Mohon tunggu...
Waris Sukiswati
Waris Sukiswati Mohon Tunggu... Freelancer - Pensiunan Wartawan dan Sales dari KOMPAS

Writing is my soul and without writing ...my life seems so empty ..:) writing in blog, journal or any form of writing

Selanjutnya

Tutup

Foodie Artikel Utama

Tacik Yam Tian dan Chilli Crab

23 Maret 2015   13:55 Diperbarui: 17 Juni 2015   09:13 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

MAU makan apa di Singapore? Apa saja ada. Ini bukan guyonan. Benar... mau makan apa saja semua ada di Singapore.  Makanan Thailand ...ada di sebagian besar food court di Orchard, Makanan Eropa? Jangan khawatir. Ada juga di sana? Makanan Indonesia bagaiamana?? Hehehehhe ...apalagi makanan Indonesia terutama makanan padang ....buaanyaaaakkk dan ada juga di hampir sebagian besar food court di Singapore. Bahkan di Chinatown juga dijual makanan padang. Jadi ...kalau ke Singapore jangan bingung kalau cari makan. Apapun ada. Yang halal dan haram juga banyaakkk. Tacik Yam Tian & Roland buyutnya Well ...saya nggak mau cerita jenis makanan yangbejibuunnnn banyaknya di kota singa ini. Saya mau share soal makanan khas Singapore yang bisa dicicipi oleh kita--orang Indonesia--kalau pas jalan-jalan ke Singapore. Apa itu?? Makanan yang harus atau A MUST TRY FOOD in Singapore adalah Chilli Crab--kepiting yang dimasak oseng dengan campuran tomat, cabai merah keriting, telur kocok. Rasanya manis, pedas dan gurih. Lidah saya sampai harus menari tango setelah makan Chilli Crab. Pertama kali makan Chilli Crab Singapore pada tahun 1998, saya ditraktir oleh klien saya Dawn Khoo di kawasan Clark Quay yang kemudian saya tahu nama restorannya adalah Jumbo Seafod Restaurant, salah satu restoran chilli crab terenak. Saya baru kembali lagi ke Jumbo Seafood Restaurant di kawasan Clark quay yang juga sudah berubah pada tahun 2007. Restaurannya makin ramai dan harus booking lebih dulu. Apalagi kalau malam minggu dan nggak booking, mohon cari tempat makan lain. Selain makan di Jumbo, saya pernah juga nyoba Chilli Crab di Bencoolen dan Chinatown. Rasanya biasa saja tapi makan chillicrab memang sesuatu sekali buat saya. Saya sudah makan hidangan khas dan asli Singapore. CHILLICRAB!! Buatan Tacik Cher Yam Tian Chilli Crab versi asli Saya sempat kaget setengah mati ketika tahun 2009-an saya mendengar berita kalau Chillicrab ini adalah makanan khas Malaysia dan Singapore sudah membajaknya dari tanah melayu itu. Apa benar begitu. PEmerintah Singapore mengklarifikasinya dan jadilah saya tahu sedikiiitttt ....sedikiiiitt saja tentang si Chilli Crab ini. Sebelum bicara asal muasal chilli crab ...yuuukk kita balik ke tahun 70-an ketika changi belum seperti sekarang. Waktu itu sekitar sana masih menjadi kawasan pantai sebagai objek wisata lokal dekat kawasan Bedok di Upper East Coast Road. Kalau naik MRT, kan ada kawasan Bedok dan Upper East Coast Road...di kawasan ini sebelum th 70-an benar2 di pinggir pantai. Naahh pada tahun 50-an ada perkampungan Attap Houses di mana tacik Cher Yam Tian tinggal bersama Uncle Lim, suaminya yang pensiunan polisi. Satu hari Uncle Lim pergi ke pantai menangkap kepiting besar dan meminta Tacik Yam Tian memasaknya dengan bumbu istimewa. Setelah bersih, kepiting ditumis dengan saus tomat. Sang suami bilang enak tapi minta ditambah cabai. Naahhh ...itulah awal dari hidangan Chilli Crab yang enaaakkk. Chilli Crab Attap Houses dengan cepat populer dan mulailah pada tahun 50 tacik Yam Tian jual chilli crab di gerobak dorong di pinggir jalan. Dari berjualan di gerobak, lalu pindah ke warung dan kemudian menjadi restoran Palm Beach yang sangat populer tahun 1963. REstoran ini populer dengan dekorasi lampu badainya yang khas. Versi asli chilli Crab tacik Yam Tian tidak memakai telur kocok dan tambahan sambal. Pemilik restoran Dragon Phoenixlah yang kemudian mempopulerkan Chilli Crab dengan tambahan telur kocok dan sambal. Versi Dragon Phoenix ini lah yang sekarang populer di Singapore. Sementara kalau kita mau menikmati versi asli sekaligus versi baru, cobalah datang ke Roland Restauran, yang pemiliknya merupakan keturunan garis ke sekian dari Tack Yam Tian dan Uncle Lim. Chilli Crab dari sinilah yang ingin saya coba dan semoga kalau punya kesempatan lagi makan Chilli Crab saya bisa bertandang ke Roland REstaurant di kawasan Marine PArade Central Multostoreys Carpark. Jadi jangan lupa mampir untuk paling tidak mencicip Chilli Crab kalau ke Singapore. Belum ke Singapore kalau belum ke Orchard dan makan Chilli Crab!! Benar begitu?? PAsti dan sila coba Chilli Crab Beencoolen, Victoria Bugis, Jumbo Seafood Restaurant di Clarck Quay dan tentunya Roland. Tunggu saya dan kita bertemu di sana:) ;).(***)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun