai di beri kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya mengenai kemajuan dan keberlangsungan kinerja Perusahaan. Perusahaan tempat beliau bekerja juga memiliki jargon yang unik dan juga sangat bermakna yaitu "Dengan Gotong Royong Semua Tertolong". Perusahaan tersebut memberikan pelayanan administrasi yang menyangkut data peserta, pelayanan prioritas yang diperuntukkan bagi peserta yang sedang hamil, lanisa dan disabilitas, serta pelayanan pemberian informasi dan pengaduan yang dikhususkan untuk peserta yang membutuhkan informasi mengenai BPJS Kesehatan dan pengaduan mengenai pelayanan Kesehatan.
Strategi beliau dalam meningkatkan kualitas diri serta komptensi yang dimiliki agar menjadi pegawai yang teladan yaitu dengan cara meningkatakan kualitas Pendidikan, mengikuti kegiatan pengembangan dan pelatihan dan bekerja sesuai dengan KPI (Key Performance Indicator) yang telah ditentukan. Beliau juga menambahkan bahwa ditempat ia bekerja selalu berinovasi serta meningkatkan kualitas sistem digitalisasi dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan untuk tujuan keberlangsungan Program JKN -- KIS (Kartu Indonesia Sehat) yg diselenggrakan oleh BPJS Kesehatan kini semakin  mudah, cepat dan setara. Sehingga peserta JKN-KIS dapat mengakses layanan Kesehatan cukup dengan menggunakan KTP/KK/Kartu Digital di aplikasi Mobile JKN.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H