Mohon tunggu...
Mobil Wow
Mobil Wow Mohon Tunggu... -

Komunitas Penggemar Dan Pasar Mobil

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Datsun GO+ Panca Minibus Anti Galau [Test Drive]

9 September 2014   05:14 Diperbarui: 18 Juni 2015   01:15 857
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Test drive - Datsun GO+ Panca T 1.2L MT / Teks & Foto : Ristuyana Kebangkitan brand legendaris Datsun terinspirasi oleh tujuan membuka akses bagi masyarakat untuk memiliki mobil pertama. Sedari usia belia dibawah 17 tahun, setiap orang sudah memiliki impian, kelak mendapatkan pasangan sejati sesuai dambaan hati, berumah tangga sendiri, ada punya motor dan mobil. Kalau melongok 20 tahun kebelakang, kebanyakan orang yang hidup berumah tangga dengan penghasilan cukup, masih sulit untuk mewujudkan keinginan yang paling akhir tersebut. Namun kini, 2014 banyak Agen Pemegang Merek mobil di Tanah Air memberikan kemudahan pembelian maupun produk mobil berharga terjangkau untuk semua kalangan.

Salah satunya Datsun yang merilis mobil keluarga 7 penumpang berlabel GO+ Panca. Yah, GO+ Panca diluncurkan PT Nissan Motor Indonesia ke konsumen yang menginginkan kendaraan roda empat, berharga murah, muat banyak penumpang, suku cadang dan aksesori murah serta didukung layanan purna jual terbaik. GO+ Panca hadir mengakomodir kegalauan seorang kepala rumah tangga dengan kriteria berpenghasilan cukup. Sehingga, diharapkan tidak perlu banyak pertimbangan untuk memiliki sebuah mobil keluarga. Alhasil, anak-istri atau suami dapat bahagia bersama menikmati keteduhan dan kenyamanan berkendara dengan mobil pertamanya. Kebangkitan brand legendaris Datsun terinspirasi oleh tujuan membuka akses bagi masyarakat untuk memiliki mobil pertama. Datsun GO+ Panca dibanderol mulai Rp 85 juta (varian terendah) dan Rp 103 juta (tipe atas). Lebih jauh mengenai rupa dan performa yang disajikan Datsun GO+ Panca simak hasil reviewlengkap MobilWOW. Eksterior
Tim desainer Nissan, membangkitkan kembali produk Datsun secara totalitas. Artinya, image yang dibawa Datsun baru jauh dari kesan klasik. Dengan bahu yang lebar dan melengkung, Datsun GO+ tampak menonjol dikeramaian, dan terlihat kokoh dan menawan. front grille lebar berdesain sarang lebah (honey comb), lampu utama terlihat bekelas. Saat malam cahaya sinarnya mampu memberikan penerangan jalan dengan terang.
Begitu juga desain lampu belakang model terpisah dari pintu bagasinya, tampil modern minimalis. Hadir dengan dimensi pxlxt (3,995x1,635x1,490 mm) Datsun GO+ terasa seperti mobil yang sekelas diatasnya. Garis atap dan juga lebar bergaya Eropa memberikan kesan elegan. Bahkan dengan sumbu roda yang panjang dan jarak ke tanah (ground clearance) tinggi Datsun GO+ dapat dikemudikan dengan mulus dan dapat bermanuver di jalanan yang sempit. Bahkan dengan jarak antar roda lebih panjang daripada kebanyakan mobil di kelasnya , Datsun GO+ masih memiliki radius putar (4,6 m) yang kecil - berguna untuk U turn di jalanan sempit. Untuk jarak radius putarnya saya  berani mengatakan good job! Interior
Kata “Panca” berasal dari nama Datsun GO – dalam Bahasa Jepang GO dapat diartikan sebagai “lima” dan Panca juga memiliki arti “lima” dalam Bahasa Indonesia. Huruf “+” dalam penamaan Datsun GO+ merefleksikan ruang extra di baris ketiga yang dapat dipergunakan untuk penumpang ataupun sebagai bagasi tambahan, sehingga menjadikannya MPV 5+2 penumpang yang dapat mengakomodasi dua penumpang tambahan.
Datsun GO+ memiliki kursi baris pertama yang terhubung, speed-sensing wiper system, Multi Information Display (Takometer Digital / Konsumsi bahan bakar rata-rata / Konsumsi bahan bakar seketika / Jarak menuju kosong) dan follow-me-home headlights, sebuah fitur terbaru yang hanya akan ditemukan pada kendaraan kelas atas. Kursi depan, baik penumpang ataupun pengemudi mampu menopang punggung tubuh dengan optimal lebar dan cukup empuk. Mobile docking station yang terletak di center panel dashboard hanya ditawarkan untuk model A dan T. Fitur aksesori tersebut berfungsi untuk mengkoneksikan gadget atau smartphone atau blackberry dengan media USB maupun aux jack. Sehingga, kumpulan music dalam parangkat handphone Anda dapat didengarkan dalam mobil yang dikeluarkan melalui outpout speaker di pintu depan. Performa Ada sedikit karakter mobil balap di setiap datsun GO+. Dengan mesin 1.2L Datsun GO+ memberikan performa terbaiknya dengan tenaga dan torsi yang mumpuni. Anda akan menyukai tarikannya di saat yang bersamaan. Spesifikasi jantung pacu dibekali mesin bensin berkode (HR12DE), 1.200 cc yang sama digunakan pada Nissan March. Pengembang Datsun untuk saat ini hanya menawarkan GO+ Panca dengan transmisi manual 5 manual percepatan. Mencoba gigi-1, tarikan terasa pendek lebih dari kilometer 40 km/jam raungan mesin terdengar hingga dalam kabin, namun berbeda saat saya pindahkan ke gigi-2 dengan putaran mesin terjaga di jarak antara 2.000 sampai 3.000 rpm akselerasinya cukup panjang. Hal ini berguna saat pengemudi ingin take over alias menyalip kendaraan lain. Untuk mendapatkan top speed, saya hanya bisa melajukannya dengan kecepatan hingga 140 km/jam pada posisi gigi-5 mengingat kondisi jalan saat pengetesan di jalan tol lalulintas lumayan padat. Kendati demikian, melihat dari performanya saya opimis mesin Datsun G0+ mampu tembus melebihi angka 150 km/jam. Di jalan menanjak dengan kondisi mobil diam, kopling dan fungsi rem bekerja baik, namun jika Anda sebelumnya pernah merasakan mengemudikan mobil tipe otomatis, butuh faktor kebiasaan agar dapat menyesuaikan irama antara pedal kopling dan pedal gas sehingga saat melepas kopling dan menginjak pedal gas, mobil tidak mundur terlalu jauh ke belakang. Selama pengetesan, konsumsi bahan bakarnya tergolong irit, sama dengan yang diklaim pihak produsen bahak bakarnya ekonomis, per liter bensin dapat menjangkau jarak sejauh 20 km. Kesimpulan Dengan banderol mulai Rp 85 jutaan hingga Rp 100 jutaan, Datsun GO+ Panca memang “memangsa” calon konsumen pengguna sepeda motor yang ingin memiliki mobil pertamanya. Ketersediaan bengkel, suku cadang dan aksesori tersedia banyak dan harganya pun masih bisa dijangkau kantong. Jadi tidak ada lagi kata “galau” alias bimbang dalam mencari mobil yang pas dengan isi kantong Anda. Apalagi pajak kendaraan bermotor (PKB) mobil tersebut per tahunnya sangat murah yakni hanya sebesar Rp 1.170.000 saja.  Tidak hanya itu, pihak penjual juga menawarkan paket cicilan dengan simulasi total down payment dan cicilan per bulan yang dapat dijangkau konsumen, untuk hal ini dapat dikomunikasi dengan agen datsun yang tersebar di kota Anda.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun