Mohon tunggu...
Ninik Hardianti
Ninik Hardianti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Mahasiswi yang hobi membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kuliah Itu Tidak Penting

15 Oktober 2023   15:57 Diperbarui: 15 Oktober 2023   16:10 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

KULIAH ITU TIDAK PENTING

Memasuki semester tiga ini, banyak sekali teman-teman saya yang mulai mengeluh mengenai banyak hal tentang perkuliahan, misalnya banyak dari mereka yang merasa salah jurusan sehingga tidak ada lagi gairah atau semangat dalam menjalani perkuliahan. Saya juga tidak dapat berbohong pada diri sendiri tentang banyak sekali hal yang membuat saya mempertanyakan segala hal yang tengah saya jalani ini. Menjadi mahasiswi Sastra Inggris yang tidak begitu mahir berbahasa Inggris menimbulkan overthinking tak berkesudahan. 

Misalnya saya melihat banyak sekali mahasiswa dari jurusan lain yang lebih jago berbahasa Inggris, ditambah keahlian lainnya yang sedang mereka pelajari, hal itu membuat saya takut kalah saing di masa depan. Parahnya adalah saya belum begitu paham akan ke mana saya setelah kuliah. Setiap hari harus bangun pagi untuk bersiap memasuki kelas dan menghabiskan waktu seharian mendengarkan dosen tanpa mengingat ilmu yang mereka berikan lalu pulang ke kost begitu saja.

Jalan hidup monoton yang tengah saya jalani ini memupuk rasa bersalah pada kedua orang tua saya juga kakak perempuan saya, mereka telah menguras tenaga untuk menghasilkan uang hanya agar saya bisa memasuki perguruan tinggi. Memang di keluarga kecil ini, bahkan di kampung tempat saya tinggal, hanya saya yang hijrah ke luar kota untuk berkuliah, hal ini tentu membuat orang tua saya bangga dan percaya bahwa anaknya ini kelak akan sukses, padahal saya yang menjalaninya di sini merasa risau dan takut menghancurkan impian mereka.

Hal ini membuat saya mempertanyakan apakah kuliah itu penting bagi seorang manusia? Atau bahkan apakah sekolah itu penting kalau ada banyak orang yang membuktikan bagaimana mereka bisa sukses tanpa menjalani step pendidikan sebagaimana negara mengharuskan setiap warganya untuk menjalani step pendidikan itu. Sebaliknya, banyak sekali lulusan sarjana yang kurang beruntung dalam mendapatkan pekerjaan dan banyak yang tidak mengetahui apa yang akan dilakukan ketika lulus. 

Seperti apa yang dikatakan oleh Menteri Pendidikan kita Bapak Nadiem Makarim, bahwa saat ini kita memasuki era di mana gelar tidak menjamin kompetensi, lulusan tidak menjamin kesiapan berkarya dan bekerja, bahkan kelas tidak menjamin seseorang untuk belajar. Namun saya tidak akan menyalahkan siapapun dalam hal ini setelah mendengarkan motivasi dan membaca banyak referensi positif sehingga saya mampu menjalani aktivitas saya sebagai mahasiswa yang bahagia. Saya berharap tulisan ini bisa menjadi teman baik bagi siapapun yang merasa kehilangan arah, menyesal, bahkan putus asa. Ada beberapa hal yang ingin saya sampaikan yang semoga membantu para mahasiswa yang hampir kehilangan semangat belajar.

Sistem pendidikan itu berubah dari waktu ke waktu, dalam kacamata Islam, sistem perkuliahan itu sendiri diperkenalkan oleh golongan Islam syi’ah sekitar beberapa abad yang lalu di masa Fatimah Al-Fihri. Namun sistem barat jauh lebih mengungguli dan memperkenalkannya ke seluruh dunia, hingga saat ini strata perguruan tinggi adalah jalan untuk mendapatkan skill atau ijazah yang akan melabeli seseorang itu untuk bekerja dan berkarya di lapangan. Jika niat seseorang berkuliah hanya sekedar untuk menuntut ilmu, mungkin kurang logis mengingat bagaimana mudahnya informasi yang dapat diakses pada zaman sekarang, apapun yang ingin kita ketahui sudah ada semuanya di internet.

Namun, ada banyak profesi yang untuk meraihnya harus dilakukan dengan berkuliah, misalnya untuk menjadi seorang dokter, tentu wajib memiliki latar belakang pendidikan yang jelas sebagai lulusan kedokteran, tidak begitu saja belajar otodidak dan menjadi dokter. Maka menurut saya kuliah itu sangat penting, bukan hanya untuk mendapatkan ilmunya tapi bagaimana kita mengikuti sistem perkuliahan itu sendiri, bagaimana kita dipaksa untuk belajar berijtihad, tepat waktu, disiplin, menghargai dosen dan sabar dalam meghadapi berbagai watak mereka.

Banyak yang berkata bahwa bisa saja seseorang yang tidak sekolah maupun kuliah lebih unggul, itu benar adanya, namun tidak semua orang bisa memecut dirinya sendiri untuk selalu konsisten dalam belajar dan tidak semua orang tua mampu mengajar anaknya sendiri, maka diperlukan sistem untuk mengikatnya. Misalnya, saya sendiri termasuk orang yang kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an karena banyaknya godaan malas dan sebagainya, namun setelah memasuki pesantren dalam kampus yang mengharuskan menghafal satu surat pendek setiap minggu, lama-lama surat-surat pendek itu sudah dikuasai hanya dalam kurun waktu satu tahun. 

Pesantren punya metode tersendiri untuk mencapai suatu target begitupun dengan kuliah. Harus diingat bahwa kuliah itu hanya wasilah untuk mencapai suatu titik, tapi ada banyak ruang-ruang lainnya juga harus terpenuhi, seperti bermasyarakat, berkeluarga dan lain-lain. Jika tidak butuh kuliah untuk mencapai titik tertentu, maka lebih baik tidak kuliah daripada menghabiskan waktu dengan sia-sia.

Kembali lagi pada pembahasan tentang pentingnya kuliah, ada banyak pro dan kontra yang akan terus menjadi bagian dari pembahasan masyarakat. Ada orang-orang yang selalu memandang positif suatu perkuliahan, tak sedikit pula yang memandang negatif suatu perkuliahan yaitu menganggap bahwa kuliah membatasi orang untuk berpikir dan berperan, menyibukkan orang dengan sesuatu yang tidak penting, pembodohan, pencetakan pekerja-pekerja murah dan sebagainya. Ada pula yang mengatakan bahwa kuliah menghilangkan adab. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun