Pesatnya perubahan akibat Teknologi Digital saat ini mengundang tanya tanya besar bagi pelaku industri mulai dari Transportasi, Jasa, Retail, Keuangan dan Pemerintah. Di Indonesia, perubahan pola hidup dan bisnis akibat teknologi digital (Digital Disruption) mulai terlihat jelas. Bidang yang langsung merasakan pengaruh tersebut mulai melakukan perubahan model bisnsi kearah fully digital dan otomatisasi.
Menurut majalah Forbes, beberapa teknologi yang akan menyebabkan disrupsi digital adalah Intelligent Agents,Augmented and Virtual Reality, Internet of Thing,Cognitive Technology danHybrid Wireless Technologies.. Disrupsi Digital ini akan membawa perubahan besar pada setiap aspek kehidupan Istilah Globalisasi 2.0 sangat erat kaitannya akan kuatnya pengaruh teknologi digital pada proses ekonomi, politik, sosial dan bidang kehidupan lainnya.
Mengapa Indonesia harus memulai era 2.0 ?
Saat ini jumlah pengguna internet aktif di Indonesia sudah mencapai lebih dari 40% dari total penduduk Indonesia yakni sekitar 132 Juta user (data dari https://www.statista.com, 29 November 2017). Menjadikan Indonesia masuk di 5 besar pengguna internet terbesar di dunia. Diprediksi user di Indonesia akan semakin tumbuh pada tahun 2020. Besarnya jumlah pengguna aktif yini dianggap seksi dan sangat potensial.
Jika kita melihat realitas di lapangan, beberapa bidang telah mengalami proses disrupsi digital antara lain: bidang transportasi, retail, jasa, dan keuangan. Kuatnya pengaruh teknologi pada bisa tersebut zmenunjukkan bahwa masyarakat Indonesia sudah siap dengan perubahan dan inovasi.
Ditahun berikutnya Teknologi Digital akan semakin memainkan peran penting di Indonesia, Perubahan pola di bidang transportasi, retail dan keuangan saat ini hanyalah awal dari Digital Disruption yang akan mengubah banyak aspek kehidupan manusia di masa depan.
Digital Economy
Menurut riset Garther (https://www.gartner.com) perubahan pola kearah aktifitas online ini sangat dipengaruhi oleh tinggi penggunaan mobile device seperti smartphone dan tablet. Aktifitas online pada tahun 2018 lebih dari 50% akan menggunakan perangkat bergerak.
Di Indonesia kehadiran aplikasi transportasi online Go-Jek, Uber, Grab akan mengubah pola bisnis transportasi massal. Perusahaan Teknologi ini bekerja dengan konsep online agent dimana user dan driver dapat menggunakan layanan setelah terdaftar pada aplikasi tersebut. Teknologi ini dianggap lebih efisien, fair dan mudah.
Selain bidang retail, kehadiran online shop yang berbentuk marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, dll menjadi sebuah tempat yang mudah dan praktis bagi siapapun untuk melakukan transaksi barang. Model marketplace B2C (Business to Customer) ini dianggap memberikan pengalaman belanja yang berbeda, aman, dan mudah. Pertumbuhan transaksi e-commerce Indonesia diprediksi semakin meningkat hingga 2022 mencapai USD16 Miliyar.
Jika kita runut ke belakangan, beberapa tahun yang lalu anda mungkin belum pernah berfikir bisa membeli barang hanya melalui sebuah situs, melakukan order taksi real time, memesan produk/barang, tiket,voucher listrik, pulsa dan meminta layanan tertentu hanya bermodalkan sebuah Gadget (Smartphone). Tapi saat ini, hal tersebut menjadi sebuah bagian dari aktivitas masyarakat di Indonesia. Saat ini, , layanan-layanan tersebut sudah bisa diterapkan di Indonesia walaupun belum merata dan masih adanya resistensi. Tetapi proses merging teknologi dengan kehidupan itu tidak dapat dihindari (unavoidable). Dengan semakin tingginya pengguna internet dan meningkatnya transaksi online, hal ini memberi sinya bagus bagi pertumbuhan digital economy di Indonesia.
Kemudian bagaimana dengan Fintech ?
Hangatnya topik tentang perkembangan Financial Technology (Fintech) telah membuat berbagai pihak seperti Insitusi Perbankan dan Keuangan harus memikirkan ulang model bisnis masa depannya agar bisa sustainable dan tumbuh.
Partnership antara Fintech and Institusi Konvensional
Sebuah artikel yang dipublikasikan oleh Nasdaq (http://www.nasdaq.com) menyebutkan tiga poin penting di dalam Fintech yakni perubahan regulasi, kerja sama antara Fintech and Institusi Konvensional dan inovasi kegiatan bisnis.
Salah satu tantangan pertumbuhan Fintech di Indonesia salah satunya berasal dari aspek regulasi. Fintech yang terus tumbuh dan prospektif ini tentunya harus menjadi sebuah perhatian serius dari kalangan pemerintah. Dengan aturan yang kuat dan komprehensif,akan membantu perkembangan industri fintech di Indonesia. Kabarnya Bank Indonesia akan segera meluncurkan peraturan terkait bisnis Fintech di Indonesia.
Fintech akan menggabungkan banyak layanan perbankan menjadi layanan terpusat yang bisa diakses oleh pengguna tanpa harus melakukan transaksi offline melalui kantor Bank, ATM, Internet Banking. Fintech dapat mengubah pola bisnis Industri Perbankan dan Keuangan menjadi lebih efisien, otomatis dan fully online
Reuters (https://www.reuters.com) menyebutkan Fintech saat ini menjadi "Hot Trend", diprediksikan Bisnis Fintech akan semakin besar dan menarik di tahun 2018. Menurut analisa penulis, salah satu kunci sukses penerapan Fintech dari aspek penerapan aplikasi adalah unified application, dimana sebuah layanan Fintech terkoneksi dengan banyak lembaga perbankan dan bisa digunakan untuk melakukan semua transaksi yang bersifat e-cash. Suksesnya penerapan Fintech didalam berbagai aktifitas bisnis dan layanan baik offline maupun online ini akan menjadi daya dorong dalam perkembangan Digital Economy Indonesia.
Jika kita melihat lebih luas, perkembangan industri digital finance di Dunia seperti Bitcoin dan Ethereum semakin tumbuh dan menyebar ke berbagai negara. Tahun depan diperkirakan pertumbuhan bisnis Bitcoin kearah positif (Forbes, Nov 2017)
Ekosistem Digital Indonesia
Semakin luasnya infrastruktur jaringan telekomunikasi dan besarnya pengguna internet aktif di Indonesia menjadi sebuah modal yang bagus untuk membangun sebuah ekosistem digital di Indonesia. Layanan e-commerce, e-service, e-transportation, e-cash (Fintech) dan layanan elektronis lainnya menjadi elemen awal pembentuk ekosistem tersebut. Tumbuhnya startup nasional seperti Tokopedia, Go-Jek dan Bukalapak menjadi sinyal positif terbentuknya ekosistem digital di Indonesia
Techasia (https://www.techinasia.com) bahkan memprediksi sekitar 10 startup baru akan menjadi the next big thingdi Indonesia. Pertumbuhan bisnis digital tentu menjadi salah peluang untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi sekaligus menjadi wadah bagi talenta-talenta muda untuk terlibat aktif di dalam aktifitas bisnis tersebut.
Saat ini, pemerintah juga  terus melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan bisnis digital di Indonesia. Mulai dari penyempurnaan regulasi, inkubasi startup hingga mengundang penasihat e-commerce sekelas Jack Ma untuk membangun bisnis digital di Indonesia.
Semua pihak harus mendukung pertumbuhan Startup Dalam Negeri yang bisa menjadi aset berharga dalam dunia Teknologi Informasi di Indonesia. Pertumbuhan startup ini sangat tergantung pada talenta muda dan dukungan finansial yang diperlukan untuk membangun dan mengembangkan fondasi bisnis digital  di Indonesia.
Menyingkat dari uraian diatas, perubahan ke era digital sudah dihadapan kita. Persiapan Infrastruktur teknologi, finansial, sumber daya manusia dan aturan menjadi urgent untuk bisa mengambil momentum Digital DIsruption ini. Disrupsi Digital ini merupakan sebuah proses berlanjut dan cepat atau lambat akan memberikan pengaruh bagi kehidupan kita. Jika memperhatikan kembali realitas saat ini, perubahan pola dari model off-line menjadi fully online mulai terlihat di bidang Retail, Transportasi, Perbankan, Keuangan, Taxation, Pemerintahan, Sosial Hingga Pendidikan. Disrupsi Digital ini menjadi sebuah tantangan sekaligus peluang yang harus kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.
Digital Disruption is unavoidable, it will change various way of our life whether we're ready or not..
Penulis
Putra Wanda
Pengamat Teknologi Informasi (Ph.D Candidate in Computer Science, HRBUST, China)
Kontak penulis :wpwawan@gmail.com
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H