Mohon tunggu...
WQA APAC
WQA APAC Mohon Tunggu... -

Worldwide Quality Assurance (WQA) APAC is an international certification body providing certification for various management systems in diverse sectors. We are a UKAS accredited Certification Body that providing various management system certification to companies around the world. The Head Office based in United Kingdom (UK). Worldwide Quality Assurance Asia Pacific (WQA-APAC) is the biggest Regional Office that covered Asia Pacific Region. The Regional Office based in Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Healthy

ISO 45001

6 September 2016   11:45 Diperbarui: 6 September 2016   22:10 41
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

ISO 45001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk kesehatan dan keselamatan kerja ( OH&S ) sistem manajemen, dengan panduan untuk penggunaannya, untuk memungkinkan suatu organisasi untuk secara proaktif meningkatkan nya OH&S kinerja dalam mencegah cedera dan gangguan kesehatan.

ISO 45001 ini dimaksudkan untuk dapat diterapkan untuk setiap organisasi terlepas dari ukuran, jenis dan sifat. Semua persyaratan dimaksudkan untuk diintegrasikan ke dalam proses manajemen organisasi sendiri.

ISO 45001 memungkinkan suatu organisasi, melalui sistem manajemen OH&S -nya, untuk mengintegrasikan aspek-aspek lain dari kesehatan dan keselamatan, seperti pekerja kesehatan / kesejahteraan; Namun, perlu dicatat bahwa suatu organisasi dapat diminta oleh persyaratan hukum yang berlaku untuk juga mengatasi masalah tersebut.

Apa yang tidak ada dalam ISO 45001

ISO 45001 tidak menyatakan kriteria khusus untuk OH&S kinerja, juga bukan preskriptif tentang desain sistem manajemen OH&S. OH&S sistem manajemen organisasi harus spesifik untuk memenuhi kebutuhan sendiri dalam mencegah cedera dan gangguan kesehatan ; akibatnya usaha kecil dengan risiko rendah hanya mungkin perlu untuk menerapkan sistem yang relatif sederhana, sedangkan organisasi besar dengan tingkat tinggi risiko mungkin perlu sesuatu yang jauh lebih canggih. Setiap jenis sistem mungkin mampu menjadi sesuai dengan persyaratan standar, asalkan dapat terbukti sesuai dengan organisasi dan efektif.

ISO 45001 tidak secara khusus menangani masalah-masalah seperti keamanan produk, kerusakan properti atau dampak ronmental environmental, dan organisasi tidak diperlukan untuk memperhitungkan masalah ini kecuali mereka menghadirkan risiko bagi pekerja.

ISO 45001 tidak dimaksudkan untuk menjadi dokumen yang mengikat secara hukum, hal itu adalah alat manajemen untuk digunakan sukarela oleh organisasi dari UKM ke atas yang bertujuan untuk menghilangkan atau meminimalkan risiko bahaya.

CATATAN : Ada sejumlah konvensi ILO dan standar ( ILS ) mengenai OH&S yang telah diadopsi oleh negara-negara di seluruh dunia, untuk berbagai derajat. ISO 45001 secara luas sejalan dengan ketentuan ILS.

Apa keuntungan dari menggunakan ISO 45001?

  • Sebuah OH&S sistem manajemen ISO 45001 berdasarkan akan memungkinkan organisasi untuk meningkatkan nya OH&S kinerja dengan ;
  • Mengembangkan dan menerapkan kebijakan OH&S dan tujuan OH&S ;
  • Membangun proses yang sistematis yang menganggap ” konteks ” dan yang memperhitungkan risiko dan peluang, serta persyaratan hukum dan lainnya ;
  • Menentukan bahaya dan risiko OH&S berhubungan dengan kegiatannya, berusaha untuk melenyapkan nate mereka, atau menempatkan di kontrol untuk meminimalkan efek potensial mereka ;
  • Membangun pengendalian operasional untuk mengelola nya OH&S risiko dan persyaratan hukum dan lainnya meningkatkan kesadaran nya risiko OH&S ;
  • Mengevaluasi nya OH&S kinerja dan berusaha untuk memperbaikinya, melalui mengambil tindakan yang tepat pekerja memastikan mengambil peran aktif dalam hal OH&S ;
  • Dalam kombinasi langkah-langkah ini akan memastikan bahwa reputasi organisasi sebagai tempat yang aman untuk bekerja akan dipromosikan, dan dapat memiliki manfaat yang lebih langsung, seperti ;
  • Meningkatkan kemampuannya untuk menanggapi isu-isu kepatuhan terhadap peraturan ;
  • Mengurangi biaya keseluruhan insiden ;
  • Mengurangi downtime dan biaya gangguan operasi ;
  • Mengurangi biaya premi asuransi ;
  • Mengurangi absensi dan tingkat pergantian karyawan ;
  • Pengakuan karena telah mencapai patokan internasional ( yang pada gilirannya mempengaruhi pelanggan yang peduli tentang tanggung jawab sosial mereka ).

Siapa Pengguna yang dimaksudkan dalam standard ini ?

Jawaban yang sederhana adalah semua organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun